Tips

5 Cara Jitu Membuka Usaha Tanpa Harus Berutang

Banyak sekali orang yang memiliki ide bisnis, namun diantara mereka ragu untuk menjalankan bisnis tersebut dan merasa takut gagal karena keterbatasan modal. Padahal, untuk menjalankan usaha tidak harus selalu disertai dengan modal yang besar. Akan tetapi, usaha bisa dimulai dengan modal yang kecil tanpa harus mengutang kepada bank atau bahkan koperasi. Asalkan Anda bersungguh-sungguh dalam mengelolanya, tentu usaha yang dikelola akan berjalan dengan mulus. Lalu, bagaimana dengan modal yang harus direncanakan? Yuk, simak 5 cara jitu membuka usaha tanpa harus berutang berikut ini.

  1. Membuat Perencanaan yang Matang

Cara jitu pertama yang harus Anda lakukan untuk membuka usaha tanpa harus berutang adalah membuat perencanaan yang matang. Rencana tersebut tidak hanya berkaitan dengan usaha yang akan Anda jalani saja, tapi juga semua hal yang berkaitan dengan  bisnis agar terencana dengan baik. Pilihlah juga jenis usaha yang memiliki peluang besar dan potensial, jangan sampai Anda memilih jenis usaha yang biasa saja dan tidak bisa berkembang cepat. Setelah menentukan jenis usaha yang tepat, selanjutnya tentukan lokasi yang tepat dan strategis untuk membuka usaha tersebut. Lalu, tentukan waktu dan bagaimana pelaksanaannya agar usaha tersebut bisa segera dilaksanakan. Kemudian, rencanakan berapa modal yang akan diperlukan untuk memulai usaha dan rencanakan siapa saja yang akan membantu Anda dalam menjalankan bisnis tersebut. Dengan demikian, pekerjaan Anda akan lebih mudah karena dibantu oleh pekerja lainnya.

  1. Memanfaatkan Tabungan Sebagai Modal Awal

Di dalam perencanaan, menentukan modal juga sangat penting. Jika Anda ingin menjalankan usaha namun tidak ingin berutang, maka manfaatkanlah tabungan Anda sebagai modal awal membuka usaha. Dengan tabungan ini, Anda bisa membuka usaha dalam skala kecil atau mikro. Akan tetapi, jangan habiskan semua tabungan sebagai modal usaha karena Anda juga perlu memiliki dana cadangan untuk berjaga-jaga. Jika usaha Anda nanti mulai berkembang, maka Anda juga perlu mengembalikan uang modal tersebut. Oleh karena itu, atur dan kelola keuangan usaha dengan sangat baik. Dari pada mengutang kepada bank atau koperasi, lebih baik gunakan tabungan milik sendiri bukan?

  1. Menerapkan Sistem Bayar di Muka

Cara membuka usaha tanpa harus berutang selanjutnya adalah dengan menerapkan sistem bayar di muka. Jika Anda memiliki produk yang ternyata di gemari oleh konsumen namun Anda memiliki keterbatasan modal, maka solusinya yaitu bisa dengan menunjukkan visualisasi contoh produk terlebih dahulu kemudian mintalah konsumen yang berminat tersebut untuk membayar uang muka sebesar 50% dari keseluruhan harga. Hal ini bisa Anda lakukan sebagai bentuk ikatan untuk memperoleh produk tersebut. Dengan melakukan pembayaran di muka sebesar 50% dari total keseluruhan ini, maka secara otomatis Anda akan mendapatkan tambahan modal untuk membeli produk tersebut tanpa harus mengutang kepada orang lain.

  1. Menyisihkan Sisa Penghasilan

Menyisihkan sebagian penghasilan dari usaha untuk menambah modal juga bisa Anda lakukan sebagai cara untuk membuka usaha tanpa harus mengutang. Hal ini perlu dilakukan, karena tidak sedikit pengusaha yang sudah sukses namun mereka malah lupa menyisihkan keuntungannya untuk memperbanyak modal sehingga mereka terpaksa harus berutang kepada pihak bank atau koperasi untuk menambah modalnya. Padahal dengan menyisihkan hasil keuntungan ini, Anda akan terhindar dari namanya rugi atau bangkrut lho. Asalkan, Anda bisa mengatur dan mengelola keuangan dengan sangat baik serta jangan sampai menghabiskan seluruh keuntungan untuk keperluan diri sendiri.

  1. Mencari dan Memperluas Partner Usaha

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk membuka usaha tanpa harus berutang adalah mencari dan memperluas partner usaha. Jika usaha yang Anda rencanakan sudah berjalan namun masih kekurangan modal, sebaiknya jangan langsung berfikir untuk berutang. Akan tetapi, Anda bisa mencari solusinya yaitu dengan mencari dan memperluas partner usaha. Partner usaha di sini adalah seseorang yang mau berinvestasi pada perusahaan yang Anda kelola, jadi partner usaha itulah yang akan membantu Anda menambah modal tanpa perlu berutang. Selain itu, carilah partner usaha yang mau menanggung resiko bersama-sama. Namun, hasil keuntungan yang didapatkan juga harus dibagi sesuai dengan besaran modal. Untuk bisa membagi laba dan mengetahui laporan keuangan tentu Anda akan membutuhkan sistem pencatatan akuntansi yang akurat, mudah dan juga cepat bukan? Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan jurnal sebagai sistem pencatatan akuntansi usaha.

Demikian 5 cara jitu membuka usaha tanpa harus berutang. Untuk membuka usaha memang dibutuhkan perencanaan yang sangat baik, namun semua hal ini juga tidak akan lepas dari kerja keras dan ketekunan Anda dalam menjalankan usaha tersebut. Jadi, bekerja keraslah untuk mendapatkan hasil yang memuaskan agar usaha yang dijalankan sukses dan berhasil.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top