Bisnis Online

5 Kesalahan Sepele yang Bisa Membuat Toko Online Gagal, Waspada!

bisnis-toko-online-gagal

Berbisnis secara online saat ini telah menjadi andalan banyak pihak. Dengan banyaknya kemudahan yang bisa didapatkan membuat bisnis online kemudian berkembang sangat pesat. Meski berkembang pesat, tapi karena kemudian bisnis online ini menciptakan persaingan yang sengit membuat beberapa pebisnis mengalami kegagalan. Kegagalan yang dialami oleh beberapa pebisni online ini sendiri ternyata ada yang disebabkan oleh perkara sepele. Nah, berikut ini adalah beberapa kesalahan sepele yang bisa membuat bisnis online gagal.

  1. Tidak Uptodate

Kesalahan sepele yang pertama yang dapat membuat bisnis atau toko online Anda gagal adalah tidak up-to-date. Ditengah dinamisnya pergerakan dunia online memang membuat hal-hal yang lama akan ditinggalkan. Dari sinilah kemudian toko online yang tidak up-to-date pastinya akan membuatnya akan ditinggalkan oleh para pembeli atau bahkan oleh para pelanggan. Pembaruan atau up-to-date dalam bisnis online, terutama toko online memang merupakan sesuatu yang penting. Sebab dengan pembaruan inilah toko online dianggap serius dan profesional. Beberapa hal pada toko online yang perlu Anda lakukan pembaruan atau up-to-date antara lai produk, tampilan dan juga informasi berwujud atikel dalam blog.

  1. Deskripsi Produk Tidak Lengkap dan Tidak Jelas

Dalam bisnis atau toko online yang produknya tidak bisa dilihat oleh konsumen membuat Anda perlu menghadirkan deskripsi yang lengkap dan jelas. Sebab, toko online yang menghadirkan produk dengan deskripsi yang tidak lengkap dan tidak jelas akan membuat konsumen enggan membeli. Ketika konsumen sudah enggan membeli maka toko online Anda bukan tidak mungkin akan mengalami kegagalan. Deskripsi produk di ranah online memang sangat dibutuhkan konsumen untuk bisa membayangkan setiap detailnya. Tapi sayangnya, tidak semua pebisnis online memahami hal ini dan dengan sikap malasnya tidak mau melengkapi deskripsi produk di toko online. Namun Anda yang ingin sukses menjalankan toko online, pastikan Anda selalu giat mengisi deskripsi produk dengan lengkap dan jelas agar kegagalan usaha bisa Anda hindari.

  1. Foto Produk Tidak Menarik

Selain pembaruan dan deskripsi, hal sepele lain yang bisa menciptakan kesalahan dan kegagalan toko online yaitu foto produk yang tidak menarik. Dalam bisnis atau toko online, foto memang sangat penting untuk bisa menarik konsumen melakukan pembelian. Dengan foto produk yang apik dan menarik yang Anda tampilkan akan membuat konsumen tertarik untuk membeli. Namun sayang di lapangan masih ada saja dijumpai pebisnis online yang masih memposting produk dengan foto atau gambar yang tidak baik. Selain resolusi foto yang tidak maksimal, hal yang bisa membuat foto tidak menarik yang perlu Anda waspadai yaitu sudut pengambilan gambar dan juga background gambar.

  1. Petunjuk Pembelian Tidak Jelas

Dalam bisnis online, transaksi yang berlangsung akan memiliki metode yang berbeda dengan bisnis offline. Sebab dalam bisnis online, pembayaran akan dilakukan secara jarak jauh baik itu melalui transfer atau juga melalui kredit online. Namun apapun jenis metode pembayaran yang ada dan akan Anda pilih, pastikan Anda menjelaskannya secara rinci agar pembeli tidak kebingungan. Tapi bila Anda tidak menjelaskan perkara petujuk pembelian ini dengan jelas maka bukan tidak mungkin konsumen yang awalnya berniat akan membeli akan beralih ke toko online lain karena mereka yang kebingungan saat akan melakukan pembayaran. Jika hal ini Anda biarkan terus-menerus maka bukan tidak mungkin toko online Anda akan mengalami kegagalan.

  1. Tidak Responsif

Terakhir, kesalahan sepele yang bisa membuat toko dan bisnis online mengalami kegagalan adalah tidak responsif. Apa yang rasakan sebagai konsumen bila ada toko online yang tidak menanggapi pertanyaan atau keluhan Anda? Tentu jengkel kan. Seharusnya hal ini selalu menjadi sebuah acuan dalam membentuk budaya bisnis online untuk selalu responsif terhadap komunikasi dari konsumen. Entah itu komunikasi konsumen berbentuk pertanyaan, tanggapan atau keluhan bahkan kritik, Anda sebagai pebisnis online yang ingin sukses harus menanggapi mereka. Dalam menanggapi komunikasi dari konsumen ini Anda memang bisa berpikir dulu, tapi cobalah untuk tidak membuat konsumen terlalu lama menunggu. Sebab semakin lama konsumen menunggu semakin cepat pula mereka jadi tidak respect pada bisnis online Anda.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top