Lainnya

4 Hal Umum yang Perlu Diperhatikan Saat Menulis Copywriting Untuk Keberhasilan Pemasaran Online

menulis-copywriting

Iklan di media online saat ini memang telah menjadi sasaran pada pebisnis untuk dapat meraih banyak pelanggan. Semakin maraknya pengguna media online menjadi alasan mengapa beriklan di media dengan jaringan internet ini semakin digemari. Nah salah satu cara untuk bisa memikat netizen di media online ini adalah dengan membuat strategi konten copywriting. Penulisan konten copywriting sendiri memiliki hakikat pembuatan iklan dengan media tulisan. Karena bertujuan untuk menarik dan mengajak publik atau target market untuk membeli produk, maka penulisan copywriting ini punya trik dan teknik khusus yang berbeda dengan penulisan lainnya. Nah berikut ini ada beberapa hal umum yang perlu diperhatikan untuk menulis konten copywriting guna keberhasilan pemasaran di dunia online.

  1. Kuasai Materi Produk atau Jasa

Karena Anda akan menulis iklan untuk sebuah produk atau jasa pastinya mau tak mau Anda harus menguasai informasi atau materi dari produk tersebut. Semakin Anda menguasai materi produk atau jasa yang akan Anda tulis maka semakin besar peluang Anda menulis copywriting yang baik. Jadi bila Anda mendapat penawaran untuk menulis copywriting untuk produk orang lain, pastikan Anda meminta data yang lengkap mengenai produk tersebut. Dan sebelum memulai menulis, Anda wajib membaca data-data atau informasi yang telah diberikan hingga benar-benar paham. Alangkah baiknya lagi bila Anda melihat dan mencoba produk  dan jasa yang akan Anda tulis untuk copywriting.

  1. Pelajari Psikologis Pembaca

Penulisan copywriting ini juga perlu memperhatikan psikologis pembaca, dalam hal ini yakni terget pasar. Jadi pastikan sebelum menulis, Anda harus memikirkan psikologi pembaca yang akan membaca tulisan Anda. Seperti contoh psikologis pembaca anak muda tentu akan sangat berbeda dengan psikologi orang dewasa atau orangtua. Meski tidak mudah untuk menulis dengan melibatkan psikologis pembaca, tapi dengan usaha yang sungguh-sungguh dan latihan yang kontinyu maka Anda akan bisa menghasilkan penulisan copywriting yang baik. Dengan adanya tulisan yang melihatkan psikologi pembaca Anda akan bisa meraih dan menyentuh hati target pasar sehingga tingkat konversi pembelian pun akan meningkat.

  1. Perhatikan Kualitas Konten

Berikutnya, hal umum yang perlu diperhatikan saat menulis copywriting adalah memperhatikan kualitas konten. Yang termasuk dalam kualitas konten ini antara lain gaya bahasa penulisan, layout artikel serta gambar dan video pendukung, dan layout artikel. Untuk gaya bahasa perlu Anda cermati target pasar dari produk yang akan diiklankan. Jangan sampai Anda menggunakan bahasa gaul pada target pasar yang merupakan kelompok orangtua. Sebaliknya juga jangan menggunakan bahasa baku atau formal jika target pasarnya adalah anak-anak muda. Sementara untuk layout yang perlu dicermati dalam penulisan copywriting yakni format tulisan, ukuran, spacing dan jenis font. Sedangkan untuk gambar atau video pendukung harus dipilih yang menarik dan tidak membosankan.

  1. Menulislah dengan Jujur

Terakhir, hal umum yang perlu diperhatikan saat diperhatikan ketika akan menulis konten copywriting adalah menulis dengan jujur. Untuk hal yang terakhir ini sangat disayangkan masih banyak penulis yang belum bisa melakukannya. Memang harus diakui bahwa tidak mudah untuk menulis copywriting dengan jujur. Ini karena kita sedang berusaha mempromosikan atau mengiklankan produk atau jasa. Tapi yang penting dari menulis jujur ini sebenarnya tidak juga menampilkan kekurangan yang ada. Setidaknya Anda tidak melebih-lebihkan apa yang sebenarnya tidak dimiliki produk atau jasa saja itu sudah cukup. Jadi dengan menulis kelebihan produk dan tidak menuliskan kekurangan produk tidak ada yang salah dengan itu. Tapi jangan sampai melebih-melebihkan produk atau jasa yang memang tidak dimiliki. Itulah bekal yang sebenarnya tidak boleh dilupakan oleh seorang copywriter.

Demikianlah beberapa hal umum yang perlu diperhatikan para penulis jika ingin membuat konten copywriting. Sekali lagi dalam menulis copywriting yang merupakan sesuatu yang digunakan untuk iklan, Anda perlu lebih jeli. Ini karena penulisan copywriting bukan seperti menulis esai atau artikel. Dalam penulisan copywriting Anda ditarget bisa membuat pembaca tertarik dan pada akhirnya membeli produk atau jasa.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top