Peluang Usaha

4 Strategi yang Bisa Sukseskan Anda Menangkan Tender Pemerintah, Coba Saja!

strategi-menangkan-tender

Dalam setiap proyek yang akan diselenggarakan oleh beberapa pemerintah atau perusahaan swasta besar, biasanya akan didahului dengan tender. Dalam kegiatan tender ini sendiri akan ada beberapa pihak merupakan pebisnis yang akan saling bersaing untuk memenangkannya. Bagi para pengusaha, tender ini memang sangat menggiurkan. Pasalnya, ketika seseorang memenangkan tender, maka dirinya akan memperoleh kontrak bisnis dalam skala besar. Ketika mendapatkan kontrak besar maka keuntungan yang bisa diperoleh pengusaha akan sangat besar. Namun untuk bisa memenangkan tender ini tidaklah mudah. Sebab, dalam tender yang diikuti oleh banyak pihak akan memunculkan persaingan yang ketat. Nah untuk itulah Anda yang ingin memenangkan tender harus berjuang dengan sungguh-sungguh. Selain berjuang dengan sungguh-sungguh, untuk memenangkan tender ini Anda bisa menerapkan beberapa strategi. Nah berikut ini beberapa strategi untuk bisa memenangkan tender yang dapat Anda jalankan.

  1. Dapatkan Informasi dari Tender Sedetail Mungkin

Pertama, strategi yang bisa Anda jalankan untuk bisa memenangkan tender adalah menggali informasi mengenai tender yang diadakan selengkap mungkin. Setiap tender yang diadakan oleh pemerintah atau perusahaan memang sangat mungkin memiliki ketentuan yang berbeda-beda. Jangankan berbeda instansi, pada satu instansi yang sama pun bila proyeknya berbeda, bisa jadi aturan tendernya juga tidak sama dengan proyek yang sudah ada. Nah maka dari itu mengetahui informasi mengenai tender selengkap-lengkapnya merupakan solusi yang tepat untuk bisa memenangkan tender. Dengan informasi yang diperoleh maka Anda bisa gunakan untuk menyusun strategi, termasuk dalam pengajuan penawaran harga yang tepat dan pantas hingga akhirnya memenangkan tender.

  1. Penuhi Kualifikasi atau Persyaratan yang Diajukan

Berikutnya, strategi untuk bisa memenangkan tender yang dapat Anda lakukan adalah dengan memenuhi semua kualifikasi dan persyaratan sebaik-baiknya yang diajukan pihak penyelenggara tender. Dalam proses tender, memang setiap peserta yang mengikuti tender diharuskan untuk melengkapi berkas-berkas dan dokumen yang disyaratkan. Meski hanya sekedar mengumpulkan berkas-berkas dan dokumen, Anda tidak bisa meremehkan hal ini. Pasalnya, tidak sedikit peserta tender yang gagal di tahapan kualifikasi ini karena terlalu meremehkannya. Mereka yang meremehkan biasanya terlupa membawa satu-dua dokumen ketika tender dimulai sehingga secara otomatis mereka pun dinyatakan gugur. Nah dari informasi yang telah Anda dapatkan sebelumnya dengan lengkap, maka seharusnya Anda dapat melewati tahapan kualifikasi ini dengan baik dan tanpa masalah.

  1. Tahap Pelelangan

Tahapan tender selanjutnya setelah kualifikasi yang juga membutuhkan strategi untuk memenangkannya adalah proses tender itu sendiri. Dalam tahapan inti dari kegiatan tender ini maka ada sebuah hal yang sangat perlu Anda cermati yakni pengadaan. Pada pengadaan ini, penyelenggara tender akan melakukan eliminasi atau penyisihan satu-persatu peserta tender yang dianggap tidak layak. Nah, supaya Anda tidak tereliminasi maka dalam tahap pelelangan ini Anda harus cermat memahami proses lelang yang diadakan dengan baik.

  1. Menjadikan Bank Garansi Sebagai Jaminan Penawaran

Terakhir, strategi yang mampu mensukseskan Anda memenangkan tender adalah menjadikan bank garansi sebagai jaminan. Seteleh memenangkan tender, Anda memang masih harus berjuang untuk mendapatkan jaminan penawaran atas proyek dan dana yang akan diterima. Dalam jaminan penawaran sendiri ada beberapa hal yang perlu Anda cermati agar tidak kecolongan. Beberapa jaminan yang harus dicermati antara lain besaran nilai jaminan, perusahaan yang dijamin dan juga masa berlaku jaminan penawaran.

Nah wujud jaminan penawaran ini sendiri adalah Bank garansi (Bank Guarantee) yang diterbitkan oleh sebuah bank. Dalam jaminan berwujud Bank garansi ini sendiri diatur sebuah ketentuan bahwa pihak penerima jaminan akan mendapatkan pembayaran uang sesuai dengan kesepakatan dan kontrak kerja. Intinya Bank garansi ini akan menjadi sebuah jaminan yang akan saling menyamankan semua pihak, terutama pihak penerima jaminan. Salah satu jenis Bank Garansi yang sering digunakan dalam sebuah tender Bid Bond.

Demikianlah beberapa strategi dan cara yang bisa Anda terapkan untuk memenangkan tender dari pemerintah. Tapi jangan terlalu berharap Anda akan bisa langsung memenangkan tender ketika sudah menerapakan beberapa strategi di atas. Sebab, selain adanya perbedaaan kualitas pelaksanaan strategi yang dilakukan kompetitor, ada juga faktor lucky atau keberuntungan yang ada dalam tender tersebut.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top