StartUp dan UKM

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Akan Jalankan Promosi Lewat Selebgram

selebgram

Dalam menjalankan bisnis, tentu Anda membutuhkan promosi agar produk dikenal banyak orang hingga laris manis. Nah untuk promosi yang bisa Anda jalankan tersebut ada beberapa opsi yang bisa dipilih. Apalagi bila kita saat ini melihat perkembangan teknologi online yang pesat, maka pilihan strategi promosi bisnis menjadi semakin bervariasi. Salah satu teknik promosi yang bisa Anda pilih di zaman sekarang adalah dengan menggunakan jasa selebgram. Selebgram yang memiliki popularitas terutama di dunia maya memang membuat Anda bisa mempromosikan bisnis dengan lebih efektif. Pasalnya, saat ini media sosial dengan jumlah penggunanya yang besar, akan membuat promosi melalui platform ini yang kemudian diperkuat dengan selebgram, akan semakin efektif. Tapi karena sekarang jumlah selebgram terbilang banyak maka Anda harus cermat ketika menjalankan teknik promosi ini. Berikut beberapa hal yang perlu Anda cermati tersebut.

  1. Latar Belakang Followersnya

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan saat akan menjalankan promosi lewat selebgram adalah melihat latar belakang followersnya. Followers atau pengikut dari selebgram ini memang bisa kita selidiki latar belakangnya secara umum untuk memaksimalkan strategi promosi bisnis yang kita jalankan. Dengan mengetahui latar belakang para followers dari Instagram, maka kemudian kita bisa menyesuaikannya dengan bidang bisnis. Jika memang tidak ada kesesuaian, maka sepopuler apapun  selebgram tersebut tentu akan sulit untuk mempengaruhi tingkat penjualan. Sebab latar belakang followers dari selebgram ini layaknya target pasar yang perlu selalu Anda cermati.

  1. Cara Promosi Produk

Karena Anda dengan selebgram ini bisa saja berjarak tempat yang jauh, maka biasanya akan muncul dua metode mempromosikan produk. Cara pertama adalah mempromosikan produk langsung dimana Anda bertemu atau produk Anda dikirim ke tempat selebgram, untuk kemudian dipromosikan via media sosial oleh selebgram. Metode promosi kedua adalah secara tidak langsung. Ini artinya selebgram akan melakukan repost konten promosi produk Anda tanpa ada produk fisik. Nah dari adanya dua metode promosi yang ditawarkan selebgram tersebut tentu Anda sebagai pengusaha harus cermat menentukan yang tepat dan optimal bagi bisnis Anda.

  1. Sering Atau Tidaknya Membuat Konten Kreatif dan Menarik

Berikutnya, hal yang perlu Anda cermati saat akan menjalankan promosi lewat selegram adalah dengan mengetahui keaktifan mereka membuat konten. Sering tidaknya selebgram menghadirkan konten di media sosialnya memang akan sangat berpengaruh pada bagaimana pengaruhnya pada followers. Sebab followers memang lebih menyukai selebgram yang aktif memposting konten. Jadi Anda yang ingin mendapatkan dampak yang baik untuk promosi melalui selebgram, maka Anda perlu mencari yang aktif membuat konten. Namun jangan hanya terpaku pada keaktifan mereka membuat konten, tapi pastikan juga mereka menghadirkan konten yang kreatif dan menarik. Sebab, percuma saja bila hanya menghadirkan konten yang banyak tapi tidak ada satu pun yang menarik followers.

  1. Keberadaan Selebgram

Sekarang memang tidak semua selebgram yang menjalankan profesinya secara sendirian. Tapi beberapa selebgram yang ada, bisa kita temui bekerja untuk agency atau perusahaan yang merekrut orang-orang untuk bekerja lagi kepada orang lain. Nah dari keberadaan selebgram ini pada akhirnya memang akan berpengaruh pada bagaimana cara menghubunginya dan terutama harganya. Kalau Anda ingin bekerjasama dengan selebgram yang bekerja untuk agency, maka Anda harus menghubungi agency-nya dulu serta mempersiapkan dana yang lebih besar. Tapi bila Anda mendapatkan selebgram yang bekerja sendiri, maka selain akan ada tarif yang lebih murah, Anda juga bisa menghubunginya lebih mudah secara langsung.

  1. Sudahkah Dia Jadi Influencer? Atau Cuma Menang di Followers?

Terakhir, hal yang perlu Anda cermati dan perhatikan saat akan menjalankan promosi lewat selebgram yakni dengan mengetahui apakah dia benar-benar seorang influencer. Agar promosi yang Anda jalankan bisa berpengaruh besar pada penjualan, maka Anda memang harus mencari selebgram yang benar-benar seorang influencer. Seorang influencer sendiri adalah orang-orang yang memiliki pengaruh besar atau mampu mempengaruhi orang lain. Nah bila Anda bisa mendapatkan selebgram yang seperti ini tentu akan sangat tepat untuk tujuan Anda mencapai promosi dan penjualan yang lebih efektif. Maka dari itu dari pentingnya selebgram dengan tingkat influencernya, maka jangan sampai Anda tertipu dengan mereka yang mengaku selebgram tapi hanya menang di followers saja. Sebab followers ini memang bisa saja didapat dari cara membeli.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top