Tips

5 Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan dan Wajib Dihindari Oleh Karyawan Baru

Bagi seorang karyawan baru, mungkin saat pertama kali bekerja Anda seringkali mengalami rasa gugup kerena banyak menghawatirkan banyak hal. Mulai dari menghawatirkan diri sendiri, pakaian apa yang harus Anda kenakan saat pertama kali bekerja, tidak percaya diri, apakah Anda bisa diterima oleh rekan-rekan di tempat kerja nanti dan lain sebagainya. Karena terlalu banyak hal yang dikhawatirkan, maka secara otomatis menyebabkan Anda berbuat kesalahan yang fatal. Maka dari itu, agar Anda tidak melakukan kesalahan saat pertama kali bekerja. Sebaiknya, hindari 5 kesalahan fatal yang sering dilakukan dan wajib dihindari oleh karyawan baru berikut ini.

  1. Datang Terlambat

Kesalahan pertama yang sering dilakukan oleh karyawan baru adalah datang terlambat. Saat mendapatkan pekerjaan, pasti akan ada rasa antusias dan semangat yang besar. Namun, hal tersebut malah membuat Anda menjadi kesulitan tidur di malam harinya karena memikirkan banyak hal. Efeknya, menyebabkan Anda bangun kesiangan dan terlambat datang ke tempat kerja. Padahal, sebagai karyawan baru Anda harus memberikan kesan yang baik terhadap atasan di kantor. Jika seperti ini, bisa jadi Anda akan dicap sebagai karyawan yang pemalas. Oleh sebab itu, hindarilah hal-hal yang dapat menyebabkan Anda terlambat bekerja. Dengan demikian, Anda tidak akan melakukan kesalahan fatal sebagai karyawan baru.

  1. Terlalu Percaya Diri dengan Kemampuan yang Dimiliki

Walaupun pekerjaan yang didapatkan sesuai dengan fashion, namun jangan berlebihan dan terlalu percaya diri dalam menjalankannya. Karena, sifat yang terlalu berlebihan juga belum tentu baik di mata orang lain. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari rasa terlalu percaya diri yang membuat Anda menganggap enteng setiap pekerjaan. Cobalah untuk selalu membuka diri agar Anda dapat belajar dan menerima pengalaman baru. Sehingga, jika suatu hari nanti terjadi hal-hal yang baru maka Anda pun bisa menjalankannya dengan lebih mudah.

  1. Tidak Mau Mempelajari dan Mengenal Lingkungan Baru

Selanjutnya, kesalahan fatal yang sering dilakukan oleh karyawan baru adalah tidak mempelajari dan mengenal lingkungan baru. Mempelajari lingkungan baru sangatlah penting, karena lingkungan baru tempat Anda bekerja biasanya memiliki budaya dan kebiasaan-kebiasaan tertentu. Sebaiknya, perhatikan terlebih dahulu hal-hal kecil dari kebiasaan karyawan-karyawan lainnya. Hal ini dilakukan, agar Anda bisa lebih mengenal sesama karyawan untuk bergaul dengan nyaman dan baik. Jika mempelajari lingkungan baru dilakukan, maka Anda akan berpeluang untuk lebih leluasa dalam bergaul karena sudah mengetahui sikap atau kebiasaan karyawan lain.

  1. Terlalu Pendiam, Polos dan Malu Bertanya

Sebenarnya, menjadi karyawan baru yang memiliki sifat terlalu cerewet dan banyak ngobrol tidak terlalu disukai. Sebaliknya, jika terlalu pendiam dan malu bertanya ketika menemui masalah juga bisa menjadi penyebab karyawan susah berkembang. Oleh karena itu, hindari sifat terlalu pendiam, polos dan malu bertanya. Cobalah untuk lebih aktif dalam memperkenalkan diri dan bersosialisasi dengan karyawan lain. Hal ini, tentu akan membuat Anda menjadi lebih dikenal baik dan disegani oleh karyawan lain.

  1. Sok Tahu dan Sok Dekat

Terakhir, kesalahan fatal yang sering dilakukan dan wajib dihindari oleh karyawan baru adalah sifat sok tahu dan sok dekat. Memang, setiap orang pasti memiliki sifat yang berbeda-beda. Maka dari itu, saat memasuki lingkungan baru sebaiknya bersikap sewajarnya saja. Hal ini dikarenakan, karyawan yang sok tahu terkadang terlihat menyebalkan di mata karyawan lainnya. Tidak hanya itu, memiliki sikap sok dekat juga sebaiknya harus Anda hindari. Sebab, Anda belum mengenali satu persatu karakter masing-masing karyawan. Jangan sampai, sikap sok tahu dan sok dekat menjadi petaka bagi Anda saat menjadi karyawan baru di tempat kerja.

Demikian ulasan tentang 5 kesalahan fatal yang sering dilakukan dan wajib dihindari oleh karyawan baru. Selain itu, masih banyak kesalahan lainnya yang harus Anda hindari sebagai karyawan baru. Walaupun pekerjaan di kantor tidak menyenangkan seperti yang diharapkan, namun bukan berarti Anda harus berleha-leha dan bersikap sesuka hati. Sebagai karyawan baru, tetaplah berkonsentrasi terhadap pekerjaan dan nikmati setiap proses yang akan Anda hadapi. Semoga berhasil!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: