Peluang Usaha

5 Bidang Bisnis yang Melejit Omsetnya Saat Lebaran, Sudah Tahu?

jual kue lebaran

Momen lebaran memang menjadi waktu yang berbeda dari hari-hari biasanya. Tidak hanya pada peristiwanya yang begitu berpengaruh pada publik, tapi bisnis yang berjalan pada masa lebaran ini juga mengalami gejala yang berbeda. Pada masa lebaran ini tidak sedikit pebisnis yang mendapati peningkatan omset yang signifikan dibanding hari-hari biasanya. Cerita peningkatan omset sendiri bukanlah hal yang aneh pada masa lebaran. Sebab, pada waktu lebaran ini perilaku konsumen untuk membelanjakan uangnya begitu tinggi. Dari tingginya perilaku kosumen untuk berbelanja saat lebaran inilah maka pebisnis pun akan mendapatkan dampaknya yakni omset yang besar. Namun yang memperoleh impact dari transaksi besar dari momen lebaran ini tidak semua pebisnis. Nah berikut ini adalah beberapa pebisnis atau bidang bisnis yang melejit omsetnya saat lebaran.

  1. Fashion

Pebisnis dan bidang bisnis pertama yang mengalami peningkatan omset saat lebaran yaitu fashion. Memang sudah menjadi cerita umum pada saat lebaran ini banyak orang yang menggunakan baju baru. Nah dari sinilah maka saat lebaran tiba, entrepreneur dibidang fashion akan mendapatkan order yang besar dari konsumen. Tingginya permintaan produk fashion pada masa lebaran ini memang selalu terjadi pada bidang ini. Ini karena pada masa lebaran konsumen menjadikan produk fashion sebagai sebuah kebutuhan. Nah dari sinilah Anda yang baru menjalankan bisnis fashion seharusnya melakukan persiapan menghadapi lonjakan permintaan yang besar dari konsumen. Saat lebaran ini mungkin Anda akan capek karena harus bekerja keras. Tapi mengingat hasilnya berupa peningkatan omset yang signifikan seharusnya Anda harus tetap semangat melayani order yang datang.

  1. Food and Beverage

Berikutnya, bidang bisnis yang akan mengalami peningkatan omset yang signifikan saat lebaran adalah food and beverage. Bukan lantaran adanya ibadah puasa yang kemudian menjadi penghambat pebisnis mendapatkan omset besar. Tapi meski dalam suasana berpuasa Ramadhan, omset pebisnis dibidang food and beverage ini akan meningkat karena untuk pemenuhan momen lebaran. Untuk merayakan lebaran memang dibutuhkan banyak menu makanan dan minuman. Bahkan tradisi pemenuhan kebutuhan makanan dan minuman saat lebaran ini terjadi pada setiap rumah. Mereka membutuhkan makanan dan minuman ini bukan hanya untuk keluarganya tapi juga untuk menyambut tamu-tamu yang datang ke rumahnya saat bersilaturahmi.

  1. Perlengkapan Rumah

Karena akan ada beberapa kunjungan orang lain yang datang ke rumah saat lebaran, maka tak jarang seseorang kemudian membuat rumahnya tampil lebih indah dan memukau. Nah untuk membuat rumah tampil lebih cantik dan indah maka dibutuhkan beberapa perlengkapan rumah. Dari hal ini sudah terlihat bagaimana beberapa kebutuhan produk perlengkapan rumah ini akan sangat dibutuhkan oleh publik jelang lebaran. Dengan tingginya permintaan akan produk perlengkapan rumah saat lebaran inilah maka pebisnis yang menjalankan usahanya dibidang perlengkapan rumah akan mendapatkan imbasnya yakni peningkatan omset.

  1. Elektronik

Selanjutnya, bidang bisnis yang akan mengalami peningkatan omset saat lebaran adalah elektronik. Meski memiliki harga yang lebih mahal tapi dengan uang lebih banyak yang dimiliki seseorang saat lebaran, menjadikan pembelian produk elektronik mengalami peningkatan. Salah satu produk elektronik yang mengalami peningkatan penjulan signifikan pada masa lebaran ini adalah smartphone. Di zaman sekarang memang muncul slogan baru yaitu lebaran tidak cuma baju baru tapi smartphone baru. Dari slogan ini memang menunjukan tren mengganti smartphone baru pada masa lebaran menjadi sebuah kebiasaan yang mulai merebak.

  1. Transportasi

Terakhir, bidang bisnis yang melejit omsetnya pada masa lebaran adalah transportasi. Bepergian ke tempat lain baik dalam jarak yang dekat ataupun jauh memang akan terjadi peningkatan saat lebaran tiba. Nah dari peningkatan pergerakan manusia inilah maka bidang transportasi pun akan menjadi ujung tombak untuk kebutuhan tersebut. Maka siapapun yang menjalankan bisnisnya dibidang transportasi memang akan merasakan pengaruh dari mobilitas tinggi dari konsumen saat lebaran. Pengaruh dari mobilitas tinggi masyarakat pada bidang bisnis transportasi tentu saja peningkatan omset. Jadi untuk Anda yang menjalankan bisnis dibidang transportasi apapun itu bentuknya, Anda harus mempersiapkan armada Anda untuk memenuhi tingginya order dari konsumen saat lebaran untuk meraih omset yang besar.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top