Tips

10 Cara Dongkrak Produktivitas Kerja

Setiap orang perlu bekerja untuk menghidupi diri anda. Tak jarang anda merasa lesu dan malas untuk bekerja karena pekerjaan yang tak kunjung selesai. Melihat timbunan kertas di meja anda pasti sudah membuat anda pusing apalagi untuk menyelesaikannya. Alhasil anda jadi mudah sekali lesu dan tidak produktif dalam bekerja. Demi mendongkrak produktivitas kerja anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini :

Catat Daftar Pekerjaan Anda

Langkah pertama yang bisa anda lakukan untuk mendongkrak produktivitas kerja ialah mencatat daftar pekerjaan anda yang harus diselesaikan. Dengan adanya catatan ini anda bisa mengetahui seberapa banyak pekerjaan yang harus diselesaikan dan bagaimana mengatur waktu kerja untuk setiap pekerjaan tersebut.

Beri Skala Prioritas

Setiap pekerjaan memang penting namun ada beberapa pekerjaan yang tidak bisa ditunda dan ada pula yang bisa anda tunda. Belajarlah untuk memberi skala prioritas atas setiap pekerjaan yang diberikan. Skala prioritas ini akan membuat kerja anda lebih efektif dan efisien.

Tentukan Deadline Pada Setiap Pekerjaan

Untuk mendongkrak produktivitas kerja anda perlu menargetkan waktu untuk setiap pekerjaan. Dengan adanya deadline anda jadi lebih termotivasi untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan.  Di awal-awal mungkin akan terasa berat namun karena biasa anda jadi mudah melakukannya. Selain itu kebiasaan ini juga akan membuat anda lebih percaya diri dengan jadwal kerja yang padat merayap.

Lakukan Filling Yang Baik

Langkah selanjutnya ialah filling dokumen anda dengan rapi. Walau kelihatannya sepele namun dengan manajemen filling dokumen yang rapi dan teratur memudahkan anda menemukan informasi yang dibutuhkan. Tidak hanya dokumen baik fisik maupun digital saja yang perlu diatur namun juga permintaan klien dalam bentuk chat email.

Sediakan Fasilitas Pendukung Pekerjaan

Tidak lupa untuk menyediakan fasilitas pendukung pekerjaan anda di meja  seperti alat tulis. Tidak hanya alat tulis mungkin anda juga membutuhkan media lainnya seperti laptop, kalkulator ataupun printer maupun koneksi wifi yang memadai.

Ikuti Training Yang Disediakan Perusahaan

Untuk menambah skill anda biasakan menjadi sukarelawan untuk training pelatihan karyawan. Walau waktu anda akhirnya harus rela disisihkan untuk kegiatan training namun ilmu yang anda dapatkan akan berguna selamanya. Dengan adanya skill baru yang menunjang kinerja anda membuat pekerjaan akan mudah diselesaikan.

Jangan Takut Akan Teknologi

Perkembangan teknologi saat ini sangat membantu dalam bidang bisnis. Teknologi mampu mempercepat transaksi bisnis bahkan dalam hitungan menit. Tidak perlu takut atau malu mempelajari teknologi dari junior anda. Teknologi ini nantinya akan meringankan pekerjaan dan membuat pekerjaan yang dihadapi terselesaikan dengan cepat ketimbang memakai cara manual.

Sisihkan Waktu Untuk Mood Booster

Seseorang menjadi tidak produktif saat bekerja mungkin bisa dikarenakan moodnya sedang tidak baik. Anda bisa mengubah mood anda dengan mendengarkan lagu yang ceria. Sisihkan waktu sedikit untuk intermezzo ditengah pekerjaan anda yang padat. Selain mendengarkan music anda juga bisa sesekali membaca artikel atau cerita lucu.

Tidak Lupa Untuk Berolahraga

Ketika bekerja anda juga butuh waktu untuk berolahraga. Tak perlu sampai datang ke gym anda bahkan bisa berolahraga dideoan meja kerja bahkan di dalam kantor. Anda bisa melakukan pemanasan seperti peregangan tangan ataupun kepala. Anda juga bisa jogging kecil di lingkungan kantor anda.

Lakukan Evaluasi Kinerja

Untuk mengukur kinerja anda lakukan evaluasi berkala. Evaluasi diri sendiri dengan pencapaian yang sudah dan belum anda raih. Dengan melakukan evaluasi kinerja anda mengetahui kelebihan dan kekurangan dari diri sendiri.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top