Lainnya

5 Hal yang Perlu Dilakukan Pebisnis Pasca Libur Lebaran

cek-plan-bisnis

Lebaran adalah momen besar yang selalu dirayakan dengan meriah di Indonesia. Begitu besarnya momen lebaran bagi masyarakat Indonesia membuat libur di masa ini cukup panjang hingga 2 minggu. Nah setelah masa libur lebaran yang lama ini berlangsung, tentu sebagai pebisnis ada banyak hal yang perlu dilakukan di perusahaan saat kembali masuk kerja. Sebagai pemilik usaha memang Anda perlu melakukan beberapa hal saat masuk setelah libur lebaran. Pasalnya saat ditinggal berlibur lebaran selama 2 minggu-an, membuat ada hal yang perlu dikembalikan pada keadaannya yang semula supaya perusahaan kembali berjalan seperti sedia kalanya dengan baik. Nah berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dilakukan pebisnis pasca libur lebaran untuk hasil yang terbaik bagi bisnis.

  1. Mengamati Kinerja Karyawan

Pertama, hal yang perlu diperhatikan pebisnis pasca libur lebaran adalah mengamati kinerja karyawan. Karyawan yang telah menjalani liburan lebaran yang panjang memang seringkali mengalami perubahan. Sayangnya perubahan yang terjadi setelah masa libur panjang ini membuat semangat dan produktivitas kerja menurun. Tentu saja menurunnya kinerja karyawan pasca libur lebaran ini tidak boleh dibiarkan begitu saja karena bisa merugikan bisnis dan perusahaan. Nah dari sinilah maka Anda yang ingin terus membuat perusahaan berada dalam tren pertumbuhan maka kinerja karyawan pasca lebaran ini haruslah Anda amati. Bila memang kinerja karyawan pasca libur lebaran ini memang menurun dan terjadi terus-menerus maka Anda harus bertindak. Tapi kalau kinerja karyawan ini memang tidak ada masalah maka Anda pun tidak perlu menindaklanjutinya.

  1. Lihat Kembali Plan Bisnis

Dalam bisnis, Anda yang memiliki rencana atau plan, haruslah dijalankan secara tuntas. Tapi pada waktu-waktu tertentu seperti saat lebaran, mungkin saja plan bisnis Anda mengalami pending atau pemberhentian sejenak karena adanya libur lebaran yang panjang. Maka dari itu Anda yang akan memulai aktivitas di hari pertama masuk setelah libur lebaran, melihat kembali plan bisnis yang ada merupakan kegiatan yang penting dilakukan. Sebab bukan tidak mungkin ketika libur lebaran yang panjang tersebut Anda menjadi lupa pada plan-plan bisnis yang sudah diagendakan. Maka dari itu agar tidak lupa, Anda harus melihat kembali plan bisnis yang ada saat masuk hari kerja pertama pasca libur lebaran.

  1. Amati Keadaan Tempat Produksi atau Jualan

Saat kembali bekerja dari libur lebaran Anda tentu akan menuju kantor atau tempat bisnis. Entah tempat itu berupa tempat produksi atau tempat jualan, yang pasti sekembalinya bekerja dari libur lebaran, Anda harus mengamati keadaan tempat usaha tersebut. Setelah ditinggal beberapa minggu memang bukan tidak mungkin ada perubahan yang terjadi pada tempat usaha Anda. Nah dari sinilah Anda harus melakukan pengecekan. Pengecekan atau pengamatan terhadap tempat usaha ini dilakukan agar kegiatan bisnis bisa berjalan kembali seperti semula. Tapi bila Anda tidak segera melakukan pengecekan dan kemudian didapati ada beberapa gangguan dalam tempat usaha, bukan tidak mungkin hal ini akan membuat bisnis Anda sulit untuk memulai produktivitasnya.

  1. Lihat Perilaku Pasar atau Konsumen

Setiap pebisnis memang harus cermat dengan kondisi dan perilaku pasar atau konsumennya. Sebab ketika pebisnis mampu menyesuaikan bisnisnya dengan perilaku pasar atau konsumen maka akan lenih mudah baginya untuk memasakan produk atau jasanya. Selama libur lebaran yang panjang, Anda tentu tidak melakukan pengamatan terhadap pasar. Nah setelah libur lebaran, Anda pastinya harus segera melakukan pengamatan tersebut. Meskipun lebaran satu dengan lainnya memiliki momen yang sama, tapi bukan tidak mungkin setiap tahunnya ada selera konsumen yang berbeda. Dari sinilah Anda sebagai pebisnis harus selalu melakukan pengamatan terhadap perilaku konsumen saat masuk hari kerja pasca libur lebaran.

  1. Cermati Kas Perusahaan

Terakhir, hal yang perlu Anda lakukan sebagai pebisnis pasca libur lebaran adalah mencermati kondisi kas perusahaan. Berjalan tidaknya bisnis memang sangat tergantung pada kas atau anggaran perusahaan. Dari sini maka kas perusahaan adalah sesuatu yang sangat penting untuk selalu diperhatikan. Dan pasca libur lebaran adalah waktu yang tepat untuk mencermati kas perusahaan. Sebab setelah lama berlibur dan tidak mengurus perusahaan maka memang Anda sangat perlu melihat dan mengamati kas. Hal ini dilakukan agar Anda menjaga finansial perusahaan tetap sehat dan bisnis terus eksis.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top