Keuangan

4 Kesalahan Manajemen Keuangan yang Seharusnya Dihindari oleh Para Kaum Milenial

kesalahan-manajemen-keuangan

Kaum milenial dengan tantangan dan beragam tawaran yang dihadirkan, memang membuat mereka seringkali khilaf untuk mengelola keuangan. Dari sini maka tak jarang kita mendengar beberapa kaum milenial yang mendapati keadaan keuangannya memburuk. Memburuknya kondisi keuangan para kaum milenial ini juga tak luput dari kesalahan mereka dalam melakukan manajemen keuangan. Nah berikut ini adalah beberapa kesalahan manajemen keuangan yang seharusnya dihindari oleh kaum milenial menurut ahli keuangan Suze Orman.

  1. Membeli Rumah Karena Berpikir Harus Membelinya

Kesalahan pertama kaum muda milenial saat melakukan manajemen keuangan adalah membeli rumah karena berpikir harus membelinya. Memiliki rumah memang penting, tapi memaksakan diri untuk membeli rumah tentu hal ini tidaklah baik. Pasalnya, memaksakan membeli rumah, membuat Anda harus mengorbankan sisi finansial Anda untuk investasi. Suze Orman memang lebih menyarankan agar kaum milenial untuk mendahulukan investasi, apapun bentuknya. Tapi Suze Orman menyarankan untuk berinvestasi di pasar saham. Dengan berinvestasi terlebih dahulu maka Anda akan bisa memiliki dana yang lebih untuk membeli rumah di masa mendatang, tanpa harus bersusah payah berhemat habis-habisan.

  1. Menghabiskan Waktu untuk Mengesankan Orang Lain

Berikutnya, kesalahan yang sering dilakukan kaum muda milenial adalah menghabiskan waktu untuk mengesankan orang lain. Setiap kaum muda yang sudah mulai meniti karir memang biasanya akan selalu dipantau oleh tetangga dan saudara kanan-kirinya tentang pencapaian yang telah diperolehnya. Dari sini kemudian banyak kaum muda yang akhirnya merasa tertekan dan akhirnya membeli sesuatu untuk bisa mengesankan orang lain. Saat membeli sesuatu tersebut, tak jarang para kaum milenial ini harus berhutang karena memang sejatinya mereka belum bisa memenuhinya. Nah dari cara seperti inilah kemudian para kaum milenial terjerat dengan keadaan keuangan yang sulit dan akhirnya membuat finansialnya jadi buruk. Nah inilah yang merupakan bentuk kesalahan manajemen keuangan yang krusial bagi para generasi milenial.

  1. Terlalu Mempercayai Penasihat Keuangan Anda

Memiliki penasihat keuangan memang sesuatu yang baik. Dari mereka Anda akan bisa mendapatkan banyak saran dan nasihat tentang bagaimana cara melakukan manajemen keuangan yang seharusnya. Namun, bila Anda terlalu percaya dan meyakini apa yang dibilang oleh penasihat keuangan, maka hal ini menjadi sesuatu yang tidak baik. Ini karena hanya Anda yang lebih mengerti dan memahami tentang apa terjadi pada diri sendiri. Dari sini maka sebenarnya keputusan terakhir, ada pada diri Anda sendiri. Penasihat keuangan boleh memberikan nasihat dan saran. Namun semua berpulang pada diri Anda sendiri. Karena penasihat keuangan sejatinya memang hanya bisa memberikan saran dan nasihat. Namun setelah menerima saran dan nasihat dari mereka, Anda juga harus berpikir untuk mempertimbangkannya. Pertimbangkan baik-buruknya. Bila memang Anda rasa nasihat mereka baik maka Anda bisa ikuti, begitu pun sebaliknya. Sayangnya para kaum milenial ini Tak jarang melakukan kesalahan dengan terlalu mengikuti dan mempercayai penasihat keuangan.

  1. Melakukan Pinjaman Bersama

Terakhir, kesalahan keuangan yang sering dilakukan kaum muda milenial adalah melakukan pinjaman bersama. Melakukan pinjaman secara bersama-sama memang dapat membuat beban tanggung jawab Anda jadi lebih ringan, karena ada orang lain yang juga sama-sama menanggungnya. Tapi hal ini akan menjadi masalah bila ada salah satu atau beberapa orang yang tidak bisa melakukan pembayaran. Dari sini Anda mau tak mau harus menanggung beban pinjaman orang lain tersebut. Ketika Anda harus menanggung beban pinjaman orang lain maka tentu hal ini akan membuat keadaaan finansial Anda jadi goyah, karena ada hutang yang harus ditanggung. Maka dari itu ahli keuangan Suze Orman kemudian menyarankan untuk para milenial tidak melakukan pinjaman bersama. Dari pada melakukan pinjaman bersama, lebih baik Anda melakukan pinjaman atas nama sendiri.

Itulah beberapa kesalahan manajemen keuangan yang tak jarang dilakukan oleh kaum muda milenial. Bila Anda adalah salah seorang yang concern pada masalah keuangan, maka Anda sudah seharusnya menghindari beberapa kesalahan yang telah disebutkan diatas. Dengan menghindari beberapa kesalahan tersebut, maka finanasial Anda akan bisa selalu sehat dan peluang meraih masa depan yang cerah pun akan semakin besar untuk diraih.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top