Bisnis Online

5 Media Alternatif untuk Berbisnis Online Selain Website, Tidak Ada Alasan Tak Bisa Jualan!

media-untuk-bisnis-online

Setiap problem pasti akan ada solusi atau jalan keluar bagi siapa pun yang mau berusaha. Begitulah pepatah mengatakan. Begitu pula pada kegiatan bisnis online. Bila memang Anda kesulitan membuat website, maka masih ada beragam alternatif cara lain yang dapat Anda lakukan supaya tetap dapat berbisnis online. Website memang dianggap sebagai media yang mampu meningkatkan kredibilitas toko online. Tapi rumitnya pembuatan website dan besarnya biaya yang harus dikeluarkan menjadikan pebisnis, terutama yang masih merintis harus berkali-kali memikirkan untuk membuatnya. Nah Anda yang akan berniat menjalankan bisnis online dan tak sanggup untuk membuat website, maka tak perlu khawatir. Sebab ada beberapa media alternatif lain yang bisa digunakan agar Anda tetap bisa berjualan online. Setidaknya ada lima media alternatif untuk Anda gunakan sebagai perantara untuk berbisnis online.

  1. Blog

Pertama, media alternatif yang dapat Anda jadikan perantara berbisnis online adalah blog. Sekilas melihat blog memang hampir mirip dengan website. Tapi blog yang lebih simpel atau sederhana membuat Anda dapat menciptakan blog sendiri untuk bisnis online. Menariknya selain gampang dibuat, membuat blog tidak mengharuskan Anda membayar sepeser pun. Syaratnya Anda hanya harus memilih membership yang free (gratis). Memang ada beberapa keterbatasan bila Anda memilih membership free. Tapi untuk menjalankan bisnis online tidak ada masalah serius dengan membership free. Tempat pembuatan blog yang paling populer yang sering digunakan adalah blogspot dan wordpress. Anda bisa memilih salah satu yang sesuai dengan strategi konsep bisnis online yang dijalankan.

  1. Media Sosial

Media alternatif selanjutnya untuk berbisnis online adalah media sosial. Seiring dengan pertumbuhan jumlah pengguna media sosial yang semakin besar membuat Anda bisa memperoleh pasar dari platform ini. Untuk membuat media sosial sendiri Anda tak perlu pusing-pusing memikirkan biaya. Sebab pembuatan media sosial ini gratis. Anda hanya perlu mengisi beberapa data untuk kemudian mengklarifikasi alamat email yang diisikan. Setelah media sosial sudah jadi, Anda sudah bisa mengupload produk-produk untuk dipromosikan. Media sosial yang bisa Anda pilih untuk berjualan sendiri sangat banyak. Dari Facebook, Twitter, Instagram, Path dan lainnya. Pilihalah salah satu atau memilih semuanya juga tidak jadi masalah sepanjang Anda bisa mengelolanya dengan baik.

  1. Marketplace

Ingat Tokopedia, BukaLapak, Lazada, Elevenia, Blanja atau yang terbaru yakni Shopee. Nah itu adalah beberapa media (marketplace) yang bisa Anda jadikan tempat berjualan produk Anda secara online. Beberapa marketplace yang telah disebutkan memang membuka kesempatan kepada siapa pun untuk berjualan dan membuka toko online. Untuk bisa berjualan di marketplace, Anda harus melakukan pendaftaran. Isilah data-data pribadi Anda sebagai owner bisnis dan juga data mengenai usaha atau toko online yang akan dibuat. Mendaftar di marketplace ini tak akan dikenai biaya apapun. Jadi Anda tak perlu ragu untuk membuat toko online Anda di marketplace.

  1. Aplikasi Instan Messaging

Aplikasi instan messaging atau pesan instan yang juga menjadi pilihan banyak orang, bisa Anda jadikan media berjualan online. Beberapa aplikasi pesan instan yang bisa dipilih dan dijadikan media berbisnis online antara lain WhatsApp, BlackBerry Messenger, Line dan lainnya. Untuk membuat dan menggunakan instan messaging Anda hanya membutuhkan kuota internet untuk melakukan download aplikasinya di Google Play. Setelah Anda mengunduh dan menginstall aplikasinya, Anda hanya perlu memasukkan data diri dan akun pesan instan Anda sudah bisa digunakan untuk berjualan online. Apalagi kini dengan semakin banyak fitur yang disematkan pada beberapa aplikasi pesan instan membuat Anda akan semakin leluasa untuk melancarkan promosi.

  1. Email

Terakhir, alternatif media untuk Anda bisa berbisnis online adalah email marketing. Email atau surat elektronik memang bisa Anda jadikan sarana berjualan online. Meski tak seleluasa blog, media sosial atau instan messaging dalam mempromosikan produk, tapi ada satu kekuatan besar yang ada pada email untuk melakukan promosi dengan optimal. Kekuatan besar pada email ada pada kekuatan kata-katanya yang bisa membentuk sebuah sales letter yang handal. Kekuatan kata-kata yang menarik dalam sales letter untuk email marketing ini bisa Anda terapkan dengan teknik copywriting. Semakin baik Anda membuat sales letter dengan teknik copywriting maka akan membuat strategi penjualan produk Anda dengan email marketing semakin mumpuni dan sukses.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top