StartUp dan UKM

4 Pilar untuk Ciptakan Bisnis dengan Kekuatan Brand

pilar-bisnis-dengan-brand-kuat

Brand bagi sebuah bisnis memang memiliki nilai tersendiri. Sebab dengan brand yang terbangun dengan kuat, maka sebuah bisnis akan lebih mudah diterima dan mendapatkan pasar yang diharapkan. Tapi sebaliknya bila brand bisnis tidak memiliki kekuatan, maka pasar pun akan enggan untuk menghampirinya. Dari sinilah kemudian banyak pebisnis yang berusaha dengan sekuat tenaga untuk bisa menciptakan brand yang kuat untuk usahanya. Tapi untuk bisa menghadirkan brand yang kuat ini tidaklah mudah. Sebab Anda harus berusaha untuk membangun sebuah pilar dengan usaha yang keras. Nah, berikut ini beberapa pilar yang harus Anda bangun untuk ciptakan bisnis dengan kekuatan brand.

  1. Pastikan Brand Mudah Diingat

Pilar pertama yang harus Anda bangun untuk brand bisnis yang lebih kuat adalah memastikan brand mudah diingat. Brand yang mudah diingat memang akan lebih berpeluang untuk dibeli konsumen. Ini karena saat konsumen membutuhkan sebuah produk atau jasa, maka pikiran mereka akan mencari sebuah produk yang mudah diingat. Mungkin saja memang referensi yang mudah diingat ini belum tentu mereka pilih karena mereka yang membandingkannya dengan brand lain. Tapi brand yang mudah diingat akan memiliki peluang yang lebih besar untuk dibeli daripada brand yang sulit diingat. Untuk menghadirkan brand bisnis yang mudah diingat sendiri, Anda harus membuat nama yang sederhana dan mudah diucapkan serta mudah diingat. Jangan lupa juga untuk menghadirkan warna dan design yang khas dari produk atau jasa Anda serta pegang teguh atau konsistenlah dengan warna dan design khas tersebut.

  1. Hadirkan Trust dan Loyality

Trus dan loyality dari konsumen memang merupakan sesuatu yang sangat berharga untuk setiap pebisnis. Ini karena bila bisnis Anda sudah mendapatkan trust dan loyality dari konsumen maka Anda tinggal memetik hasilnya yang positif. Namun untuk mendapatkan trust dan loyality dari konsumen ini tidak semudah membalikkan telapak tangan. Pasalnya, Anda harus benar-benar membuat konsumen tidak kecewa dengan segala apa yang dijanjikan bisnis Anda. Beberapa brand bisnis sekarang memang gemar mengobral janji-janji manis pada konsumen agar mendapatkan perhatiannya. Tapi sayangnya tidak semua brand bisnis konsisten dengan janji-janjinya. Hasilnya, ketika konsumen merasa diingkari, mereka akan kecewa dan tidak akan mempercayai lagi brand bisnis tersebut. Dari sini maka Anda akan kehilangan trust dan loyality dari konsumen.

  1. Buat Produk atau Jasa yang Memiliki Value

Berikutnya, pilar yang harus Anda hadirkan untuk ciptakan bisnis dengan kekuatan brand adalah produk yang memiliki nilai atau value. Baik itu produk berupa barang atau jasa, Anda harus memastikan ada value atau nilai yang bisa dirasakan konsumen. Value dari sebuah produk atau jasa, memang sesuatu yang dicari dan disukai konsumen. Semakin besar value yang Anda hadirkan akan semakin besar peluang Anda untuk memperkuat brand bisnis. Dari sini bila Anda mampu mewujudkannya, Anda akan bisa selangkah lebih maju untuk meraih pencapaian sukses dalam bisnis. Value dalam sebuah brand bisnis ini sendiri bisa bermacam-macam wujudnya. Sebut saja seperti fitur, nilai artistik, fungsional, nilai kemewahan dan lainnya.

  1. Konsistenlah Pada Kualitas

Terakhir, pilar yang perlu Anda hadirkan untuk brand bisnis yang kuat adalah kualitas. Selain harga, kualitas memang selalu menjadi perhatian publik saat akan melakukan pembelian. Bahkan tak jarang beberapa dari pembeli atau konsumen yang ada tidak mempedulikan harga asal mendapatkan brand yang berkualitas. Dengan kualitas yang dihadirkan brand memang dianggap konsumen sebagai sesuatu yang menguntungkan. Sebab, dalam kualitas ini biasanya akan muncul keawetan, kemewahan dan daya jual kembali yang tinggi. dari sinilah maka Anda yang ingin membangun brand yang kuat, jangan sampai lupa untuk menghadirkan produk dan jasa yang berkualitas. Jangan lupa juga untuk menghadirkan kualitas pada brand bisnis ini dengan konsisten. Sebab bila Anda tidak konsisten, konsumen bisa berubah pikiran untuk berpindah ke brand bisnis kompetitor Anda.

Itulah beberapa pilar utama yang perlu diperhatikan oleh semua pebisnis yang ingin menghadirkan brand yang kuat. Agar hasilnya maksimal, cobalah untuk membangun pilar-pilar tadi dengan penuh kesungguhan.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top