StartUp dan UKM

5 Cara untuk Mengembangkan Bisnis Rumahan, Coba Yuk!

industri-bisnis-rumahan

Bisnis rumahan adalah usaha yang dijalankan di rumah yang biasanya berkonsep UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). Dengan konsep UMKM ini maka kemudian banyak didapati bisnis rumahan yang sulit berkembang. Meski demikian bukan berarti Anda yang menjalankan bisnis rumahan ini tidak bisa mengembangkan usaha. Dengan usaha dan perjuangan ekstra, maka Anda bisa mengembangkan bisnis rumahan ini dengan baik. Nah, berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda jalankan untuk mengembangkan bisnis rumahan.

  1. Masuk dan Optimalkan Dunia Online

Pertama, cara untuk mengembangkan bisnis rumahan adalah dengan masuk dan mengoptimalkannya di dunia online. Dunia online saat ini memang bertumbuh dengan sangat pesat. Dari sini maka banyak konsumen yang berada di dunia online. Nah, dari keadaan inilah maka Anda yang masih berkutat dengan jualan offline, tentu akan bisa tertinggal oleh zaman dan juga oleh para pesaing. Maka dari itu agar bisnis rumahan Ana bisa berkembang pesat maka Anda perlu terjun ke dunia online. Terun ke ranah online ini bukan berati Anda harus meninggalkan konsep jualan offline Anda. Tapi Anda bisa menjalankan keduanya untuk membuka peluang meraih omset dan pengembangan semakin terbuka lebar. Untuk terjun ke dunia online sendiri ada banyak metode yang bisa Anda jalankan. Selain mempromosikan lewat media sosial, Anda juga bisa memperkenalkan bisnis rumahan di ranah online ini lewat website dan juga via instant messaging seperti WhatsApp, BlackBerry Messenger dan lainnya.

  1. Perkuat Brand

Berikutnya, cara untuk mengembangkan bisnis rumahan adalah dengan memperkuat brand. Produk atau jasa yang Anda jual dalam bisnis rumahan memang sudah seharusnya telah memilki nama brand atau merk. Nah dari nama brand atau merk inilah Anda harus memperjuangkannya agar semakin kuat. Bisnis yang telah memiliki brand yang kuat memang akan bisa dengan mudah untuk berkembang. Pasalnya, brand yang kuat biasanya akan diikuti oleh para pelanggan yang setia. Tapi untuk bisa memperkuat brand ini tidak semdah apa yang dibayangkan. Anda harus dengan konsisten melakukan promosi dan juga meningkatkan kualitas produk atau jasa agar konsumen bisa puas dan semakin menyenangi bisnis rumahan Anda. Saat bisnis rumahan Anda sudah kuat brand-nya, maka usaha pengembangannya sebenarnya sudah berjalan ke arah yang lebih baik.

  1. Jangan Remehkan Manajemen Keuangan

Tidak sedikit bisnis rumahan yang kemudian gulung tikar dikarenakan manajemen keuangannya yang buruk. Manajemen atau pengelolaan keuangan untuk bisnis memang tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Ini dikarenakan manajemen keuangan menjadi kunci bagi Anda yang ingin meningkatkan progress atau pengembangan bisnis. Dari manajemen keuangan kita memang bisa melihat apakah bisnis sedang dalam keadaan sehat atau tidak. Dari kondisi bisnis inilah kita dapat melakukan evaluasi bila kemudian didapati sesuatu yang salah yang menyebabkan buruknya keadaan bisnis. Untuk tingkat bisnis rumahan yang mungkin terbatas budgetnya maka manajemen keuangan bisa dilakukan dengan cara sederhana dulu yakni melakukan pencatatan pembukuan terhadap alur keuangan yang masuk dan keluar. Dari cara ini saja yang Anda lakukan dengan konsisten maka Anda akan bisa membuat bisnis rumahan Anda tumbuh dan berkembang.

  1. Selalu Hadirkan Kreativitas

Selanjutnya, cara untuk mengembangkan bisnis rumahan adalah dengan selalu menghadirkan kreativitas. Zaman yang selalu dinamis memang membuat Anda sebagai pebisnis harus selalu mengikuti perubahan yang terjadi. Sebab bisnis yang tidak mengkuti perkembangan zaman akan mudah untuk tergilas dan mati. Nah untuk bisa selalu mengikuti perkembangan zaman maka Anda harus selalu kreatif. Kreativitas memang menjadi salah satu unsur utama bagi bisnis untuk bisa terus eksis. Kreativitas sendiri bisa berwujud apapun seperti inovasi produk, kemasan, fitur atau bahkan layanan.

  1. Hadirkan Target Pencapaian yang Selalu Bertumbuh

Terakhir, cara untuk mengembangkan bisnis rumahan adalah dengan menghadirkan target pencapaian. Anda sebagai pebisnis memang harus memiliki target dalam usaha yang Anda jalani. Dari target inilah Anda akan terpacu dan termotivasi untuk selalu berusaha dan berjuang mencapainya. Nah target bisnis sendiri haruslah terus bertumbuh sesuai perkembangan usaha. Jadi ketika Anda sudah mampu mencapai target tertentu maka di periode berikutnya Anda harus meningkatkan target pencapaian. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar bisnis Anda terus bertumbuh dan berkembang.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top