Tips

5 Cara Agar Anda Tak Kebingungan Menentukan Strategi dan Kebijakan Bisnis

Dalam menjalankan bisnis, maka pastinya seorang owner akan berstrategi untuk menentukan kebijakan. Strategi bisnis ini memang diperlukan untuk membuat usaha berjalan sesuai harapan guna mencapai penjualan dan omset yang mumpuni. Namun ketika menentukan sebuah strategi dan kebijakan bisnis, tak jarang seorang pengusaha mengalami kebingungan untuk menentukan dan memilihnya. Strategi dan kebijakan bisnis ini memang beragam macamnya. Dari sini maka seorang pengusaha harus memilih dan menentukan satu atau beberapa dari beragam jenis startegi bisnis yang ada. Karena kondisi inilah kemudian banyak entrepreneur yang kemudian mengalami kebingungan untuk menentukan strategi dan kebijakan bisnis. Nah Anda yang juga sedang mengalami kebingungan dalam menentukan strategi dan kebijakan bisnis, berikut ada beberapa cara untuk ditempuh sebagai jalan keluarnya.

  1. Lakukan Survei Lapangan

Pertama, cara yang bisa Anda lakukan agar tidak binggung menentukan strategi dan kebijakan bisnis adalah dengan melakukan survei lapangan. Untuk mencapai tujuan terbaik dalam meningkatkan penjualan, Anda sebagai seorang pengusaha memang harus memilih strategi bisnis terbaik. Nah untuk mendapatkan dan memilih strategi terbaik maka Anda bisa mengetahuinya dari lapangan. Lapangan memang merupakan medan pertemuran bisnis Anda. Maka dari itu jika ingin sukses, Anda mau tak mau harus selalu mengetahui kondisi lapangan. Ketika Anda mengetahui bagaimana kondisi lapangan, maka Anda akan lebih mudah untuk memilih dan menentukan strategi dan kebijakan bisnis.

  1. Dengarkan Saran Dari Ahlinya

Bila Anda merasa masih binggung menentukan kebijakan dan strategi bisnis meski telah melihat kondisi lapangan, maka nasehat dan saran dari ahlinya bisa jadi solusi. Jadi datangi saja ahli bisnis dan mintalah saran dan nasehat darinya untuk menentukan strategi dan kebijakan yang terbaik. Saat ini memang sudah ada beberapa ahli atau pakar bisnis yang membuka jasa konsultasi bagi para entrepreneur. Namun untuk menjalankan cara ini bisa jadi Anda harus bersiap mengeluarkan dana untuk jasa konsultasi tersebut.

  1. Kalkulasi Semua Opsi

Berikutnya, cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kebingungan menentukan strategi dan kebijakan bisnis adalah dengan mengkalkulasi semua opsi. Langkah awal untuk melakukan cara ini adalah dengan mendaftar semua pilihan strategi bisnis yang ada. Setelah itu cobalah untuk melakukan penjabaran terkait kelebihan dan kekurangan dari semua pilihan yang ada tersebut. Dari kegiatan kalkulasi kelebihan dan kekurangan opsi strategi bisnis yang ada maka Anda akan mendapatkan satu pilihan yang tepat dan terbaik untuk usaha Anda. Jadi dari sini maka Anda tak akan kebingungan lagi saat menentukan kebijakan bisnis untuk usaha Anda.

  1. Diskusikan dengan Karyawan

Jangan menganggap karyawan hanya sebagai bawahan yang tak punya kemampuan lebih dari Anda. Hal ini karena karyawan yang terjun langsung di lapangan bisa jadi punya lebih banyak informasi dan wawasan berkaitan dengan bisnis yang sedang Anda jalani. Nah dari sinilah Anda sebagai pebisnis tak boleh sesekali meremehkan karyawan. Karyawan bahkan dapat membuat Anda mendapatkan satu strategi dan kebijakan yang tepat. Maka bila Anda merasa binggung ketikan ingin menentukan strategi bisnis yang tepat maka Anda bisa mengajak karyawan berdiskusi. Jadi buat mereka bersuara untuk memberikan saran dan masukan terkait pemilihan strategi dan kebijakan bisnis. Dari saran dan masukan karyawan ini bisa jadi Anda akan mendapatkan opsi atau pilihan yang tepat.

  1. Jalankan Tes atau Uji Coba

Terakhir, cara untuk bisa menentukan kebijakan dan strategi yang tepat untuk bisnis Anda tanpa kebingungan adalah dengan menjalankan tes atau uji coba. Dengan melakukan tes atau uji coba maka Anda akan mendapatkan keyakinan untuk menentukan satu pilihan strategi bisnis. Jadi lakukan saja uji coba pada beberapa strategi bisnis yang ada di lapangan. Ketika Anda mendapatkan hasil yang memuaskan dari sebuah strategi bisnis setelah diuji coba, maka pilih saja kebijakan tersebut. Untuk menjalankan tes atau uji coba pada sendiri Anda membutuhkan banyak dana. Ini karena melakukan tes atau uji coba ini sama seperti Anda melakukan sebuah perjudian yang bisa membuat Anda gagal atau berhasil.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top