Lainnya

5 Alasan Kenapa Mahasiswa Perlu Punya Bisnis Sebelum Jadi Sarjana

Memulai bisnis memang tidaklah mudah butuh tekad dan modal yang cukup baik berupa barang, kendaraan maupun uang. Tak heran hanya segelintir orang saja yang mau untuk mencoba bisnis. Biarpun begitu tidak menutup kemungkinan dengan berbisnis bisa membawamu menuju kesuksesan bahkan sejak bangku kuliah.  Ini dia 5 alasan kenapa anda wajib punya bisnis sendiri sejak berstatus mahasiswa.

Belajar Mandiri

Memang benar  saat memiliki usaha sendiri anda bisa mengatur jam kerja dan bertindak sesuai kehendak anda. Anda juga tidak diperintah malah memerintah dan menanggung tanggung jawab yang lumayan besar. Dengan memulai bisnis sedini mungkin maka anda akan belajar bagaimana menjadi mandiri dan tidak tergantung pada orang lain. Anda jadi lebih berani mengambil keputusan dan belajar bagaimana merencanakan strategi bisnis.

Mengaplikasikan Ilmu Yang Didapat

Kapan lagi anda bisa mendapatkan ilmu sekaligus mempraktikan langsung ilmu yang dimiliki jika tidak melalui bisnis. Dengan memulai bisnis sedari mahasiswa anda jadi bisa langsung mengaplikasikan ilmu yang didapat dari kampus ke dunia kerja. Dengan ini anda bisa membuktikan apakah antara teori dan praktiknya memiliki kesinambungan satu dengan lainnya atau malah sebaliknya.  Bisa saja dengan memulai bisnis saat mahasiswa anda mendapatkan solusi saat mendapatkan sebuah hambatan dari yang diajarkan oleh para dosenmu.

Memiliki Pangsa Pasar Sendiri

Untuk memulai suatu bisnis tak selalu menuntut modal yang besar namun kadang kala membutuhkan koneksi yang kuat. Dengan memulainya sedini mungkin seperti bangku kuliah anda bisa menetapkan pangsa pasar yang tak jauh dari tempat belajar anda. Para mahasiswa lainnya bisa jadi target konsumen yang menguntungkan bisnismu.

Punya Banyak Kesempatan Untuk Mencoba Berbagai Peluang Bisnis

Jatuh bangun dalam bisnis itu biasa terjadi kepada pebisnis sukses sekalipun. Dari kegagalan yang dialami itulah anda jadi belajar bagaimana menemukan solusi atas hambatan yang dialami. Anda juga bisa memahami peluang bisnis apa yang cocok untuk anda jalankan. Tidak perlu takut gagal karena pasar juga mudah sekali berubah bahkan tanpa anda sadari. Tak ada salahnya mencoba berbagai peluang bisnis karena dengan membuka beragam jenis bisnis anda juga melakukan minimalisir resiko kerugian. Hal ini karena selera masyarakat mudah sekali berubah-ubah. Kadang usaha anda bisa sangat ramai namun tak menutup kemungkinan bisa sangat sepi.

Lebih Mudah Mendapatkan Modal Usaha

Saat duduk di bangku kuliah besar kesempatanmu untuk mendapatkan kucuran dana dari berbagai pihak. Bisa saja anda mendapatkan bantuan modal usaha dari pihak kampus, pendanaan dari program pemerintah untuk mahasiswa bahkan dari teman sekelasmu sendiri.  Bukan hanya itu saja kesempatan membangun relasi selagi muda juga sangat membantumu dalam berbisnis.  Tak hanya itu anda juga bisa mendapatkan bimbingan dan pembinaan intensif dalam bisnis saat masih muda.

Peluang Bisnis Yang Cocok Untuk Mahasiswa

Ada beberapa peluang bisnis yang cocok dimulai oleh anda yang berstatus mahasiswa. Peluang bisnis tersebut diantaranya ialah sebagai berikut :

  • Penjual Pulsa

Menjadi penjual pulsa untuk kebutuhan teman sekelasmu bisa jadi peluang bisnis yang menguntungkan.

  • Fotokopi

Yang namanya mahasiswa sering fotokopi dan ngeprint tugas atau skripsi. Usaha fotokopi patut anda coba selagi belajar di kampus

  • Penjual Makanan

Punya hobi memasak? Yuk segera berdayakan bakatmu menjadi peluang bisnis penjual snack di kampus

  • Agen Buku

Kebutuhan akan buku pelajaran masih saja tinggi apalagi dikalangan kampus. Anda bisa menjadi agen buku untuk memenuhi kebutuhan pasar tersebut.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top