StartUp dan UKM

5 Cara Ampuh Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis UKM

Persaingan dalam dunia bisnis merupakan sebuah kompetisi yang biasa terjadi diantara para pengusaha yang tentunya ingin mendapatkan keuntungan, pangsa pasar, dan jumlah penjualan yang tinggi dari produk yang umumnya serupa. Persaingan bisnis ini sendiri biasanya memang sudah wajar terjadi dan kita temui dalam bisnis termasuk dalam bisnis UKM. Sebagai sebuah bisnis yang memang sedang berkembang, para pelaku bisnis UKM tentunya akan memerlukan cara-cara jitu dalam menghadapi persaingan bisnis UKM. Untuk itulah, kali ini kita akan membahas beberapa strategi terbaik yang bisa anda terapkan untuk memasarkan produk anda dengan lebih efektif.

  1. Fokuskan Pada Perluasan Brand

Terdapat banyak sekali para pelaku bisnis UKM yang salah dalam langkah awal menghadapi persaingan bisnis. Sebagai sebuah bisnis yang masih dalam tahap berkembang, biasanya kesalahan terbesar dari bisnis UKM adalah mencari keuntungan yang besar. Padahal keuntungan sendiri tentunya bukanlah hal pertama yang harus diraih. Jadi strategi dalam menghadapi persaingan bisnis fokus utama dari sebuah bisnis UKM adalah dengan mengenalkan produk ke pasar yang lebih luas. Jadi anda harus bisa memastikan jika produk dan brand anda bisa dikenal oleh masyarakat luas, dengan begitu bisa memberikan keuntungan dalam jangka yang panjang. Nah jika produk anda sudah dikenal oleh masyarakat luas, maka tentu saja keuntungan akan datang dengan sendirinya. Dengan begitu andapun tidak perlu lagi takut dalam bersaing karena produk dan brand anda telah dikenal dan sudah memiliki pangsa pasarnya sendiri.

  1. Memahami Pesaing Bisnis Anda

Supaya produk anda bisa diterima oleh masyarakat, tentunya salah satu hal penting yang harus anda lakukan adalah dengan mengalahkan kompetitor bisnis anda. Untuk itulah, sangat penting bagi anda untuk bisa memahami kelebihan dan kelemahan kompetitor bisnis anda. Dengan begitu, anda dapat melakukan evaluasi pada produk anda. Prinsipnya, anda mengambil hal yang baik dan membuang yang buruk. Jadi anda dapat mempelajari produk dari kompetitor anda dan mengembangkannya, sehingga produk yang akan anda tawarkan nantinya mempunyai kualitas dan nilai jual yang lebih baik.

  1. Memanfaatkan Digital Marketing

Dengan perkembangan teknologi informasi saat ini, maka mulai bermunculannya tipe-tipe konsumen yang mempunyai kecenderungan berbelanja secara online, karena dinilai lebih praktis dan terhindar dari keramaian. Keberadaan dari internet tersebut telah membuka pintu yang lebar untuk konsumen dengan tipe ini.Untuk itulah, anda bisa menampilkan produk anda pada website, ataupun sosial media yang ada seperti instagram, Twitter, facebook atau yang lainnya. Anda bisa menampilkan produk anda semenarik mungkin, sehingga para konsumen mempunyai kesan pertama yang baik pada produk yang anda tawarkan. Selain itu, dengan media sosial anda juga bisa berinteraksi secara langsung dengan para konsumen anda, sehingga bisa terjadi hubungan yang baik. Dengan begitu anda tidak perlu merasa khawatir akan persaingan bisnis karena anda telah memiliki konsumen yang setia.

  1. Promosi Secara Aktif dan Efektif

Jika tidak ada promosi, tentunya produk anda tidak akan mungkin bisa dikenal oleh masyarakat secara luas. Untuk itulah, promosi ini sangatlah penting untuk dilakukan supaya brand produk anda bisa semakin kuat dan mempunyai nilai jual yang tinggi dimata para konsumen anda. Meski begitu, promosi ini sendiri tidak boleh anda lakukan dengan sembarangan. Untuk itulah, anda harus menggunakan strategi promosi yang efektif, contohnya seperti dengan menerapkan jadwal yang teratur dan memanfaatkan media sosial dengan baik.

  1. Mengenali Kebiasaan Konsumen

Konsumen merupakan faktor penting yang bisa membuat bisnis anda bisa terus berjalan. Untuk itulah, anda harus bisa mengetahui sifat dan kebiasaan yang dimiliki oleh para konsumen dalam membeli produk, sehingga anda dapat memberikan pelayanan yang terbaik. Dengan mempelajari kebiasaan konsumen, maka anda bisa memiliki kesempatan yang lebih besar untuk merangkul para konsumen dengan lebih erat, sehingga konsumen akan merasa lebih erat dan nyaman dengan produk anda. Keadaan seperti inilah yang tentunya bisa memberikan keuntungan bagi anda yang lebih banyak dalam jangka yang panjang.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top