Bisnis Online

4 Bisnis Online yang Cocok Dijalankan Para Mamah Muda dengan Waktu Fleksibel

Biasanya, ibu-ibu sangat identik dengan pekerjaan rumah tangga. Misalnya memasak, belanja ke pasar, ngemong anak, mengayomi suami, beres-beres rumah dan masih banyak lagi. Meskipun sudah mempunyai aktivitas yang cukup padat untuk mengurus rumah tangga, namun mereka masih bisa-bisanya mempunyai waktu untuk hal-hal yang kurang produktif. Seperti bergunjing dengan tetangga, nonton sinetron dan aktivitas yang kurang produktif lainnya. Padahal, kegiatan yang kurang produktif tersebut bisa diganti dengan kegiatan yang bermanfaat bagi mamah muda. Nah, sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengubah kebiasaan buruk Anda menjadi ibu rumah tangga yang berpenghasilan tanpa harus mengganggu tugas mulia Anda sebagai ibu rumah tangga. Simak penjelasannya berikut ini.

  1. Membuat Konten Berbayar dengan Menjadi Freelance Writer

Anda mempunyai keahlian menulis dan sudah percaya diri dengan hasil tulisan sendiri? Jika iya, maka bekerja sebagai freelance writer bisa Anda jalankan di sela-sela mengurus rumah tangga. Ada banyak ibu-ibu muda yang terjun di usaha ini. Karena, menjadi freelance writer memang dapat dikerjakan secara fleksibel dari berbagai tempat termasuk di ruang kamar Anda sendiri. Biaya yang ditawarkan untuk setiap artikel juga bervariasi, tergantung dari jumlah kata dan konten yang ditulis. Misalnya konten dengan 500 kata, Anda bisa mendapatkan harga Rp. 20.000. Jika Anda setiap hari membuat 4 konten, maka per bulan sangat mungkin Anda memperoleh income bersih sebesar Rp. 2.080.000 dengan asumsi hari minggu istirahat. Keuntungan menjadi freelance writer lainnya adalah memliki sifat yang tidak mengikat dan tidak menuntut target yang ketat. Namun, yang perlu Anda persiapkan yaitu kemampuan dalam merangkai informasi dari banyaknya sumber untuk ditulis ulang menjadi sebuah artikel yang baik dan utuh. Hal ini dikarenakan, sebagian besar konten yang Anda buat nanti adalah artikel berdasarkan pada keyword atau sesuai dengan permintaan klien.

  1. Berbisnis Cocok Tanam dan Tanaman Hias

Jika Anda mempunyai hobi bercocok tanam, maka berbisnis cocok tanam atau tanaman hias bisa Anda pilih untuk dijalankan dirumah. Apalagi, jika Anda memiliki pekarangan rumah atau kebun yang cukup luas untuk digunakan sebagai tempat pembibitan dan cocok tanam. Dari sini, Anda bisa berbisnis tanpa meninggalkan kewajiban mengurus keluarga. Agar bisnis cocok tanam dan tanaman hias Anda bisa dipasarkan secara online, Anda bisa memakai beragam cara marketing online yang sudah banyak tersedia. Bisnis cocok tanam yang paling mudah dijual adalah dengan menggunakan teknik SEO (Search Engine Optimization). Karena, bisnis cocok tanam dan tanaman hias merupakan produk yang dicari oleh orang atau pengguna internet. Selain itu, data menyebutkan bahwa 9 dari 10 orang pemakai internet akan mencari suatu produk dengan memakai search engine. Dengan begitu, Anda bisa mempelajari strategi SEO agar bisa menggunakannya dengan baik. Anda tidak perlu ragu dan takut menjalankan bisnis tanaman hias, karena sudah banyak bukti bahwa bisnis tanaman hias ini sangat menjanjikan jika dijual secara via online. Salah satu startup e-commerce yang sukses menjalankan bisnis tanamah hias, yakni Kebun Bibit. Dari sini, Anda bisa mempelajari bagaimana cara kerja mereka. Selanjutnya, Anda bisa memodifikasinya sesuai dengan keinginan Anda.

  1. Bisnis Desain Undangan Pernikahan

Sebenarnya, ada banyak produk yang bisa dibuat dari skill desain. Namun, produk yang saat ini banyak dicari di pasar online adalah desain undangan pernikahan. Menurut penelitian dari Google Keyword Planner, bahwa keyword undangan pernikahan dicari rata-rata 33.000 orang setiap bulannya. Hal ini, tentu merupakan permintaan yang sangat besar untuk satu ide bisnis.

  1. Jadi YouTuber yang Merekam Kegiatan Keluarga Anda

Ada banyak orang yang suka memperoleh inspirasi dari cara hidup orang lain. Selain itu, ada juga yang bertujuan hanya untuk sekedar kepo saja. Cukup bermodalkan handphone yang memiliki kamera 13 megapiksel, ditambah dengan daya tampung memori yang besar. Dari sini, Anda bisa mengabadikan kehidupan keluarga Anda yang unik dan harmonis. Anda bisa menampilkan aktifitas rumah tangga seperti tips, trik memasak di dapur, gardening, mengasuh anak, tamasya atau traveling, wisata kuliner dan lain sebagainya. Dengan rajin mengunggah video ke YouTube, maka Anda bisa melakukan monetisasi dari iklan yang YouTube munculkan di video Anda. Nah, dari iklan inilah Anda memperoleh penghasilan.

Nah, demikian 4 bisnis online yang cocok dijalankan oleh mamah muda. Dengan menjalankan bisnis sampingan ini, Anda sebagai ibu rumah tangga bisa berpenghasilan sambil mengurus keluarga Anda. Semoga bermanfaat!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: