Keuangan

4 Cara Mengelola Keuangan Ini Membuat Hidup Anda Lebih Nyaman

cara mengelola keuangan

Berapapun penghasilan atau gaji yang Anda miliki, jika keuangan tidak dikelola dengan baik maka percayalah Anda tidak akan merasa cukup. Memang sifat manusia yang selalu tidak puas, namun mengatur keuangan yang Anda miliki dengan baik adalah pilihan bijak. Anda tidak akan pernah tahu bukan, apa yang akan terjadi kedepannya nanti. Jika Anda tidak mencoba untuk mengatur keuangan dari sekarang, kemungkinan besar di masa depan bukan hanya keuangan Anda yang berantakan. Namun juga kehidupan Anda secara keseluruhan.

cara mengelola keuangan

Nah untuk mulai mengelola keuangan yang Anda miliki, tidak ada salahnya untuk mengikuti 4 cara berikut ini :

Hindari Uang Tunai yang Berlebihan

Segala hal yang berlebihan itu tidak baik, termasuk juga dengan uang tunai. Biasakan untuk membawa uang tunai secukupnya agar Anda terhindar dari keborosan. Dengan keterbatasan uang tunai yang Anda miliki akan membuat Anda mengerem pengeluaran yang tidak perlu. Sebaliknya jika Anda memegang uang tunai yang terlalu banyak, percayalah Anda akan mulai membeli barang-barang yang tidak perlu. Bahkan Anda akan lebih condong mengikuti nafsu untuk berbelanja.

Investasi Tidak Mengenal Usia

Meskipun masih muda dan belum menikah, bukan berarti Anda tidak boleh berinvestasi. Sejauh Anda memiliki dana yang cukup dan punya wawasan tentang instrument investasi yang akan Anda masuki maka lanjutkanlah untuk berinvestasi. Saat ini ada banyak sekali pilihan investasi yang bisa Anda pertimbangkan. Mulai dari deposito, tanah, rumah, asuransi, emas, hingga saham. Bagi Anda yang memiliki dana cukup banyak dan suka berspekulasi, tidak ada salahnya untuk mencoba membeli beberapa lembar saham. Jika ingin investasi yang aman maka deposito dan emas adalah pilihan yang baik. Ingin keuntungan yang selalu naik maka investasi di tanah dan properti adalah pilihan yang tepat. Semuanya tinggal Anda sesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

Jangan Sepelekan Catatan Keuangan

Banyak orang yang tidak telaten untuk mencatat pengeluaran mereka setiap bulannya. Padahal kegiatan ini akan sangat membantu dalam mengelola keuangan yang dimiliki. Dengan adanya catatan keuangan, maka Anda bisa melihat dengan pasti berapa persen dari penghasilan Anda yang dibelanjakan, disimpan dan juga diinvestasikan. Bahkan catatan keuangan ini juga bisa membantu Anda memproyeksikan pengeluaran Anda di bulan berikutnya. Memang awalnya sedikit merepotkan tapi saat kegiatan ini dilakukan dengan rutin maka kehidupan Anda akan semakin baik.

Miliki Lebih Dari 1 Rekening

Cara yang satu ini sudah dibuktikan oleh banyak orang dan hasilnya benar-benar memuaskan. Keuangan yang mereka miliki stabil dan tersistem dengan baik. Dengan memiliki beberapa rekening, Anda dapat membagi penghasilan yang Anda miliki dengan sangat baik. Misalkan saja rekening pertama Anda digunakan untuk menerima gaji atau penghasilan. Kemudian rekening kedua bisa Anda gunakan sebagai pos untuk belanja harian dan rekening ketiga bisa Anda gunakan sebagai kotak Pandora.

Yang dimaksud dengan kotak Pandora disini adalah dimana dana yang ada di rekening tersebut tidak akan Anda ambil. Dengan kata lain rekening ketiga ini benar-benar Anda gunakan untuk menyimpan uang yang Anda miliki tanpa adanya penarikan dalam jangka panjang. Jika Anda menyukai travelling, cobalah untuk menambah 1 rekening lagi. Sisihkan 5% atau 10% dari penghasilan Anda untuk rekening ini dan percayalah kegiatan travelling Anda akan terorganisir dengan sangat baik.

Bagaimana menurut Anda? Anda boleh mencoba cara-cara tersebut dan buktikan keuangan dan kehidupan Anda lebih stabil setelahnya.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: