Lainnya

5 Hal yang Patut Dilakukan Owner Bisnis Pada Karyawan Saat Bulan Ramadhan

bukber-bersama-karyawan

Sebagai pebisnis, Anda memang patut membuat karyawan tetap bahagia karena mereka telah banyak membantu usaha Anda. Untuk bisa membuat karyawan bahagia ini Anda tentu harus melakukan sesuatu. Dan di masa bulan Ramadhan seperti sekarang juga menjadi momen yang tepat untuk Anda membuat karyawan bahagia. Bila Anda melakukan usaha membuat karyawan bahagia di masa Ramadhan ini tentu akan menjadikan pahala tersendiri bagi Anda. Tapi seperti apakah cara untuk membuat karyawan bahagia pada bulan Ramadhan ini? Inilah beberapa hal yang patut dan perlu Anda lakukan sebagai owner bisnis untuk kebahagiaan karyawan saat bulan Ramadhan.

  1. Ubah Jadwal Kerja

Hal pertama yang perlu Anda lakukan sebagai owner bisnis untuk karyawan pada bulan Ramadhan adalah mengubah jadwal masuk dan pulang kantor. Pada bulan Ramadhan di mana ada agenda ibadah puasa yang dilakukan karyawan Anda maka Anda memang harus memahami dan menghormatinya. Ketika ada ibadah puasa yang dijalankan karyawan Anda pada bulan Ramadhan ini maka cobahlah untuk mengubah jadwal kerja mereka. Bila biasanya Anda agendakan pulang kantor karyawan pada pukul 17.00, maka saat bulan Ramadhan cobalah memajukan jam pulangnya. Dimajukannya jam pulang kantor ini dilakukan untuk membuat karyawan bisa melakukan buka bersama dengan keluarganya.

  1. Ajak Buka Puasa Bersama

Sebagai pemimpin bisnis tak ada salahnya Anda mengajak karyawan Anda untuk berbuka bersama-sama. Kegiatan berbuka puasa memang menjadi momen membahagiakan bagi seorang yang berpuasa. Apalagi bila Anda sebagai pemilik bisnis yang mengajak karyawan untuk berbuka puasa bersama. Apa yang Anda lakukan tentu akan sangat mengesankan bagi karyawan. Selain bisa membahagiakan karyawan, dengan mengajak berbuka puasa bersama mereka, Anda akan bisa mendapatkan pahala kebaikan dari apa yang Anda lakukan tersebut. Ini karena memberikan hidangan berbuka puasa bagi orang-orang yang berpuasa memang merupakan kebaikan yang di dalamnya terdapat pahala.

  1. Berikan THR

Berikutnya, hal yang bisa Anda lakukan sebagai pemilik usaha untuk membahagiakan karyawan pada bulan Ramadhan adalah memberikannya THR (Tunjangan Hari Raya). Sebenarnya pemberian THR ini merupakan kewajiban bagi setiap pemilik bisnis atau perusahaan. Karena di negara ini memang ada undang-undang yang mengatur ketentuan tentang pemberian THR pada hari hara keagamaan setiap karyawan. Untuk THR bagi karyawan muslim memang biasanya dibagi pada bulan Ramadhan, tepatnya akhir Ramadhan. Nah, dari sinilah Anda sebagai pemilik bisnis sudah seharusnya memberikan THR bagi para karyawan Anda saat bulan Ramadhan ini. Dengan memberikan THR pada karyawan maka mereka akan bahagia dan akan menganggap Anda sebagai pemilik usaha yang profesional.

  1. Hadirkan Waktu Libur yang Cukup untuk Mudik

Diakhir bulan Ramadhan, beberapa karyawan yang memiliki kampung halaman jauh, tak jarang akan merencanakan mudik.  Nah bila dalam perusahaan ada beberapa karyawan yang memiliki kampung halaman jauh maka alangkah baiknya Anda mengagendakan untuk memberikan libur yang lebih panjang. Dalam perjalanan jauh yang dilakukan karyawan ke kampung halaman, tentu dibutuhkan waktu yang cukup lama. Dari sinilah maka sudah selayaknya Anda menghadirkan waktu libut yang cukup untuk mereka melakukan mudik  ke kampung halamannya. Sebab bila Anda hanya menghadirkan waktu libur yang sedikit tentu perjalaman mudik mereka ke kampung halaman jadi terasa kurang menyenangkan karena terburu-buru untuk kembali bekerja.

  1. Ucapkan Selamat Berpuasa dan Hari Raya

Terakhir, hal yang patut Anda lakukan sebagai pemilik bisnis pada karyawan pada bulan Ramadhan adalah mengucapkan selamat berpuasa dan hari raya setelah selesai bulan Ramadhan. Meskipun hanya sekedar ucapan, Anda tidak boleh meremehkan kehebatan dan kegunaannya. Apalagi bila Anda sebagai pemimpin bisnis yang mengucapkannya, maka akan membuat karyawan terkesan dengan ucapan selamat tersebut. Selamat berpuasa mungkin bisa menjadi ucapan pertama yang Anda hadirkan pada para karyawan di awal bulan Ramadhan. Dan ketika bulan Ramadhan telah usai, maka jangan lupa untuk memberikan ucapan lagi yakni Selamat Hari Raya. Untuk kedua hal ini Anda tidak perlu mengucapkannya secara langsung. Namun mengucapkan hal ini melalui pesan singkat atau media sosial serta aplikasi pesan instan juga bisa Anda lakukan dengan manfaat dan kegunaan yang sama.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top