Keuangan

5 Kesalahan yang Sering Terjadi dalam Pengelolaan Keuangan Keluarga, Anda Wajib Menyimaknya!

Dalam mengelola keuangan baik itu untuk keperluan bisnis, usaha, pribadi, maupun keluarga. Sebaiknya, seseorang harus cermat serta mampu memanajemen keuangan dengan baik agar dapat mencapai kenyamanan dalam segi finansialnya. Tidak hanya cermat, tetapi untuk mengelola keuangan juga dibutuhkan ketelitian dan kejelian dalam mengaturnya. Jika melihat dari beberapa kasus, ada banyak orang yang masih single namun justru seringkali mengalami kegagalan dalam mengelola keuangan pribadinya. Padahal, jika dilihat dari alokasinya sendiri terbilang cukup memungkinkan untuk memenuhi kebutuhannya. Untuk menghindari hal tersebut, maka Anda yang masih single ataupun sudah berkeluarga perlu berhati-hati dalam mengelola keuangan supaya tidak mengalami kesalahan pengelolaan keuangan. Lalu, apa saja kesalahan yang acap kali menjadi persoalan dan melanda manajemen keuangan keluarga? Simak ulasan tentang 5 kesalahan yang sering terjadi dalam pengelolaan keuangan keluarga berikut ini.

  1. Tidak Ada Anggaran Rumah Tangga

Kesalahan pertama yang sering terjadi dalam pengelolaan keuangan keluarga adalah tidak ada anggaran rumah tangga. Ketika Anda sudah berumah tangga, maka perhatian tidak hanya terfokus pada diri Anda saja. Melainkan, perhatian Anda tersebut juga akan terfokus pada anggota keluarga lainnya. Selain perhatian, ternyata tanggung jawab Anda pun terhadap masalah keuangan akan semakin bertambah. Untuk itu, Anda harus menghindari segala masalah yang dapat membuat keuangan keluarga menjadi menurun. Salah satu cara untuk menghindari kesalahan dalam pengelolaan keuangan keluarga tersebut yaitu membuat anggaran belanja rumah tangga secara periodik, misalnya anggaran untuk pendidikan anak. Anggaran untuk pendidikan anak memang sangat penting didahulukan, karena hal ini menyangkut masa depan anak-anak Anda sendiri.

  1. Pengeluaran yang Tidak Terkontrol

Selanjutnya, kesalahan yang sering terjadi dalam pengelolaan keuangan keluarga adalah pengeluaran yang tidak terkontrol. Namun jika Anda sudah memiliki anggaran yang cukup baik setiap bulannya, maka resiko terjadinya masalah dalam pengelolaan keuangan pun dapat terminimalisir. Untuk mendapati hal itu, Anda harus bisa memperhatikan pengeluaran dengan bijak dan seksama. Dengan memperhatikan pengeluaran secara bijak dan seksama, maka bisa jadi Anda akan terhindar dari sikap pemborosan yang dapat memperburuk finansial keluarga.

  1. Tidak Membuat Long Term Plan

Tidak membuat long term plan, merupakan kesalahan yang sering terjadi dalam pengelolaan keuangan keluarga. Hal ini dikarenakan, long term plan atau bisa disebut dengan rencana jangka panjang sangatlah penting untuk Anda buat pada masa awal pernikahan. Aktivitas ini memang sangat penting dilakukan, agar Anda dapat melakukan antisipasi jika suatu hari nanti terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada keuangan keluarga Anda. Untuk memulainya, bicarakan baik-baik hal ini dengan pasangan Anda serta tentukan apa saja yang akan menjadi prioritas dan tujuan utama kalian untuk menghadapi kehidupan bersama. Dengan membuat long term plan, maka keuangan Anda bersama pasangan di masa mendatang akan berjalan sesuai dengan perencanaan.

  1. Tidak Memiliki Asuransi

Jika di dalam pengelolaan keuangan keluarga Anda tidak memiliki asuransi, baik pendidikan maupun kesehatan. Maka, ini artinya Anda telah melakukan kesalahan dalam pengelolaan keuangan. Karena, asuransi merupakan salah satu investasi jangka panjang yang sangat penting dalam kehidupan keluarga. Apalagi, saat ini di Indonesia sudah ada banyak produk asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Dari sini, Anda tinggal memilih produk mana yang sekiranya cocok dan sesuai dengan keuangan keluarga Anda.

  1. Tergesa-Gesa dalam Berinvestasi

Terakhir, kesalahan yang sering terjadi dalam pengelolaan keuangan keluarga adalah tergesa-gesa dalam berinvestasi. Sebenarnya, investasi merupakan salah satu kebutuhan untuk masa depan keluarga. Pada umumnya, tahap investasi ini bisa dilakukan ketika pengelolaan keuangan keluarga Anda telah mencapai keberhasilan. Untuk itu, perlu pertimbangan yang matang dalam mengambil keputusan berinvestasi. Jika Anda tepat dalam memilih investasi, maka bukan hal yang tidak mungkin keberhasilan ada di depan mata Anda.

Itulah 5 kesalahan yang sering terjadi dalam pengelolaan keuangan keluarga. Semoga dengan adanya artikel ini, keuangan keluarga Anda dapat terkelola dengan baik dan terhindar dari segala permasalahan. Selamat mencoba!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: