Peluang Usaha

5 Peluang Bisnis menguntungkan Pada Musim Hujan

Negara Indonesia yang memiliki dua periode musim yaitu musim kemarau dan penghujan tentu akan menciptakan kondisi tertentu pada masanya. Salah satu keadaan atau kondisi yang dipengaruhi oleh dua musim ini adalah kebutuhan akan sesuatu hal. Misalnya pada saat musim kemarau orang cenderung membutuhkan asuan minuman segar untuk bisa menghilangkan rasa dahaga. Begitu pula ketika musim penghujan, maka kebutuhan akan payung, baju hangat dan lainnya akan muncul.

Nah dari beberapa fenomena kebutuhan manusia yang berbeda pada masing-masing musim ini tentu kemudian muncul peluang usaha. Meskipun tergolong bisnis musiman, tapi dengan strategi yang cermat maka Anda bisa saja mendapatkan keuntungan yang besar saat menjalankan bisnis tersebut. Nah karena sekarang sedang musim penghujan maka peluang usaha yang akan dibahas adalah bisnis yang potensial di periode itu. Berikut beberapa daftar peluang usaha menguntungkan pada musim penghujan yang bisa Anda jalankan.

  1. Jasa Cuci Kendaraan

Peluang usaha atau bisnis pertama yang bisa Anda jalankan pada musim hujan adalah jasa cuci kendaraan. Peluang jasa ini memang akan sangat dibutuhkan ketika musim penghujan tiba. Ini dikarenakan mobil atau motor yang dikendarai siapa saja akan cepat kotor karena turunnya hujan. Nah kendaraan yang kotor tentu akan sangat mengganggu pemandangan. Dan bila dibiarkan kotoran yang menempel pada kendaraan juga akan bisa merusak cat. Karena itulah mobil atau motor ini perlu dibersihkan. Mungkin satu dua kali pemilik kendaraan bisa saja membersihkannya sendiri. Tapi bila musim hujan tiba dan kendaraan sering kotor maka mereka pasti mencari tempat jasa cuci kendaraan. Di sinilah letak potensi dan peluang besar meraup untung dari jasa cuci kendaraan itu muncul.

  1. Pakaian Hangat dan Aksesorisnya

Meskipun bukan termasuk negara yang berada di iklim subtropis, namun keberadaan musim penghujan di Indonesia cukup membuat badan menggigil kedinginan. Maka dari itu pada saat musim hujan ini tiba kita cenderung membutuhkan pakaian yang tebal atau pakaian hangat untuk meminimalisir suhu yang dingin. Kebutuhan orang pada pakaian hangat ini tentu bisa Anda manfaatkan untuk bisa mendapatkan keuntungan dengan menjual pakaian tersebut. Pakaian hangat yang bisa Anda jual di sini bisa berwujud seperti jaket, sweater, syal hingga selimut. Bila memiliki passion dibidang fashion, Anda bisa mengkreasikan produk-produk tadi menjadi sesuatu yang lebih menarik agar makin laris.

  1. Perlengkapan Diri dan Kendaraan

Pada saat musim hujan Anda tentu akan membutuhkan beberapa alat atau perlengkapan untuk bisa melindungi diri dan juga membersihkan bagian kendaraan. Beberapa perlengkapan diri dan kendaraan yang sering dibutuhkan seseorang ketika musim hujan tiba yaitu payung, kanebo, jas hujan, karet wiper, busi dan yang lainnya. Ketika musim hujan tiba kebutuhan akan barang-barang tadi memang akan meningkat. Nah Anda yang ingin mendapatkan keuntungan yang besar saat musim penghujan bisa berbisnis barang-barang tadi.

  1. Kuliner Hangat

Anda yang hobi kuliner dan masak-memasak bisa menjadikan keahlian tersebut untuk mendapatkan uang banyak pada musim hujan. Caranya adalah dengan membuat kuliner hangat yang pastinya banyak dibutuhkan orang. Saat hujan yang terus menerus berlangsung pastinya tubuh akan merasa kedinginan. Nah disinilah Anda dengan kemampuan memasak bisa menjual aneka kuliner hangat seperti soto, bakso, sekoteng, bajigur, STMJ (Susu, Telor, Madu, Jahe) dan lainnya. Memang kuliner-kuliner hangat seperti inilah yang kemudian banyak dicari orang untuk dibeli dan dinikmati.

  1. Jasa Antar Jemput dan Delivery

Terakhir, peluang bisnis menguntungkan yang bisa Anda jalankan pada saat musim penghujan yaitu jasa delivery dan antar jemput. Ketika musim hujan biasanya banyak orang yang kesulitan keluar rumah untuk keperluan di luar rumah. Meski mereka punya mobil tapi mereka bisa jadi malas untuk mengeluarkan mobil karena takut kotor. Nah dari sinilah Anda bisa mengambil peluang kebutuhan orang yang merasa malas keluar rumah itu dengan membuka jasa antar jemput dan delivery. Namun untuk menjalankan bisnis ini setidaknya diperlukan dana yang terbilang besar untuk modal membeli kendaraan. Tapi untuk memulainya mungkin Anda bisa menjalankan usaha ini hanya dengan satu armada dulu. Baru nanti setelah mulai menguntungkan maka Anda bisa membeli armada baru untuk kebutuhan pengembangan usaha.

1 Comment

1 Comment

  1. myin4link

    March 29, 2017 at 10:43 am

    Keren gan
    Jangan lupa incomenya sebagian disisihkan utk tabungan hari tua dan pensiun ya gan

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: