Peluang Usaha

5 Bisnis yang Terdampak dari Maraknya Belanja Online, Yakin Tak Tertarik Jalani?

bisnis-belanja-online

Saat ini tren belanja online memang sedang marak-maraknya. Dengan berbagai kemudahan dan kepraktisan yang ada, membuat belanja online ini semakin menjadi pilihan. Dari maraknya belanja online ini membuat beberapa bisnis mendapati imbasnya. Tentu imbas yang didapatkan bisnis dari meriahnya belanja online merupakan sesuatu yang positif. Sebab, ketika sebuah bisnis terdampak oleh bisnis lain yang sedang tumbuh, maka usaha tersebut akan juga mendapatkan efek pertumbuhannya. Nah berikut ini adalah beberapa bisnis yang terdampak oleh maraknya belanja online.

  1. Bisnis Ekspedisi

Pertama, bisnis yang terdampak maraknya belanja online adalah bisnis ekspedisi. Bisnis ekspedisi sendiri adalah bisnis jasa antar-kirim barang. Bisnis ekspedisi ini sejatinya terbagi menjadi dua yakni bisnis ekspedisi langsung dan bisnis ekspedisi tak langsung. Bisnis ekspedisi langsung adalah jasa antar kirim barang yang membuhkan waktu singkat untuk mengantar barang. Dalam bisnis ekspedisi langsung ini pemainnya cukup banyak yakni usaha ekspedisi lama seperti Tiki, J&T, JNE serta juga usaha ekspedisi baru yang merupakan bagian dari layanan transportasi online seperti Go-Send dan GrabExpress. Dalam bisnis online memang kebutuhan ekspedisi ini adalah sangat penting. Sebab untuk mengirim barang ke beberapa daerah di dalam kota atau luar kota maka dibutuhkan partner ekspedisi. Jadi Anda yang ingin mengambil dampak menguntungkan dari bertumbuhnya tren belanja online ini bisa menjadikan bisnis ekspedisi sebagai pilhan.

  1. Bisnis Pembiayaan dan Transaksi Digital

Transaksi belanja online yang saat ini semakin digemari ternyata membuat beberapa pihak yang menyelenggarakan usaha pembiayaan tertarik untuk ikut terjun di dalamnya. Hasilnya saat ini Anda bisa berbelanja online dengan cara mengkredit atau mencicil. Beberapa usaha pembiayaan yang telah bekerja sama dengan marketplace untuk proses pembiayaan ini antara lain Akulaku, Kredivo dan lainnya. Tidak hanya perusahaan pembiayaan, beberapa bisnis transaksi digital seperti Danaku juga sudah nampak ikut meramaikan dunia belanja online. Nah, Anda yang memiliki passion di bidang pembiayaan dan dunia uang digital bisa menjadikan keahlian Anda tersebut untuk mendirikan bisnis dan meraup keuntungan dari perkembangan maraknya belanja online.

  1. Bisnis Asuransi

Berikutnya, bisnis yang terdampak dari maraknya tren belanja online adalah bisnis asuransi. Bisnis asuransi ini ternyata juga dibutuhkan oleh beberapa penggiat bisnis online untuk mengasuransikan produknya terutama barang dalam proses pengiriman ke konsumen. Dengan tingginya risiko beberapa produk menjadi rusak dalam proses pengiriman, maka asuransi menjadi solusi untuk mengatasinya. Nah dari sinilah kemudian bermunculan bebarapa perusahaan asuransi yang bekerjasama dengan pihak toko online atau marketplace. Anda pun jika tertarik untuk membuka bisnis asuransi bisa mengambil keuntungan dari meriahnya tren belanja online saat ini.

  1. Bisnis Smartphone

Untuk bisa berbelanja online maka Anda harus memiliki perangkatnya yakni smartphone. Memang untuk berbelanja online, Anda juga bisa menggunakan laptop, tapi perangkat paling praktis yang sering dipakai publik untuk belanja online ini adalah smartphone. Ponsel pintar yang sebenarnya sudah menjadi produk massif yang dibutuhkan banyak orang saat ini tentu tidak akan membuat Anda sia-sia saat menjalankan usahanya. Dan dengan adanya tren belanja online yang marak menjadikan smartphone akan semakin banyak dibutuhkan masyarakat. Namun untuk menjalankan bisnis ini Anda harus siap bersaing dengan banyak kompetitor. Dan tingkat persaingan di bisnis smartphone ini sendiri terbilang sangat ketat.

  1. Bisnis Bidang Internet

Tidak hanya smartphone, supaya bisa berbelanja online, seseorang juga harus juga terhubung dengan internet. Nah dari sini maka kebutuhan internet di masa pertumbuhan belanja online sangatlah besar. Anda yang cerdik tentu bisa melihat peluang mendapatkan profit besar dari tingginya kebutuhan akan internet. Untuk menjalankan usaha dibidang internet ini Anda tak perlu juga membangun perusahaan atau industri penyedia internet. Tapi dengan menjadi perpanjangan tangan atau reseller dari perusahaan penyedia internet pun maka Anda sudah bisa berpeluang mendapatkan keuntungan dari tren belanja online yang semakin besar.

Itulah beberapa bisnis yang terdampak dari maraknya tren belanja online. Namun untuk bisa suskes menjalankan beberapa bisnis yang terdampak dari belanja online ini Anda harus bersungguh-sungguh dalam berusaha menjalankannya.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top