Tips

5 Cara Atur Waktu Supaya Kerja di Bulan Ramadhan Tetap Produktif, Sudah Coba?

manajeman-waktu-kerja-bulan-ramadhan

Di bulan Ramadhan dimana ada agenda kegiatan berpuasa yang dijalankan maka akan ada perubahan dalam waktu dan diri kita. Hal ini dikarenakan dalam bulan Ramadhan ini ada beberapa kegiatan yang membuat seseorang harus menyesuaikan diri. Perubahan yang terjadi di Bulan Ramadhan sendiri terlihat dan terbukti dari diubahnya jam masuk dan pulang kantor di setiap perusahaan. Sayangnya meski jam masuk dan pulang kantor ini sudah diubah, tak jarang dari para pekerja yang tidak produktif. Tidak produktifnya pekerja di bulan puasa ini sendiri dikarenakan adanya kesalahan manajemen waktu yang dilakukannya. Nah dari sinilah maka Anda yang ingin tetap produktif di bulan Ramadhan, pastikan untuk bisa mengatur waktu yang baik. Bagaimana caranya? Berikut beberapa cara melakukan manajemen atau pengaturan waktu yang baik di bulan Ramadhan agar tetap bisa bekerja dengan produktif.

  1. Jangan Tidur Larut Malam

Cara manajemen waktu pertama di bulan Ramadhan yang bisa Anda lakukan agar tetap bisa bekerja dengan produktif adalah dengan tidak tidur larut malam. Anda harus paham bahwa waktu tidur atau istirahat kita di bulan Ramadahan ini berkurang. Maka dari itu karena sudah berkurang, maka Anda tidak boleh bermain-main dengan waktu istirahat yang utama di malam hari. Pastikan Anda memaksimalkan waktu istirahat pada malam hari tersebut. Usahakan jangan sampai tidur di atas jam 10 malam. Lebih cepat tidur lebih baik. Ini karena pada jam 03.00 pagi, Anda harus bangun kembali untuk melaksanakan sahur. Bila Anda tidur larut malam tentu Anda akan merasakan kantuk yang hebat di saat sahur dan saat berada di kantor.

  1. Hindari Tidur Sehabis Sahur

Kesalahan manajemen waktu lainnya yang sering dilakukan seorang pekerja adalah tidur setelah sahur. Karena masih merasa ngantuk, beberapa diantara pekerja memang memutuskan untuk tidur lagi setelah sahur sebelum masuk kantor. Tidur lagi setelah sahur ini sangat berisiko. Sebab kebanyakan yang terjadi seorang pekerja malah terlambat datang ke kantor karena bangun kesiangan. Jika sudah datang terlambat ke kantor tentu selain kehilangan produktivitas, Anda juga akan terkena masalah di kantor. Apalagi bila daerah menuju kantor Anda tergolong daerah macet, maka hal ini akan semakin memperbesar risiko terlambat dan kehilagan produktivitas. Maka dari itu jika Anda sudah tidur cukup di malam hari, seharusnya Anda tidak perlu lagi tidur setelah sahur. Dari pada tidur lagi alangkah baiknya Anda berolahraga kecil atau mempersiapkan perlengkapan ke kantor.

  1. Gunakan Waktu Istirahat dengan Baik di Siang Hari

Mungkin dan memang kebanyakan pekerja akan merasa mengantuk pada siang hari. Karena mengantuk ini bisa membuyarkan konsentrasi dan produktivitas, maka sebaiknya Anda mengoptimalkan waktu istirahat siang yang ada. Kalau memang ngantuk berat tak ada salahnya mengambil waktu untuk tidur sejenak di tempat yang memungkinkan. Tapi pastikan Anda menyetel alarm untuk tidur siang Anda agar tak kebablasan. Dengan memanfaatkan jam istirahat pada siang hari maka Anda akan tetap bisa produktif bekerja.

  1. Jangan Ambil Lembur

Selanjutnya, cara manajemen waktu yang baik di bulan Ramadhan untuk kerja yang tetap produktif adalah dengan tidak mengambil lembur. Apapun alasannya, usahakan Anda tidak mengambil lembur. Sebab lembur sangat berisiko bagi Anda yang ingin memperlihatkan kinerja di depan atasan. Mungkin Anda akan terihat rajin saat mengambil lembur. Tapi setelah itu pada jam masuk kantor tiba, maka Anda akan sangat terlihat amburadul. Selain membuat kerja di pagi hari jadi berantakan, lembur juga bisa mengakibatkan kesehatan Anda terganggu. Maka dari itu bila tidak terlalu gawat, pastikan untuk Anda menghindari lembur. Gunakan saja waktu malam hari yang ada dengan istirahat yang cukup.

  1. Pastikan Waktu Bekerja Anda untuk Bekerja

Terakhir, manajemen waktu di Bulan Ramadhan yang bisa Anda terapkan adalah dengan memastikan waktu bekerja untuk bekerja. Maksudnya di sini adalah Anda tidak boleh menggunakan waktu bekerja dengan urusan lain seperti ngobrol dengan rekan kerja, bermain game atau media sosial. Sebab waktu bekerja di bulan Ramadhan yang sempit ini harus benar-benar Anda manfaatkan dengan baik. Jangan sampai pekerjaan Anda jadi menumpuk gara-gara selalu menggunakan waktu bekerja dengan kegiatan lain.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top