Keuangan

10 Cara Sederhana Berhemat Uang Bulanan

Tidak mudah untuk berhemat apalagi jika pendapatan anda tak begitu besar. Sulit bukan berarti mustahil untuk melakukannya. Dengan usaha dan tekat maka anda isa berhemat uang bulanan yang membebani anda setiap bulannya. Ada 10 cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk menghemat uang bulanan anda. Penasaran? Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini :

  1. Manfaatkan Internet

Cara sederhana untuk menghemat biaya komunikasi anda ialah dengan internet. Kini saatya anda membeli pulsa paket internet untuk menggunakan layanan berkirim pesan gratis dan telepon tanpa biaya. Aplikasi seperti skype dan whatsapp bisa anda gunakan untuk video call, berkirim pesan dan telepon secara gratis baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Jangan hanya memanfaatkan internet untuk komunikasi saja sebab anda juga bisa memakai internet untuk berbisnis online.

  1. Catat Pengeluaran Berkala

Selanjutnya catatlah pengeluaran secara berkala dan lakukan evaluasi. Dengan mencatat pengeluaran anda maka bisa dengan mudah ditentukan berapa biaya yang harus anda siapkan selama sebulan kedepannya. Evaluasi apakah belanja anda sudah tepat sasaran dengan kebutuhan yang anda butuhkan bukan yang anda inginkan.

  1. Buka Rekening Alternatif

Dalam hidup anda tak akan tahu apa yang terjadi di masa depan. Oleh karenanya ingat untuk selalu punya tabungan agar kehidupan masa depan anda terjaga. Tak perlu selalu menggelontorkan dana yang besar untuk tabungan asal rutin menabung. Bukalah rekening terpisah untuk tabungan dan rekening untuk kebutuhan sehari-hari anda.

  1. Biasakan Membayar Tunai

Terbiasalah untuk membayar sesuatu dengan tunai dan hindari berhutang. Jika dana bulanan anda tak cukup maka cari pekerjaan sampingan. Usahakan berhutang menjadi solusi keuangan anda paling akhir karena akan semakin besar biaya bulanan anda jika harus berhutang. Simpan uang tunai yang cukup di dompet anda jika bepergian. Tak perlu membawa uang yang banyak di dompet namun cukup agar tidak belanja berlebihan.

  1. Pilih Teman Hang Out Sevisi Dengan Anda

Tidak lupa untuk memilih teman hang out yang sevisi dengan anda. Teman bisa jadi salah satu motivator untuk anda yang ingin berhemat. Budget untuk hang out juga tidak bisa dibilang sedikit apalagi jika anda suka nongkrong di café maupun restoran yang mahal.

  1. Kurangi Budget Liburan

Jika keuangan anda sedang cekak maka kurangilah budget liburan. Liburan tak harus di luar kota bahkan liburan juga bisa dihabiskan di dalam rumah dengan menonton film maupun  mendalami hobi anda seperti melukis maupun menulis. Ada baiknya mengurangi budget liburan jika ada pos biaya bulanan yang jauh lebih darurat untuk dibayar.

  1. Belajarlah Memasak

Belajarlah memasak agar anda bisa menghemat biaya makan siang. Membawa bekal saat bekerja bisa menghemat waktu dan tenaga saat jam makan siang. Selain lebih praktis anda bisa menggunakan waktu makan siang untuk menyelesaikan pekerjaan yang mendekati deadline. Selain skill memasak bertambah anda juga bisa mengirit biaya makan bulanan anda.

  1. Saat Gajian Tiba, Bayar Lebih Dahulu Tagihan

Ketika tanggal gajian tiba maka bayarkan lebih dahulu segala tagihan bulanan anda. selanjutnya gunakan sistem amplop untuk mengalokasikan sisa dana. Setiap amplop tertulis pos biaya yang mungkin terjadi di hari berikutnya. Selalu siapkan amplop untuk dana darurat.

  1. Sisihkan Untuk Bersedekah

Biarpun berhemat namun jangan lupa untuk bersedekah. Anda bisa bersedekah setiap sebulan sekali dengan dana semampu anda. Bersedekah membantu anda menghindari sifat pelit dan kikir.

  1. Berikan Penghargaan Atas Keberhasilan Berhemat

Berikanlah penghargaan untuk diri sendiri setiap berhasil meraih goal yang anda tentukan. Dengan begitu anda bisa menghargai usaha diri sendiri dan menjadi motivasi untuk meraih tujuan lainnya.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top