Peluang Usaha

5 Pekerjaan Sampingan Untuk Guru Honorer

5 Pekerjaan Sampingan Untuk Guru Honorer – Guru adalah salah satu profesi yang mulia.namun meskipun itu pekerjaan yang mulia gaji yang didapat seorang guru jauh dari kata cukup. Terutama bagi mereka yang bekerja sebagai guru honorer disekolah-sekolah negeri. Gaji mereka hanya berkisar 300 ribu bahkan ada yang hanya mendapat 100 ribu perbulan. Menyedihkan memang, tapi setidaknya para guru tersebut masih tetap bisa bersyukur. Profesi guru biasanya lebih banyak memiliki waktu luang dibanding para karyawan kantoran.

Kalau karyawan kantoran pada umumnya berangkat pagi dan pulang sore hari, bahkan bisa malam hari. Seorang guru bisa memiliki waktu luang setelah kegiatan belajar mengajar usai. Umumnya berakhir pada pukul 13.00 atau paling lama 14.00. Waktu luang inilah yang bisa dimanfaatkan untuk bekerja sampingan. Pekerjaan sampingan yang berpotensi menguntungkan, tanpa harus menggangu kegiatan mengajar disekolah. Berikut ini beberapa contoh pekerjaan sampingan yang bisa menjadi pilihan bagi anda yang berprofesi sebagai guru honorer:

  • Jualan online

Salah satu pekerjaan yang tidak menyita waktu, dan bisa dilakukan kapan saja adalah jualan online. Tentunya untuk mulai berjualan online harus sesuai dengan minat anda. Agar dalam menjalankannya anda selalu bersemangat. Jualan online ini tentunya sangat menguntungkan. Anda juga tidak memerlukan modal yang besar untuk pekerjaan ini. Hal ini karena anda bisa mengambil barang dengan sistem dropship. Hanya dengan smartphone dan koneksi internet anda sudah bisa memulai pekerjaan ini. Contoh barang yang bisa anda jual seperti tas, sepatu, aksesoris dan masih banyak lagi.

  • Kerja dibidang jasa pengetikan

Kebutuhan pengetikan saat ini masih cukup banyak, karena masih banyak masyarakat yang belum memiliki komputer dirumah. Selain itu kesibukan yang dimiliki banyak orang membuat pekerjaan yang satu ini cukup menjanjikan. Terutama jika anda tinggal didaerah sekitar sekolah, kampus dan instansi pemerintah. Peluang kerja ini bisa anda manfaatkan untuk menambah penghasilan. Terutama bagi seorang guru bahasa inggris. Tarif jasa pengetikan dalam bahasa inggris lebih mahal daripada bahasa indonesia. Hal ini karena tidak semua orang bisa berbahasa inggris. Anda bisa memulai pekerjaan ini sepulang anda mengajar dari sekolah.

  • Menjadi penulis

Ada banyak waktu luang yang tersisa disela kesibukan mengajar sebagai guru honorer. Waktu luang tersebut bisa anda manfaatkan untuk membuat berbagai karya tulis. Seperti menulis cerpen, puisi,opini ,menulis novel atau buku yang bagus. Kemudian mengirimnya keberbagai media massa, dan jika tulisan anda dimuat dimedia tersebut maka akan mendapatkan uang. Selain itu anda juga bisa bekerja sebagai penulis artikel atau content writter bagi para blogger. Sekarang ini banyak para blogger yang membutuhkan penulis artikel. Mungkin karena mereka tidak bisa membuat artikel yang bagus. Bisa juga tidak sempat membuat artikel karena kesibukannya. Nah makanya mereka memanfaatkan jasa penulis artikel untuk mengupdate blog mereka. Pekerjaan sampingan ini cukup menjanjikan. Apalagi jika anda memiliki kemampuan bahasa inggris. Kemampuan bahasa inggris anda akan menjadi nilai tersendiri. Biasanya artikel bahasa inggris lebih mahal. Jasa penulisan artikel ini bisa menjadi pekerjaan sampingan yang menjanjikan bagi para guru honorer ,yang memiliki kemampuan menulis yang baik dan berkualitas. Hal ini tentunya bisa anda manfaatkan untuk menambah penghasilan juga.

  • Menjadi guru les privat

Menjadi guru les privat bisa menjadi salah satu pekerjaan sampingan.Kegiatan belajar-mengajar sudah tidak asing lagi bagi seorang guru. Karena itu kerja sampingan sebagai guru les privat bisa menjadi pilihan yang tepat bagi guru honorer yang pendapatannya kecil. Dalam menjalankan pekerjaan ini anda bisa mengajar lebih dari satu mata pelajaran jika anda menguasai lebih dari satu mata pelajaran. Misalnya bahasa Indonesia, matematika dan lain sebagainya. Pekerjaan ini bisa anda lakukan dirumah dengan memanfaatkan halam depan atau ruang tamu. Terlebih kalau rumah anda cukup luas ini tentunya sangat cocok untuk dijadikan tempat mengajar privat yang nyaman. Pekerjaan smapingan ini tentu tidak akan menggangu kegiatan mengajar disekolah. Sebab biasanya dilakukan pada sore atau malam hari selama 1 atau 2 jam.

  • Menjadi blogger profesional

Diera moderisasi ini Mungkin anda pernah mendengar istilah tentang bisnis online atau blogger?yes blogger adalah orang yang memiliki website atau blog. Keuntungan menjadi blogger didapat ketika ada orang yang memasang iklan pada blog tersebut. Maka anda sebagai pemilik blog tersebut akan mendapat bayaran. Menjadi seorang blogger memang menyenangkan. Selain bisa berbagi informasi dengan banyak orang anda juga bisa mendapatkan uang. Anda yang berprofesi sebagai guru honorer bisa menjadikan ini sebagai pekerjaan sampingan. Dengan belajar secara bertahap anda bisa menjadi blogger yang sukses.

Itulah lima pekerjaan sampingan yang bisa menjadi pilihan bagi anda para guru honorer. Tanpa mengangu kegiatan mengajar anda disekolah. Bagaimana apakah anda masih tetap ingin bertahan dengan gaji yang kecil?jika tidak anda bisa melakukan pekerjaan sampingan yang bisa membantu anda menambah penghasilan anda. Semoga informasi  ini bisa membantu para guru honorer untuk menemukan pekerjaan sampingan yang cocok.

 

 

 

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: