Lainnya

5 Hal yang Tak Boleh Kamu Lupakan Saat Akan Pindah Profesi

pindah-profesi

Dalam dunia karir, bukan sebuah hal aneh bila ada seorang pekerja yang lantas memutuskan untuk pindah kantor atau perusahaan. Bahkan tidak hanya sekedar pindah kantor atau perusahaan, beberapa diantara para pekerja yang ada bahkan ada juga yang memutuskan pindah profesi. Keputusan untuk pindah profesi ini tentu bukan sebuah opsi yang mudah diambil para pekerja. Sebab ada banyak pertimbangan dan risiko yang memang muncul saat seseorang memutuskan untuk pindah profesi. Maka dari itu Anda yang ingin atau berencana pindah profesi harus matang-matang memikirkannya. Setidaknya Anda tidak boleh melupakan 5 hal berikut ini ketika berencana akan pindah profesi agar nantinya Anda bisa sukses menjalankan karir baru tersebut.

  1. Ilmu dan Skill Baru

Hal pertama yang tidak boleh Anda lupakan ketika berencana pinda profesi yaitu ilmu skill baru. Untuk menjalankan profesi baru Anda memang akan dituntut untuk memiliki ilmu dan skill baru. Tanpa adanya ilmu dan skill baru tentu Anda akan kesulitan menjalankan profesi baru tersebut. Pastikan Anda benar-benar memiliki imu dan skill atau keterampilan yang cukup baik agar profesi baru yang dijalankan nanti bisa mengantarkanmu pada pengembangan diri. Tapi bila Anda masih belum punya ilmu dan skill yang mumpuni dibidang profsi baru tersebut, cobalah untuk belajar dulu dan mengasah keterampilan. Setelah sudah merasa cukup baik memiliki ilmu dan keterampilan, maka Anda bisa berpindah profesi.

  1. Pilihlah Jenis Pekerjaan yang Masih Berkaitan dengan Latar Belakang Pendidikan

Bila Anda adalah lulusan dari jurusan atau background pendidikan yang punya lapangan pekerjaan yang luas, maka usahakan untuk memilih profesi baru yang masih berkaitan dengan latar pendidikan Anda tersebut. Mengapa demikian? Sebab dengan memilih profesi baru yang masih berkaitan dengan latar belakang pendidikan maka Anda lebih berpeluang untuk lebih dihargai. Selain itu dengan memilih profesi yang masih berkaitan dengan background pendidikan, maka Anda juga punya kesempatan yang lebih besar untuk mengembangkan diri hingga meraih puncak karir dan sukses. Bagaimana bila memilih profesi baru yang tidak berkaitan dengan pendidikan? Tentu hal sebaliknyalah yang harus siap Anda terima.

  1. Perluas Relasi atau Jaringan Baru di Sekitar Anda

Berikutnya, hal yang tidak boleh sekali-kali Anda lupakan saat berencana pindah profesi adalah jalinan relasi. Karena merupakan profesi baru, Anda tentu perlu memiliki relasi yang baru juga. Dengan adanya relasi baru yang ada, maka Anda akan lebih mudah nantinya untuk menjalankan profesi baru tersebut. Ini karena relasi tadi akan memberikan banyak hal bermanfaat pada Anda seperti informasi mengenai profesi baru Anda, seluk beluk pekerjaan hingga peluang dan tips untuk mengembangkan karir yang lebih baik pada profesi baru Anda. Kebutuhan akan relasi baru ini tentu akan semakin penting dan urgent bila Anda kemudian memutuskan untuk menjalankan profesi sebagai entrepreneur atau pengusaha. Sebab pengusaha atau pebisnis ini membutuhkan jaringan seluas-luasnya.

  1. Keuangan yang Sehat

Anda juga perlu menyiapkan dana atau keuangan yang cukup sehat untuk mengarungi profesi baru ini. Mengapa? Sebab bisa jadi saat Anda berpindah ke profesi baru, Anda harus menerima penghasilan yang lebih rendah dari pekerjaan sebelumnya. Nah karena penghasilan Anda menurun, maka Anda perlu menyiapkan dana yang cukup sebelum mencapai pendapatan seperti semula di tempat kerja yang lama. Bahkan urusan keuangan ini menjadi lebih krusial bila kemudian Anda mempercepat keputusan Anda untuk pindah profesi sebelum mendapatkan pekerjaan yang baru.

  1. Siap Mental Menghadapi Risiko

Terakhir, hal yang tak boleh dilupakan oleh seseorang yang berencana akan pindah profesi yaitu risiko. Setiap apapun keputusan atau kebijakan yang Anda ambil dalam kaitan karir ini memang akan muncul risiko. Apalagi bila Anda kemudian memilih berpindah ke dunia usaha, maka akan semakin besar pula risiko yang harus dihadapi. Di zona yang tak lagi nyaman, Anda memang dituntut untuk memiliki kepribadian yang lebih matang serta perjuangan yang lebih besar. Maka dari itu agar keputusan Anda untuk pindah profesi ini tidak sia-sia maka pastikan Anda memiliki mental yang baik untuk menghadapi segala risiko yang ada.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top