Lainnya

5 Hal yang Menyebabkan Pekerjaan Menghadirkan Penuaan Dini, Waspadai!

kerja-penuaan-dini

Bekerja adalah tuntutan setiap orang untuk tetap bisa menjalankan kehidupannya. Dari sekian banyak ragam jenis pekerjaan yang ada memang bisa kita jumpai beberapa diantara pekerjaan yang menyebabkan penuaan dini. Saat bekerja di kantor atau di mana pun kita memang akan bergelut dengan jam kantor yang lama. Dari lamanya jam kerja atau jam kantor inilah maka ada beberapa hal yang membuat seseorang terkena penuaan dini. Tentu sebagai seseorang yang ingin terus menjadi pribadi tangguh, penuaan dini ini merupakan sesuatu yang perlu untuk dihindari. Nah untuk menghindari penuaan dini dalam pekerjaan ini maka Anda harus bisa mengetahui beberapa hal yang menjadi penyebabnya. Berikut penjelasannya.

  1. Duduk di Meja Sepanjang Hari

Penyebab pertama pekerjaan dapat menghadirkan penuaan dini adalah duduk di meja sepanjang hari. Duduk memang kegiatan yang tak bisa diremehkan begitu saja apalagi bila dilakukan dalam waktu lama. Sebab menurut berbagai riset dan studi diketahui bahwa duduk yang membuat badan tidak banyak bergerak memang bisa mempercepat proses penuaan. Ini karena sel-sel tidak banyak bergerak dan akhirnya membuat sel-sel tersebut kurang mendapatkan hal yang dibutuhkan untuk lebih hidup. Maka dari itu Anda yang merasa pekerjaan menuntut untuk duduk dalam waktu yang lama maka solusinya dalam setiap waktunya Anda harus bisa menyelingi kegiatan bekerja Anda aktivitas yang membutuhkan gerakan.

  1. Bekerja Berjam-jam

Anda yang bekerja dalam waktu yang lama hingga berjam-jam ternyata juga berpeluang untuk mengalami penuaan dini. Bekerja lama yang dimaksud di sini adalah yang melebihi 60 jam dalam satu minggunya. Mengapa bekerja lama bisa membuat penuaan dini? Sebab saat bekerja dalam waktu yang lama akan membuat risiko penyakit jantung meningkat sebesar 40 persen. Angka ini sendiri didapat dari sebuah tinjauan makalah tahun 2012. Tubuh dan pikiran memang juga membutuhkan istirahat agar sel-sel yang ada dalam tubuh bisa kembali menjadi muda kembali. Maka dari itu agar Anda tidak terkena penuaan dini saat bekerja, sebisa mungkin hindari bekerja yang berlebihan. Salah satu kerja berlebihan yang harus dihindari adalah lembur pada malam hari. Malam hari yang seharusnya digunakan sebaik mungkin untuk istirahat memang akan membuat tubuh menjadi cepat menua karena adanya kerja lembur yang dilakukan di kantor.

  1. Membungkuk di Kursi Kantor

Berikutnya, hal yang dapat membuat Anda mengakami penuaan dini saat bekerja adalah membungkuk di kursi kantor. Salah satu tanda penuaan memang adalah membungkuk. Nah proses membungkuk sendiri bisa terjadi karena sebuah kebiasaan, termasuk salah satunya kebiasaan membungkuk di kursi kantor. Ketika bekerja di dalam kantor yang membuat Anda harus duduk untuk menyelesaikan sesuatu maka berhati-hatilah dengan keadaan punggung saat bekerja. Sebab bila kursi yang digunakan lantas membuat Anda harus selalu membungkuk maka hal ini bisa saja kemudian memunculkan penuaan.

  1. Menatap Komputer Selama Berjam-jam

Dari sebuah riset yang menunjukkan pengguna addict komputer diperoleh data bahwa hampir 60 persennya mengalami gejala symptoms of digital eye strain seperti sakit kepala, mata kering, nyeri leher, mata tegang, nyeri bahu dan penglihatan kabur. Nah gejala-gejala inilah yang akan menggiring Anda pada penuaan dini. Maka dari itu Anda yang tidak ingin terkena gejala ini pastikan Anda untuk tidak terus-menerus menatap layar komputer saat bekerja. Pastikan di tengah waktu Anda melihat objek jarak jauh. Ketika mata teras sudah lelah maka jangan dipaksakan. Istirahatkan terlebih dahulu untuk kemudian melanjutkan lagi kerja.

  1. Perjalanan Panjang Menuju Kantor

Terakhir, hal yang bisa menyebabkan pekerjaan Anda menghadirkan penuaan dini adalah perjalanan yang lama dan panjang menuju kantor. Perjalanan yang lama dan panjang menuju kantor dan sebaliknya untuk pulang ini memang dapat membuat Anda mengalami gejala penuaan diri yang disebabkan oleh stress karena khawatir terlambat atau karena macet. Gejala stress sendiri bila lama-lama biarkan akan memunculkan gejala penuaan yang lebih besar yakni depresi. Nah dari sinilah maka perjalanan panjang dan lama menuju kantor dan sepulangnya memang bisa menghadirkan penuaan dini. Gejala penuaan dini dalam perjalanan bekerja sendiri bahkan telah memunculkan idiom atau anekdotnya yakni”tua di jalan”.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top