Peluang Usaha

4 Profesi Ini Memungkinkan Anda untuk Sukses Meski Tanpa Gelar Sarjana Lho, Coba Yuk!

Sebagian orang percaya, bahwa memiliki gelar sarjana akan selalu menjamin dirinya untuk bekerja. Ada juga yang percaya bahwa gelar sarjana akan menjamin kesuksesan di dunia kerja, sebagian lainnya ada yang percaya bahwa kuliah berkaitan erat dengan pekerjaan yang akan didapatkan nanti. Ijazah S1 memang bisa membuka banyak pintu untuk mendapat pekerjaan. Namun, faktanya tidak semua pintu membutuhkan ijazah S1 kok. Nah, inilah kabar baik untuk Anda yang tidak mengenyam gelar sarjana. Tidak mengenyam bangku perkuliahan, bukan berarti Anda tidak bisa sukses. Meskipun tidak memiliki gelar sarjana, Anda bisa mencoba profesi yang menyukseskan. Bahkan, profesi ini benar-benar menghasilkan uang serta menuntut Anda untuk mempunyai kecerdasan. Lalu, apa saja profesi tersebut? Yuk, simak 4 profesi yang memungkinkan Anda untuk sukses meski tanpa gelar sarjana berikut ini.

  1. Hobi Menulis dan Bercerita? Kenapa Tidak Menjadi Penulis Saja?

Di zaman globalisasi dan internet yang semakin merajalela, maka menjadi seorang penulis sangatlah mudah seperti sekarang ini. Bahkan, kini Anda tidak lagi harus mengirimkan karya ke media cetak dan menggantungkan nasib kepada selera redaktur untuk dikenal oleh publik. Yah, di jaman sekarang Anda bisa dengan mudah menuliskan cerita Anda di blog pribadi kemudian membagikannya melalui media sosial. Menjadi seorang penulis tidak harus lulus kuliah kok, namun cukup mempunyai keahlian di bidang menulis Anda juga bisa meraih keuntungan yang besar. Banyak orang yang berasumsi bahwa untuk memenangkan persaingan di dunia kepenulisan harus membutuhkan bakat. Akan tetapi, sebenarnya ada dua hal yang perlu diperhatikan yaitu harus memiliki hobi membaca dan memiliki kecakapan dalam bercerita. Dengan memiliki hobi membaca, maka hal ini akan mengembangkan pengetahuan serta membentuk gaya tulisan Anda.

  1. Menjadi Fotografer Professional, Tidaklah Harus Kuliah Jurusan Fotografi

Jika Anda mempunyai bakat dan ketertarikan terhadap mengambil gambar, maka menjadi seorang fotografer adalah solusi yang tepat. Lagipula, menjadi fotografer tidaklah harus mempunyai ijazah sarjana bukan? Selain mengembangkan hobi, Anda juga akan mendapatkan penghasilan yang lumayan. Tidak perlu melamar ke studio atau agensi, Anda juga bisa menjadi seorang fotografer lepas. Tanpa harus bergabung pada satu agensi, Anda juga bisa mendirikan studio atau brand sendiri. Dengan menawarkan jasa fotografi yang selalu dibutuhkan masyarakat seperti pernikahan, pre-wedding atau event musik dengan tetap berkarya pada passion sendiri entah itu jurnalistik ataupun landspace.

  1. Berwirausaha Juga Bisa Menghasilkan Kesuksesan Finansial

Berwirausaha merupakan profesi yang bisa dilakukan oleh siapapun, baik itu untuk kalangan berpendidikan maupun tidak. Selama Anda mempunyai ide yang berlian, berani mematangkannya menjadi konsep, telaten menjadikannya sebagai produk serta ulet dalam memasarkannya. Maka, Anda bisa menjadi seorang pengusaha yang sukses. Sebab, kesuksesan dan uang akan datang jika Anda gigih dan berusaha untuk meraih tujuan bukan karena dia seorang sarjana atau tidak.

  1. Menjadi Desainer

Kuliah desain itu mahal lho, selain itu Anda juga akan dituntut untuk mempunyai penguasaan yang mendalam di berbagai bidang. Tidak hanya belajar menggambar dan merancang saja, Anda pun harus bisa mendalami berbagai teori mulai dari ilmu komunikasi hingga filsafat seni. Ada beberapa kampus yang bahkan mewajibkan mahasiswanya untuk lulus mata kuliah pancasila dan kewarganegaraan lho. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan kaum intelektual. Meskipun bukan dari lulusan kuliah, Anda juga bisa kok sukses dengan menjadi seorang desainer. Lagipula, hal yang paling dibutuhkan di sini adalah klien bukan? Supaya bisa mendapatkan klien sebanyak-banyaknya, tentu Anda perlu mengembangkan nama sebagai desainer. Oleh karena itu, Anda harus belajar ilmu perancangan dan beberapa software komputer agar Anda bisa menghasilkan portofolio yang baik bahkan lebih hebat dari mereka yang lulusan sarjana. Selain itu, perdalamlah ilmu dengan membaca buku atau rajin membeli majalah desain. Lalu, setiap ada pameran luangkanlah waktu untuk mendatanginya serta jangan lupa berkenalan dengan penyelenggara atau pengisi pameran desainer supaya Anda mempunyai kenalan sesama perancang.

Nah, itu dia profesi yang memungkinkan Anda untuk sukses meski tanpa gelar sarjana. Bahkan, ada banyak orang yang sukses menekuni usahanya sendiri meski mereka tidak sarjana. Seperti Susi Pudjiastuti dan Bob Sadino, mereka bukan lulusan sarjana namun bisa sukses dan menjadi orang terpandang di Indonesia. Jadi, tidak ada lagi alasan untuk menyerah dan bermalas-malasan hanya karena Anda tidak menempuh sarjana.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top