Lainnya

4 Cara Untuk Mendapatkan Modal untuk UMKM

Dalam menjalankan usaha, modal memang memegang peranan yang sangat penting untuk membuat roda bisnis tetap berjalan. Dengan adanya modal, seorang entrepreneur juga bisa menggunakannya untuk mengembangkan usaha. Namun sayangnya di lapangan masih ditemukan pengusaha yang kesulitan mendapatkan modal. Ini tentu saja sebuah hal yang memprihatinkan. Kebanyakan para pengusaha yang kesulitan memperoleh modal ini umumnya berasal dari kalangan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Penyebab para pengusaha UMKM kesulitan mendapatkan modal lebih dikarenakan mereka tidak mengetahui caranya. Maka dari itu berikut ini akan disajikan beberapa informasi cara mendapatkan modal UMKM yang bisa jadi solusi untuk kondisi selama ini.

  1. Melakukan Pinjaman Pada Bank

Cara pertama mendapatkan modal untuk UMKM adalah dengan melakukan pinjaman pada bank. Metode ini sebenarnya sudah tidak terlalu asing bagi beberapa pengusaha UMKM. Meski mengetahuinya, mereka banyak yang tidak paham prosedur cara peminjamannya. Dengan bayangan sesuatu yang rumit maka mereka para pengusaha UMKM ini pun akhirnya mengurungkan niatnya. Meminjam dana sebagai modal ke bank sebenarnya tidak sulit atau rumit. Pinjaman modal pada UMKM yang sering disebut Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan memiliki bunga yang kecil ini bisa diajukan dengan memenuhi beberapa syarat. Beberapa persyaratan dalam pengajuan modal KUR di bank secara umum adalah berusia minimal 21 tahun, usaha sudah berjalan minimal 6 bulan, dokumen pendukung seperti KTP, Kartu Keluarga (KK), Surat Keterangan Usaha dari pemerintah desa setempat dan Jaminan.

  1. Jalankan Sistem Bagi hasil

Berikutnya, cara mendapatkan modal untuk UMKM adalah dengan menjalankan sistem bagi hasil. Cara ini dilakukan dengan jalan mencari orang yang nantinya akan menjadi investor untuk usaha Anda. Dari investor tersebut Anda akan mendapatkan sejumlah modal untuk menjalankan atau mengembangkan usaha. Guna membuat investor ini tertarik menanamkan modalnya pada usaha yang sedang dijalankan, Anda bisa membuat kesepakatan sistem bagi hasil. Tentu cara ini satu-satunya jalan dan solusi yang win-win solution antara Anda dan investor. Mengenai besaran persentase bagi hasilnya itu tergantung kesepakatan Anda dan investor. Sistem bagi hasil juga bisa Anda lakukan dengan bank-bank berkonsep syariah dengan sistem modarobah.

  1. Melakukan Sistem Investasi atau Jual Saham

Menjalankan sistem investasi atau jual saham juga bisa jadi solusi untuk para pengusaha UMKM mendapatkan modal. Metode yang satu ini dilakukan dengan teknik yang hampir sama dengan sistem bagi hasil. Bedanya, dalam sistem invetasi, investor yang memberikan modal akan mendapatkan persentase keuntungan yang tetap setiap bulannya. Sementara itu pada sistem bagi hasil, investor mendapatkan keuntungan yang berubah-ubah menyesuaikan perolehan laba usaha. Namun untuk menjalankan sistem ini Anda perlu terlebih dahulu membuat usaha berada dalam kondisi yang stabil bahkan mapan dengan pendapatan yang konstan. Sementara untuk besaran investasinya bisa Anda bisa menetapkan sendiri atau membuat kesepakatan dengan investor.

  1. Program hibah pemerintah

Terakhir, cara untuk mendapatkan modal untuk usaha yang sedang Anda jalankan adalah dengan mengikuti program hibah pemerintah. Pemerintah memang memiliki anggaran tersendiri untuk membantu UMKM di beberapa daerah. Menariknya lagi program hibah ini bisa muncul dari pemerintah kabupaten, provinsi dan pusat. Jadi Anda punya banyak pilihan untuk mendapatkan modal dari cara tersebut. Namun untuk bisa mengajukan pinjaman modal dari program hibah pemerintah Anda harus mengumpulkan beberapa usaha UMKM lain dan membentuk kelompok usaha. Agar bisa sukses mendapatkan modal dari program hibah pemerintah ini ada baiknya Anda mengenal orang-orang yang ada dibidang tersebut. Ini artinya Anda memang perlu memperluas lagi jaringan pertemanan yang ada. Semakin Anda banyak mengenal orang-orang dalam pemerintahan maka semakin berpeluang besar mendapatkan modal dari program hibah pemerintah.

Demikianlah informasi tentang empat cara yang bisa dilakukan para pengusaha UMKM guna memperoleh modal usaha. Tentu saja untuk bisa mendapatkannya Anda harus mau mencobanya. Memang Anda tidak bisa dipastikan atau dijamin akan langsung mendapatkan modal yang diinginkan. Namun demikian bukan berarti Anda lantas tak mau mencobanya kan. Dan bila kemudian pengajuan ditolak, Anda juga tidak boleh langsung menyerah atau putus asa. Pastikan Anda terus mencobanya dan pantang menyerah untuk terus melakukannya hingga Anda berhasil mendapatkan modal.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: