Tips

5 Hal yang Wajib Diperhatikan dan Dicermati Saat Akan Menjalankan Bisnis Bersama Teman

bisnis-bersama-teman

Menjalankan usaha atau berbisnis memang bisa saja kita jalankan bersama orang lain, termasuk dengan teman kita. Dengan satu kesatuan visi dan misi, berbisnis dengan teman memang bisa Anda lakukan bersama. Lamanya bergaul dengan teman memang bisa membuat Anda bisa mengenal karakter atau wataknya dengan baik. Dan dari sinilah banyak pengusaha yang merasa berbisnis dengan teman akan lebih mudah untuk menggerakkannya. Meskipun Anda merasa banyak kecocokan dengan teman yang menurut Anda mampu mengembangkan bisnis, tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan menjalankan bisnis dengan teman. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dan dicermati saat menjalankan usaha bersama teman.

  1. Kecocokan Karakter

Pertama, hal yang perlu diperhatikan ketika menjalankan bisnis bersama teman adalah kecocokan karakter. Tujuan mencari teman yang memiliki karakter sama adalah agar setiap ada permasalahan atau akan diputuskan kebijakan tertentu, Anda tak membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikannya. Dan ketika setiap permasalahan dan keputusan yang diambil bisa cepat diatasi maka bisnis bisa segera dijalankan dengan segera. Bila bisnis sudah cepat bergerak maka Anda akan selangkah-dua langkah lebih gesit untuk meraih konsumen lebih banyak. Tapi bila Anda memilih teman yang berbeda karakter maka saat ada permasalahan dalam bisnis bisa jadi akan sulit bagi Anda berdua untuk menyatukan pikiran. Agar bisnis bisa berjalan dengan baik, maka cobalah utnuk mencari teman dengan karakter pekerja keras, tekun dan kreatif seperti karakter Anda.

  1. Penentuan Bisnis

Berikutnya, hal yang wajib Anda perhatikan dengan seksama saat menjalankan bisnis bersama teman adalah penentuan bisnis. Saat ini bisnis yang beragam macamnya memang harus Anda pilih salah satu. Dengan memilih satu bisnis maka Anda dan teman akan bisa lebih fokus menjalankan bisnis dengan cepat mencapai sukses. Nah untuk menentukan dan memilih satu bisnis tentu tidak semudah yang dipikirkan. Ini karena ada teman Anda yang juga ikut menentukan bisnis. Agar bisa satu pemikiran untuk memilih bisnis yang sama, Anda harus mendiskusikan bersama teman. Dalam memilih bisnis ini pastikan juga Anda dan teman memiliki keahlian dan bakat yang sesuai. Selain itu juga cobalah untuk melihat potensi bisnis dari segi besarnya pasar. Dengan menetukan bisnis yang seperti dijelaskan tersebut maka Anda akan mampu mencapai menjalankan usaha bersama teman dengan lebih baik.

  1. Persamaan Visi dan Misi

Selain persamaan karakter, Anda dan teman Anda juga harus punya pandangan terhadap visi dan misi bisnis yang sama. Dalam bisnis, menentukan visi dan misi memang merupakan hal yang penting dilakukan. Dengan adanya visi dan misi maka Anda akan memiliki sebuah pegangan atau pedoman untuk mengarahkan bisnis. Dari sinilah menentukan visi dan misi bisnis sangat penting bagi setiap pebisnis. Nah bagi yang menjalankan usaha bersama teman, maka Anda dan teman harus sepemikiran dalam menentukan visi dan misi. Dengan satu visi dan misi yang sama maka Anda dan teman akan punya satu tujuan yang sama untuk bersama mensukseskan usaha.

  1. Pembagian Modal

Setiap bisnis pasti membutuhkan modal. Dari sinilah Anda yang akan menjalankan bisnis bersama teman harus membicaran perihal modal ini. Penentuan modal sendiri pada akhirnya akan menentukan besarnya saham perusahaan dan deviden antara teman dan Anda ke depannya. Dari sinilah maka menetapkan pembagian modal dengan tegas ini sangat penting dalam bisnis bersama teman. Bila modal yang dikeluarkan sama, tentu tidak ada permasalahan mengenai pembagian saham dan deviden, karena bisa langsung dibagi dua. Tapi bila modal diantara Anda dan teman berbeda, pembagian saham dan deviden perusahaan pun akan berbeda. Setelah menetapkan modal maka Anda harus membuat perjanjian (jika bisa di atas hitam putih dan disertai materai) yang tegas dan kuat agar tidak ada kesepakatan yang dilanggar ke depannya.

  1. Pembagian Tugas, Kewajiban dan Tanggung Jawab

Terakhir, hal yang perlu dan wajib dicermati dalam menjalankan bisnis bersama teman adalah pembagian tugas, kewajiban dan tanggung Jawab. Untuk menggerakkan usaha, Anda dan teman memang tidak bisa diam saja. Anda bersama teman harus bersama-sama berjuang dan bekerja keras untuk mengembangkan bisnis. Apalagi bila memang Anda memulainya dari nol, maka akan banyak hal yang perlu Anda dan teman kerjakan. Nah untuk bisa menjalankan bisnis dengan baik bersama teman, pembagian tugas, kewajiban dan tanggung jawab harus dijabarkan dengan jelas dan gambalang agar tidak terjadi perselisihan ke depannya.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top