Bisnis Online

5 Cara Memaksimalkan SEO untuk Website Bisnis Online

SEO-bisnis-online

Dalam berbisnis, termasuk bisnis online, Anda sebagai entrepreneur harus mengusahakan semuanya agar sukses. Salah satu hal yang bisa Anda usahakan untuk bisa mensukseskan bisnis online adalah menerapkan SEO untuk website. SEO (Search Engine Optimization) merupakan teknik mengoptimalkan website bisnis online pada mesin pencari seperti Google, Bing dan lainnya. Dengan mengoptimalkan webiste pada mesin pencari maka bisnis online Anda akan bisa dilihat banyak orang saat mereka mengetikkan keyword tertentu. Ketika ada banyak orang yang melihat website Anda maka peluang mendapatkan pembeli akan lebih besar. Dari sinilah maka SEO ini sangatlah penting. Tapi untuk membuat SEO berfungsi lebih maksimal maka Anda harus bisa melakukan beberapa cara berikut ini.

  1. Cermatlah Memilih Keyword

Pertama, cara yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan fungsi SEO adalah cermat memilih keyword. Keyword atau kata kunci memang harus ditentukan ketika menerapkan teknik SEO. Dari keyword yang telah dipilih inilah nantinya Anda akan menarik konsumen datang. Tapi bila pemilihan keyword untuk SEO ini tidak tepat maka bisa jadi Anda tak akan mendapatkan apa-apa dari teknik SEO tersebut. Maka dari itu sebelum menetapkan keyword pastikan Anda melakukan riset atau survei yang mendalam tentang keyword yang sering digunakan netizen untuk mencari produk. Untuk melakukan riset ini, Anda bisa menggunakan software tertentu yang bisa menampilkan keyword yang paling sering digunakan netizen.

  1. Buat Konten Berkualitas

Untuk menarik netizen menuju website bisnis online Anda, tidak hanya keyword saja yang dibutuhkan. Tapi untuk tujuan membuat toko online Anda dikunjungi banyak orang dengan teknik SEO, Anda juga membutuhkan konten berkualitas. Konten berkualitas maksudnya adalah tulisan atau artikel yang berisi informasi atau promosi yang menarik dan bermanfaat bagi netizen. Untuk Anda yang ingin tidak terlalu menonjolkan kesan beriklan, Anda bisa membuat konten SEO dengan konsep softselling. Dengan konten softselling ini maka startegi promosi produk bisnis Anda tidak akan terlalu terlihat karena banyak ditutupi oleh informasi yang bermanfaat.

  1. Pakai Aturan Legal Saja

Untuk bisa menduduki peringkat halaman pertama (page one) pada mesin pencari, memang ada teknik SEO ilegal yang bisa dipilih. Dengan menggunakan teknik SEO ilegal ini maka seseorang memang bisa dengan cepat meraih posisi halaman pertama pada Google. Tapi jika teknik curang tersebut kemudian diketahui oleh Google, maka hal ini akan membuat website Anda terancam diblokir. Teknik curang SEO ilegal sendiri memiliki tingkat ketahanan yang tidak lama meski sukses menduduki halaman pertama. Maka dari itu untuk lebih aman dan tahan lama, maka gunakan saja SEO yang legal dan disetujui pihak Google.

  1. Gunakan Link Menuju Website dan Menu Pembelian

Ketika membuat konten, jangan lupa untuk menggunakan link menuju home website atau menu pembelian. Gunakan saja tiga link untuk menjadikan teknik SEO Anda lebih maksimal. Dengan adanya link eksternal ini maka pembaca konten Anda akan lebih mudah untuk melakukan pembelian produk di toko online Anda. Dan bila Anda bekerjasama dengan pemilik website lain untuk menampilkan konten maka Anda harus rajin melakukan pengecekan secara berkala pada link yang ada. Sebab bisa saja link yang ada diubah atau di hapus oleh pemilik website.

  1. Perhatikan Perubahan Pada Google Panda

Terakhir, cara memaksimalkan SEO untuk website bisnis online Anda adalah dengan memperhatikan perubahan pada Google Panda. Aturan SEO memang bisa saja berubah setiap waktunya karena adanya update dari perusahaan mesin pencari. Perubahan aturan SEO pada Google sendiri sering disebut dengan istilah Google Panda yang berwujud algoritma untuk meningkatkan kualitas hasil pencarian dari mesin pencari Google. Jadi jika terjadi perubahan pada Google Panda maka bisa jadi website Anda yang semula berada di urutan teratas tiba-tiba anjlok mengalami penurunan. Bahayanya, saat Google melakukan perubahan algoritma pada Google Panda maka tidak akan ada pemberitahuan yang akan disampaikan pada Anda. Dari sinilah maka perubahan Google Panda yang dapat mempengaruhi posisi website di mesin pencari sangat penting untuk selalu dipantau. Jika memang kemudian diketahui Google akan mengubah algoritmanya, maka Anda sebagai pebisnis harus segera betindak untuk mengantisipasinya.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top