Tips

5 Cara Taklukkan Hati Konsumen Agar Bisnis Laris Manis

Setiap pengusaha tentunya ingin sukses dan memiliki konsumen yang banyak serta berkesinambungan. Baik untuk pengusaha yang sudah berjalan lama maupun pengusaha yang baru merintis karirnya. Di sini, peran konsumen memang sangat penting untuk menunjang keberhasilan perusahaan. Karena dengan memiliki konsumen yang banyak, maka akan berimplikasi terhadap keuntungan penjualan Anda. Hal tersebut tentu saja bisa diwujudkan asalkan Anda mau berusaha untuk meyakinkan hati para konsumen.

Untuk bisa menarik minat konsumen sebenarnya gampang-gampang susah atau mungkin bergantung pada keberuntungan Anda. Namun sebagai pengusaha tentu tidak hanya bergantung kepada keberuntungan saja, melainkan harus diimbangi perencanaan yang matang agar dapat menaklukkan hati konsumen. Lalu, bagaimana caranya agar Anda bisa menaklukkan hati konsumen? Berikut tips yang bisa Anda jadikan sebuah referensi agar selalu terlihat menarik dimata konsumen.

  1. Pakailah Pakaian yang Rapi dan Menarik

Selain berdandan, pakaian yang rapi dan menarik juga sangat berpengaruh terhadap penampilan Anda agar menjadi perhatian setiap orang khususnya konsumen. Oleh karena itu, selalu perhatikan pakaian yang Anda gunakan ketika berhadapan dengan konsumen. Di sini, Anda cukup memakai pakaian yang rapi saja dan usahakan untuk tidak memakai pakaian yang sembrono ketika menghadapi konsumen. Karena selain enak di pandang, Anda juga akan terlihat lebih berwibawa di mata mereka.

  1. Perlihatkan Aura Percaya Diri Anda Kepada Konsumen

Jika penampilan Anda sudah terlihat menarik, maka disini akan timbul rasa percaya diri. Namun jika dari awal Anda sudah berpikir tidak percaya diri karena merasa berpenampilan buruk, hal ini malah akan membuat Anda terlihat gugup dan terlihat tidak menarik sama sekali di depan konsumen. Maka, yakinkan lah bahwa penampilan Anda adalah penampilan yang sangat menarik. Dengan demikian, para konsumen pun akan tertarik melihat kepribadian Anda yang percaya diri.

  1. Sapa dengan Senyuman Manis dan Tataplah dengan Penuh Empati

Senyum memang mampu menetralkan situasi, termasuk bisa menetralkan hati konsumen. Maka pancarkanlah senyuman terbaik Anda kepada konsumen agar mereka tidak merasa bosan dengan pembicaraan dan penampilan Anda. Sekalipun Anda dalam keadaan ditolak, maka tetaplah tersenyum dan menatap konsumen dengan pandangan penuh empati. Memang penolakan akan terasa pahit, namun jika Anda tetap tersenyum dan memperlakukan konsumen dengan penuh perhatian maka Anda tidak akan merasa keberatan dengan penolakan tersebut. Sebaliknya jika Anda menatap konsumen dengan tatapan kesal dan wajah musam ketika mengalami penolakan tersebut, hal ini tentu saja akan membuat konsumen berpikir negatif tentang Anda.

  1. Perlakukan Konsumen Seperti Raja dan Ratu untuk Menarik Perhatiannya

Bersikap empati berarti mengerti segala yang diinginkan oleh seseorang, seperti hati konsumen. Ketika Anda mencoba untuk bersikap empati, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah berbicara dari hati ke hati. Kemudian, gali seberapa banyak yang mereka butuhkan sehingga merasakan bahwa Anda adalah orang yang paling mengerti dengan kebutuhannya. Setelah Anda berhasil menaklukkan hatinya dan menaruh kepercayaan kepada Anda, maka jangan membuatnya ragu-ragu dan mengubah pemikirannya kembali saat menjalin kerjasama dengan Anda.

  1. Layani Konsumen dengan Sepenuh Hati

Selain bersikap empati, yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah melayani konsumen dengan sepenuh hati. Melayani seseorang memang harus dilandasi dengan hati yang ikhlas dan bersungguh-sungguh, agar pelayanan yang Anda berikan tidak sia-sia. Seperti pada saat Anda ditolak atau diputuskan kerjasamanya oleh konsumen, disini justru Anda tetap harus memiliki rasa penasaran untuk kembali menaklukkan hati konsumen. Caranya yaitu dengan membuatnya terkesan akan pelayanan yang Anda beri. Dengan demikian, konsumen akan terkesan dan mengubah pemikirannya kembali untuk menjalin kerjasama dengan Anda bahkan akhirnya akan menjadi konsumen yang loyal bagi Anda. Selain pelanggan puas dengan pelayanan yang Anda berikan, dengan teknik ini Anda juga akan meraih banyak hasil yang menguntungkan. Oleh karena itu, layani konsumen dengan sepenuh hati dan jagalah hubungan Anda dengan konsumen niscaya usaha Anda berjalan dengan baik dan lancar.

Demikian beberapa cara untuk menaklukkan hati konsumen yang bisa dipraktikkan dalam usaha yang sedang Anda tekuni. Semoga Anda berhasil dan senantiasa sukses selalu.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: