Lainnya

4 Kisah Sukses Pengusaha Lulusan SD

Terlepas dari latar belakang maupun pendidikan apapun asalkan mau bekerja keras siapapun bisa meraih kesuksesan. Hal ini dibuktikan oleh beberapa pengusaha sukses Indonesia yang bisa menjadi milyarder meski dengan modal ijazah SD. Penasaran siapa saja orang-orang tersebut? Nah berikut ini adalah  kisah sukses pengusaha lulusan SD:

  1. Basrizal Koto

Basrizal Koto lahir di kampung Lading, Pariaman. Basrizal koro hanya sempat bersekolah hingga kelas lima SD saja. Hal ini karena kondisi ekonomi keluarganya yang bisa dibilang serba kekurangan. Dengan orang tuanya yang hanya bekerja sebagai buruh tani, jangankan menyekolahkannya bahkan untuk makan saja tak jarang pria yang satu ini hanya makan sekali daam sehari. Meski susah, keadaan ini membuat Basrizal malah bertekat untuk bisa merubah keadaan keluarganya. Basrizal mengawali karirnya dengan berjualan pete. Dengan kemampuan komunikasinya ia mampu membangun jaringan, dan menjaga kepercayaan konsumennya. Hal ini lah yang membawanya mencapai kesuksesan hingga mampu membangun kerajaan bisnis dan menciptakan lapangan pekerjaan.

Jumlah perusahaan yang dikelolanya saat ini sudah mencapai 15 perusahaan. Beberapa perusahaan yang dibangunnya ini masuk dalam MCB group miliknya antara lain PT Basko Minang Plaza (pusat perbelanjaan), PT Cerya Riau Mandiri Printing (percetakan), PT Cerya Zico Utama (properti), PT Bastara Jaya Muda (tambang batubara), PT Best Western hotel, dll.

  1. Abdul Gani

Siapa sangka pengusaha sukses yang satu inipun adalah lulusan SD. Abdul Gani pria yang sudah berusia 50 tahun ini sukses menjadi pengusaha transportasi di Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. Awal mula kesuksesannya, dimulai dari perkenalannya dengan perusahaan tambang Multinasional, PT Newmont Nusa tenggara yang memberi jalan baginya untuk berbisnis di dunia tranportasi hingga akhirnya mampu menjadi pengusaha sukses. Kisahnya dimulai sekitar tahun 1994, saat Abdul menjadi petugas eksplorasi untuk perusahaan. Saat itu, ia bersama dengan tim ahli PT NTT melakukan survey lokasi-lokasi eksplorasi yang sulit diakses dengan kondisi jalan buruk. Selang beberapa tahun setelah dirinya bekerja sebagai petugas eksplorasi, tepatnya tahun 2007, Gani diberikan kesempatan oleh pihak perusahaan untuk menyuplai tenaga kerja serta mengelola transportasi bus di wilayah perusahaan PT Newmont. Berbekal 300 juta yang dikumpulkan bersama dengan teman-temannya, ia mulai menjalankan bisnis jasa transportasi. Sekarang perusahaan jasa transportasi Gani yang dikerjakan di lokasi tambang mampu meraup penghasilan sebesar 30 juta per bulan. Dimana PT Newmont membayar perusahaan jasa transportasinya itu sebulan sekali. Sementara itu total pekerja yang saat ini bernaung diperusahaannya sudah mencapai 400 orang.

  1. Andrie Wongso

Siapa yang tak kenal Andrie Wongso? Beliau adalah salah satu pengusaha sukses dan motivator nomer 1 di Indonesia. Andrie lahir dari sebuah kelarga miskin di kota Malang. Di usia 11 tahun waktu  masih kelas 6 SD, Beliau terpaksa harus berhenti sekolah karena sekolah mandarin tempat andrie kecil bersekolah telah ditutup. Maka gelarnya bisa dibilang SDTT alias sekolah dasar tidak tamat. Masa kecil hingga remajanya pun kemudian dilalui dengan membantu orang tuanya membuat dan berkeliling berjualan kue di toko-toko dan pasar.

Kemudian beliau memutuskan merantau di ibu kota demi mengubah nasib dengan satu tekat yakni siap menghadapi apapun di depan dengan berani dan jujur. Maka dimulailah kerja sebagai salesman produk sabun sampai pelayan toko. Perjalananya kemudian akhir sampai mengantarkannya menjadi sukses seperti sekarang. Sekarang ia lebih fokus menjadi motivator dengan klien-kliennya mulai dari perusahaan-perusahaan perbankan, pemerintah, BUMN, Asuransi, organisasi, media cetak, media electronic, sampai olah raga.

  1. Eka Tjipta Widjaja

Bagi orang awam mungkin nama Eka Tjipta Widjaja tak ada apa-apanya jika dibandingkan Abu Rizal Bakrie. Tapi dimata para penggelut dunia bisnis kelas atas, pria yang satu ini adalah monster ganas. Eka Tjipta merupakan salah satu pengusaha paling sukses dan dikagumi di Indonesia. Mengawali usaha dari nol, Eka Tjipta sekarang ini sudah mampu memiliki kekayaan  sekitar $5,3 miliar. Meski menjadi pengusaha sukses , namun siapa yang menyangka jika Eka Tjipta hanyalah tamatan SD. Dulu pria yang berusia 91 tahun ini sangat miskin, sampai-sampai dia tidak bisa melanjutkan sekolahnya. Tapi, dari situlah kemudian tekatnya untuk menjadi orang kaya mulai muncul. Berawal dari jualan kecil-kecilan, akhirnya Eka mampu menjalankan bisnis raksasa. Eka Tjipta telah menjadi sukses yang memiliki lebih dari 200 perusahaan dengan ratusan ribu karyawan. Sinarmas Group adalah perusahaan yang berhasil dibangunnya dan sampai sekarang masih begitu kokoh berdiri. Bahkan sekarang Eka Tjipta Widjaja menjadi orang terkaya nomor dua di Indonesia dibawah sang pemilik Djarum Budi Hartono.

Nah itulah beberapa kisah dari pengusaha sukses asal indonesia. Hidup memang berat dan menjadi suksespun banyak tantanggannya. Namun satu yang pasti asalkan kita mau bekerja keras dan tidak mudah menyerah kita pasti bisa menjadi sukses seperti mereka. Sekian artikel ini semoga bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi bagi kita untuk terus bersemangat mencapai impian dan kesuksesan.

 

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: