Lainnya

5 Pelajaran Penting yang Bisa Didapat Dari Indra Nooyi yang Menjabat CEO Pepsi Selama 12 Tahun

indra-nooyi

Menjadi CEO (Chief Executive Officer) sebuah perusahaan tentu bukanlah pekerjaan yang mudah. Apalagi bila perusahaan yang dipimpin adalah sebuah perusahaan besar seperti Pepsi. Pasalnya akan ada banyak rintangan dan tantangan besar yang menghadang ketika menjadi seorang CEO. Namun bagi Indra Nooyi, menjadi CEO di perusahaan sebesar Pepsi adalah sebuah passion yang begitu menggairahkan. Dengan semua apa yang telah dipersembahkannya, Nooyi terus dipercaya sebagai CEO Pepsi selama 12 tahun lamanya. Perempuan kelahiran India ini memang terbilang hebat dalam mengembangkan Pepsi hingga menjadikannya sebagai perusahaan makanan dan minuman paling sukses di seluruh dunia. Nah, berikut ini adalah beberapa pelajaran penting yang bisa kita ambil dari kesuksesan Indra Nooyi ketika menjadi CEO Pepsi.

  1. Membayangkan Jadi Seorang Presiden

Pelajaran pertama yang bisa diambil dari Indra Nooyi saat menjabat CEO Pepsi adalah membayangkan dirinya menjadi pemimpin atau presiden. Sejak kecil Nooyi oleh ibunya memang sudah dididik untuk menjadi seorang pemimpin besar. Oleh ibunya, Nooyi diberikan kebebasan untuk membayangkan dirinya menjadi seorang pemimpin. Nooyi pun langsung tergerak untuk membayangkan menjadi presiden India. Dari modal inilah kepercayaan Nooyi meningkat drastis. Meski saat dewasa ada yang meragukan kemampuan dirinya, namun toh pada akhirnya Nooyi sukses untuk membuktikan dirinya sebagai pemimpin perusahaan sebesar Pepsi.

  1. Kembangkan Keterampilan Unik

Keahlian atau skill atau keterampilan memang menjadi sesuatu yang penting di zaman sekarang ini. Semakin ahli Anda pada bidang tertentu maka peluang suskes akan semakin terbuka lebar. Prinsip inilah yang juga diterapkan oleh Indra Nooyi dalam hidupnya. Dirinya selalu mengasah keahliannya hingga mencapai level tertinggi. Level tertinggi bagi Nooyi sendiri artinya adalah bahwa tidak ada lagi orang lain yang bisa diandalkan selain dirinya saat ada masalah. Selain selalu mengasah skill, Indra Nooyi juga memiliki prinsip menyederhanakan masalah yang kompleks. Menurutnya, beban kerja seorang CEO yang berat memang menuntut dirinya untuk berpikir yang sederhana agar masalah mudah dipahami dan diselesaikan.

  1. Berpikirlah Sebagai Pelanggan

Meski telah menjadi seorang pemimpin atau CEO, Indra Nooyi tak ragu untuk turun langsung ke lapangan untuk mengecek keberadaan produk Pepsi. Dalam kunjungan ke beberapa toko, Nooyi melihat bagaimana kemasan, penempatan dan juga bagaimana penjualan Pepsi. Dari blusukan dan sidak yang dilakukannya ini kemudian Nooyi akan mengirimkan kritik pada bagian atau divisi yang dianggap bermasalah. Apa yang dilakukan Nooyi ini sendiri merupakan bagian dari cara berpikir sebagai pelanggan. Dan cara berpikir inilah yang ternyata membuat dirinya terus dipercaya menjadi CEO Pepsi selama 12 tahun.

  1. Rasa Syukur

Pertama kali Nooyi mendapatkan dipromosikan sebagai CEO, dirinya langsung datang ke rumah ibunya untuk mengucapkan terima kasih dan berucap syukur. Tidak lupa juga Nooyi mengucapkan rasa terima kasihnya pada orang tua eksekutif seniornya dengan cara menulis surat. Menurutnya, ucapan terima kasih dan rasa syukur ini dilakukan karena pancapaiannya saat menjadi CEO adalah ada peran dari orang-orang tersebut. Tanpa ada peran orang-orang tersebut, Nooyi menganggap dirinya mustahil dapat mencapai posisi sebagai CEO Pepsi.

  1. Menjadi Kuat

Terakhir, pelajaran yang bisa kita ambil dari seorang Indra Nooyi yang sukes menjadi CEO Pepsi selama 12 tahun adalah kebiasaannya untuk selalu menjadi kuat. Untuk menjadi CEO memang dibutuhkan banyak kekuatan. Selain kekuatan pada keahlian, sebagai CEO, Nooyi juga harus bisa kuat dalam kepercayaan diri dan optimisme. Dengan kekuatan-kekuatan inilah Nooyi mampu mengembangkan dan mengeksekusi ide menjadi lebih baik guna menumbuhkan perusahaan. Salah satu ide dan gagasan besar Nooyi untuk Pepsi adalah mengembangkan makanan yang lebih sehat. Meski pada awalnya ditentang, toh ide makanan sehat dari Nooyi membuat pendapatan perusahaan naik.

Itulah beberapa pelajaran penting yang bisa diambil dari seorang Indra Nooyi, seorang CEO Pepsi yang menjabat selama 12 tahun. Kini dirinya memang telah memutuskan untuk mundur dari jabatanya. Tapi meski telah memutuskan untuk mengundurkan diri, rekam jejak Indra Nooyi akan tetap terkenang sepanjang masa.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top