Lainnya

5 Cara yang Perlu Anda Lakukan Agar Lebih Dihargai Orang di Kantor

cara-dihargai-di-kantor

Bekerja di kantor atau perusahaan memang tidak hanya sekedar mengerjakan tugas-tugas saja. Tapi dalam bekerja di kantor yang melibatkan orang lain, tentu Anda tidak bisa terlepas dari aktivitas sosial. Dari sinilah kemudian Anda pasti mau tak mau harus berhubungan secara baik dengan sesama rekan kerja. Sayangnya dalam dunia karir di kantor tidak sedikit seorang pekerja yang tidak bisa bersosialisasi dengan baik. Bahkan diantara beberapa dari mereka yang tidak dihargai oleh rekan-rekan kerjanya. Ketika hal ini terjadi tentu menjadi permasalahan serius. Sebab ketika seorang pekerja tidak dihargai maka mereka biasanya jadi tidak betah. Maka dari itu Anda yang sedang mengalami hal tersebut, haruslah segera berbenah dengan melakukan beberapa cara berikut ini.

  1. Datang Tepat Waktu atau Lebih Awal

Cara pertama yang perlu dilakukan supaya banyak orang di kantor yang menghargai Anda adalah dengan datang tepat waktu atau lebih awal. Pekerja yang sering terlambat memang akan selalu mendapatkan perhatian. Tidak hanya dari atasan dan HRD, tapi pekerja yang sering terlambat ini akan juga mendapatkan perhatian khusus dari karyawan lain. Sayangnya perhatian yang didapatkan oleh karyawan yang sering datang terlambat ini adalah sesuatu yang buruk. Dari sinilah pekerja yang sering datang terlambat tak jarang kurang dihargai oleh karyawan lain, terlebih oleh atasan. Maka dari itu untuk menghilangkan nilai buruk dan membuat orang lain kembali menghargai Anda di kantor, pastikan Anda menghilangkan kebiasaan buruk datang terlambat. Pastikan Anda selalu datang tepat waktu atau lebih awal dan lihatlah bagaimana reaksi dan penghargaan mereka.

  1. Berpakaian Rapi

Meski merupakan aksesoris pelengkap kerja, pakaian pada masa sekarang telah bertransformasi menjadi sesuatu yang penting. Begitu pentingnya pakaian dalam bekerja, membuat beberapa perusahaan membuat pakaian kerja tersendiri untuk para karyawannya. Walau tidak semua sama mengenai aturan berpakaian dalam bekerja, hampir semua perusahaan menginginkan karyawannya dapat berpakaian rapi ketika melakukan aktivitasnya. Dari sinilah maka beberapa karyawan yang seringkali terlihat dengan pakaian yang kurang rapi biasanya akan mendapatkan nilai dan penghargaan yang kurang. Maka dari itu Anda yang ingin lebih dihargai oleh rekan kerja atau atasan di kantor cobalah untuk berpakaian rapi dan lihatlah respon mereka saat bertemu Anda.

  1. Turut Mengeluarkan Pendapat Saat Meeting

Di perusahaan tak jarang atasan mengagendakan pertemuan atau meeting dengan beberapa atau semua karyawan. Agenda meeting ini sendiri dilakukan untuk membahas sebuah isu atau permasalahan untuk tujuan kemajuan perusahaan. Nah bila Anda diundang dalam meeting, tentu ada alasan tersendiri mengapa atasan mengundang Anda. Maka dari itu cobalah untuk memberikan kontribusi berupa pendapat saat Anda diundang meeting bila ingin lebih dihargai. Pasalnya karyawan yang selalu pasif dan tidak berkontribusi saat meeting biasanya akan mendapatkan penilaian dan penghargaan yang tidak baik dari atasan dan juga rekan kerja.

  1. Pastikan Anda Selalu Berkontribusi dalam Kerja Tim

Jika Anda bekerja dalam sebuah tim di perusahaan maka pastikan Anda selalu berkontribusi. Dibentuknya tim adalah agar setiap pekerja yang ada di dalamnya bisa bekerja secara bersama-sama (teamwork) untuk mencapai tujuan tertentu. Nah dari sinilah biasanya setiap karyawan akan menilai satu sama lain tentang kontribusinya dalam kerja tim tersebut. Bila ada karyawan yang memiliki kontribusi buruk atau bahkan tidak berkontribusi sama sekali pastinya mereka akan tidak dihargai. Maka dari itu agar Anda bisa selalu dihargai rekan-rekan kerja dan atasan dalam hal ini maka Anda harus selalu berkontribusi saat bekerja teamwork.

  1. Makan Siang Bersama

Terakhir, cara agar Anda lebih dihargai oleh orang-orang di kantor adalah dengan makan siang bersama. Walaupun hanya sekedar makan siang, tapi kegiatan ini akan membuat Anda mendapatkan banyak teman dan keakraban yang berarti bila dilakukan bersama-sama karyawan lainnya. Jika Anda sudah akrab dengan karyawan atau rekan kerja lain maka Anda pun akan lebih dihargai. Jadi jangan sampai Anda menolak ajak makan siang bersama dari rekan kerja atau bahkan atasan yang memintanya.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top