Peluang Usaha

4 Jenis Pekerjaan dengan Gaji Besar untuk Lulusan SMA, Apa Saja Yah?

Setelah lulus SMA biasanya Anda akan dihadapkan pada dua pilihan, apakah akan melanjutkannya untuk bekerja ataukah kuliah. Untuk Anda yang memiliki biaya lebih, mungkin akan melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan. Akan tetapi, bagi Anda yang berasal dari keluarga pas-pasan mungkin akan lebih memilih untuk terjun kedunia pekerjaan saja. Sebab, bagi Anda yang keuangannya pas-pasan mungkin akan berpikir bahwa kuliah hanya menambah beban ekonomi keluarga. Masalahnya, kemana harus mencari pekerjaan yang sesuai dan dapat menjamin hidup di kemudian hari? Tidak usah khawatir! Bagi Anda yang ingin mengubah nasib selepas lulus SMA, yuk simak saja 4 jenis pekerjaan yang bisa memberikan gaji tinggi sekalipun untuk karyawan yang berasal dari lulusan SMA berikut ini.

  1. Menjadi Seorang Sales Marketing

Jenis pekerjaan pertama yang bisa memberikan gaji besar untuk karyawan lulusan SMA adalah sales marketing. Sayangnya, banyak orang beranggapan bahwa profesi ini merupakan pekerjaan yang rendah dan cukup berat untuk dilakukan. Selain harus membujuk banyak orang yang berbeda karakter, profesi ini juga diimbangi dengan adanya target perusahaan yang harus dicapai. Jika Anda bisa menekuni jenis pekerjaan ini dengan semangat dan pantang menyerah, maka bukan hal yang tidak mungkin Anda akan mendapatkan gaji besar dari hasil komisi penjualan yang tidak ada batasnya. Sebenarnya pekerjaannya pun cukup mudah kok, Anda hanya perlu memahami seluk beluk produk yang dijual dan pandai-pandailah membujuk calon pembeli dengan teknik yang baik. Karena sebagai seorang sales marketing yang baik, Anda pun harus memiliki etika dan sopan santun yang baik terhadap para calon konsumen. Jangan lupa, terapkan juga teknik-teknik pemasaran yang unik agar dapat menarik lebih banyak konsumen. Dengan cara ini, produk yang Anda jual pun akan selalu dilirik dan laris manis.

  1. Anak Buah Kapal (ABK) di Kapal Pesiar

Selanjutnya, jenis pekerjaan yang gajinya besar untuk karyawan lulusan SMA yaitu anak buah kapal (ABK) di kapal pesiar. Mungkin Anda pernah mendengar istilah layar atau melaut, dimana istilah tersebut merupakan sebutan lain untuk bekerja sebagai ABK di kapal pesiar? Nah, kebanyakan karyawan yang bekerja di sana adalah lulusan SMA lho. Bukan berarti hanya cukup ijazah SMA saja, melainkan Anda juga harus ikut pelatihan kerja sebagai ABK. Untuk bekerja di atas kapal Anda bisa memilih posisi yang diantaranya yaitu koki, janitor atau tenaga kebersihan dan teknisi. Meskipun hanya dari lulusan SMA, Anda bisa kok mendapatkan gaji yang lumayan tinggi dari pekerjaan ini. Karena, kapal pesiar yang mempekerjakan ABK lingkupnya sudah ke luar negeri. Tidak hanya gaji pokok, Anda juga bisa mendapatkan tunjangan-tunjangan lainnya. Bagaimana? Anda tertarik menekuninya?

  1. Operator Produksi di Perusahaan Minyak

Siapa bilang kerja di perusahaan minyak wajib punya ijazah lulusan sarjana? Padahal tamatan SMA juga bisa melamar lho, yaitu khusus dibagian  operator produksi. Selain tidak harus memiliki ijazah sarjana, perusahaan ini pun tidak mengisyaratkan pengalaman kerja. Akan tetapi, para pelamar yang lulus seleksi akan ditraining dalam satu periode tertentu dengan syarat Anda paham berbahasa Inggris. Gaji yang didapatkan memang terbilang cukup besar dibandingkan dengan pekerjaan lain untuk lulusan sarjana. Meskipun demikian, perlu Anda ingat bahwa pekerjaan ini memiliki risiko yang cukup besar, seperti terjadinya cedera karena mesin meledak atau rusak. Oleh sebab itu, pekerjaan sebagai operator produksi di perusahaan minyak ini akan lebih pas untuk orang yang ekstra hati-hati, taat pada aturan dan teliti dalam hal standar keselamatan kerja di perusahaan. Dengan demikian, pekerjaan dapat dilakukan dengan baik dan lancar.

  1. Petugas Instalasi Listrik

Terakhir, pekerjaan yang gajinya besar untuk lulusan SMA adalah petugas instalasi listrik. Seiring meningkatnya penggunaan listrik di kehidupan masyarakat, maka semakin banyak kebutuhan kabel yang harus dipasang dan diperbaiki. Karena pekerjaan ini memiliki risiko kerja yang tinggi dan membutuhkan keterampilan fisik yang mumpuni, maka ini akan lebih cocok dijalankan oleh kaum laki-laki. Dengan berbekal ijazah SMA, Anda bisa kok melamar pekerjaan ini sekalipun belum memiliki pengalaman kerja. Akan tetapi, Anda harus mengikuti serangkaian pelatihan kerja yang membutuhkan waktu cukup lama namun sesuai dengan gaji yang ditawarkan. Nah, bagi Anda yang ingin bekerja dengan gaji tinggi cobalah menekuni jenis pekerjaan ini.

Itu dia ulasan tentang 4 jenis pekerjaan dengan gaji besar untuk lulusan SMA. Agar bisa mendapatkan profesi atau pekerjaan diatas, bukan berarti Anda hanya cukup sekedar lulus SMA saja. Melainkan Anda juga harus menempuh beberapa pelatihan khusus agar keterampilan semakin bertambah. Oleh karena itu, tetaplah bekerja keras dengan penuh semangat untuk menjemput rezeki dan kesuksesan Anda. Selamat bekerja!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top