StartUp dan UKM

3 Perlengkapan Yang Wajib Dimiliki Oleh Bisnis UKM

Saat ini pemerintah Indonesia memang sedang gencar-gencarnya mengembangkan sejumlah bisnis atau usaha kecil menengah. Harapannya adalah supaya untuk kedepannya usaha tersebut dapat memberikan prospek yang lebih baik untuk perekonomian bangsa ini. Kegiatan ini sendiri bisa dilihat dari berbagai kemudahan yang diberikan oleh berbagai lembaga keuangan maupun lembaga pendanaan dalam memberikan kredit usah rakyat atau KUR. Tak heran jika kemudian banyak sekali usaha kecil atau menengah yang bermunculan. Namun tetap saja, hanya sedikit UKM yang bisa bertahan karena selain modal,mereka tidak memiliki perlengkapan lainnya seperti berikut ini.

  1. Bantuan Pemasaran Produk

Modal adalah salah satu hal yang paling pening dan diperlukan dalam mendirikan sebuah bisnis. Tapi tak selamanya modal uang selalu menjadi prioritas utama untuk anda. Jadi dalam mendirikan sebuah bisnis, pastinya anda ingin bisnis tersebut bisa cepat berkembang dan dikenal oleh orang. Supaya hal tersebut terjadi, cara yang bisa dilakukan adalah dengan memasarkan produk menggunakan strategi yang paling ampuh.

Sekarang ini adalah zaman yang penuh dengan kecanggihan teknologi. Untuk itulah anda tidak harus selalu memerlukan uang dalam melakukan kegiatan pemasaran anda. Dengan adanya berbagai pilihan fasilitas media solsial saat ini, maka anda dapat memanfaatkannya secara maksimal untuk kegiatan promosi anda.

Karena dengan metode ini, anda tidak perlu lagi mengeluarkan banyak uang sehinga kebutuhan akan modal yang besar sudah bisa ditekan. Dalam hal ini pastinya peran pemerintah juga diperlukan. Contohnya peran dalam pengadaan seminar dan pelatihan tentang pemasaran baik itu tentang teknik pemasaran secara tradisional, pemasaran online maupun teknik penjualan yang efektif dan efisien.

  1. Bantuan Mengelola Keuangan Bisnis

Saat pemasaran telah berhasil dilakukan dengan sangat baik, maka hal ini adalah sebuah awal yang baik juga untuk usaha anda untuk bisa berkembang dengan lebih cepat.Karena dengan cara inilah usaha anda dapat lebih dikenal oleh banyak orang, sehingga dapat menghasilkan keuntungan yang maksimal. Nah saat pendapatan atau keuntungan telah terkumpul, maka pastinya anda akan memerlukan bantuan dalam mengelola keuangan agar bisa lebih teratur.

Salah satu cara terbaik yang bisa anda lakukan adalah dengan merekrut orang yang ahli dalam bidang ini. Tujuannya agar orang tersebut mampu dalam mengelola keuangan dengan baik dan benar. Selanjutnya manfaat lain dan dapat anda ambil adalah supaya anda bisa memisahkan antara keuangan pribadi dengan keuangan bisnis supaya tidak tercampur menjadi satu. Supaya lebih maksimal, akan lebih baik jika anda mempelajari cara membuat laporan keuangan yang baik. Dengan begitu, anda tidak akan dibingungkan lagi dengan pengaturan keuangan baik itu untuk usaha, pribadi ataupun dana untuk keluarga anda.

  1. Memerlukan Bantuan Hukum/Legal/Izin

Saat anda sudah bisa menerapkan sistem pemasaran dengan baik dan pengelolaan keuangan yang disiplin, maka hasilnya adalah anda akan sangat santai dengan bisnis tersebut. Hal ini karena anda tidak akan dipusingkan lagi dengan beragam masalah manajemen usaha. Akan tetapi, saat semuanya sudah terkontrol dengan baik, maka satu hal lagi yang tentunya juga memerlukan perhatian yang cukup penting adalah permasalahan perizinan usaha.

Dalam masalah yang satu ini, peran dari pemerintah sangat diperlukan lagi demi untuk memberikan sosialisasi maupun pengetahuan tentang hukum ijin usaha, perpajakan dan lain sebagainya yang berhubungan dengan legalitas. Jadi jangan pernah membiarkan usaha anda menjadi hancur hanya karena masalah hukum yang mencakup perizinan, tempat usaha dan produk yang sesuai dengan peraturan hukum negara.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top