Keuangan

5 Pengeluaran yang Perlu Anda Siapkan Saat Mudik

persiapan-mudik

Mudik atau pulang ke kampung halaman saat lebaran merupakan agenda yang selalu dilakukan masyarakat Indonesia. Dengan tidak meratanya persebaran penduduk yang lebih memusat di kota memang membuat kegiatan mudik ini selalu muncul setiap tahunnya di Indonesia jelang lebaran. Dengan tujuan untuk berlebaran serta bersilaturahmi dengan sanak saudara di kampung halaman, mudik menjadi kegiatan yang selalu diusahakan setiap orang. Saat melakukan mudik sendiri tentu ada pengeluaran yang harus disiapkan. Dan pengeluaran untuk mudik ini tidaklah murah. Apalagi bila seseorang melakukan kegiatan mudik dengan mendadak tanpa mempersiapkannya jauh-jauh hari, maka pengeluaran mudik pun akan semakin besar. Nah berikut ini adalah beberapa pengeluaran yang perlu Anda siapkan ketika akan mudik.

  1. Pengeluaran untuk Tiket

Pertama, pengeluaran untuk mudik yang perlu disiapkan adalah pengeluaran untuk tiket. Bila Anda melakukan mudik dengan transportasi umum maka memang Anda harus mempersiapkan tiket. Pembelian tiket untuk mudik sendiri tak boleh Anda remehkan. Pasalnya saat jelang lebaran tak jarang tiket-tiket transportasi umum ini mengalami kenaikan yang signifikan. Untuk solusi agar Anda bisa mendapatkan tiket mudik yang murah adalah memesan dan membelinya jauh-jauh hari. Dengan membeli tiket mudik jauh-jauh hari maka akan ada harga normal yang bisa Anda dapatkan. Tapi bila Anda membelinya jelang hari-H lebaran maka Anda harus bersiap merogoh kocek yang dalam karena harganya yang mahal.

  1. Pengeluaran untuk Jajan

Ketika melakukan mudik dengan jarak yang jauh menuju kampung halaman maka kebutuhan jajan akan menjadi sesuatu yang mengiringinya. Dengan jarak yang jauh memang dibutuhkan tenaga untuk bisa tetap fit dalam perjalanan. Supaya badan bisa tetap fit dalam perjalanan mudik inilah maka dibutuhkan asupan makanan. Karena di jalan ini dibutuhkan banyak kepraktisan dalam hal apapun temasuk makan maka jajan menjadi opsi yang selalu diplih para pemudik. Tidak hanya untuk membuat tubuh tetap fit, tapi jajan seringkali dibawa saat mudik untuk mengisi kegiatan yang membosankan di dalam perjalanan dengan transportasi umum. Dari dari adanya kebutuhan untuk jajan inilah maka Anda yang akan melakukan mudik harus bisa mempersiapkannya dengan baik.

  1. Pengeluaran untuk Pijat

Berikutnya, pengeluaran yang perlu Anda siapkan untuk mudik yaitu pengeluaran untuk pijat. Dengan tenaga yang menurun saat melakukan perjalanan jarak jauh untuk mudik ke kampung halaman wajar bila kemudian muncul rasa capek dan pegal. Jika badan sudah capek dan pegal inilah maka pijat akan menjadi sebuah pilihan yang sering diambil. Dengan melakukan pijat maka segala capek dan pegal ini pastinya akan bisa hilang dan sirna. Pijat memang menjadi kebutuhan bagi para pemudik. Bahkan begitu besarnya kebutuhan pijat inilah membuat banyak pihak yang menawarkan pijat ini di titik-titik rest area. Dengan melakukan kegiatan pijat di titik rest area inilah maka seseorang pun akan bisa menjadi lebih fit kembali untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke kampung halaman.

  1. Pengeluaran untuk Bahan Bakar

Bagi yang melakukan perjalanan mudik dengan kendaraan pribadi, Anda memang tidak perlu menyiapkan pengeluaran untuk tiket. Tapi jangan lupakan bahwa Anda harus mempersiapkan kebutuhan untuk bahan bakar. Kendaraan pribadi memang membutuhkan bahan bakar untuk melakukan perjalanan menuju ke kampung halaman. Tanpa bahan bakar maka Anda tidak akan bisa melakukan perjalanan tersebut. Dengan jaraknya yang terbilang jauh maka pengeluaran untuk bahan bakar ini tidak bisa diremehkan begitu saja. Sebab, bahan bakar yang dibutuhkan untuk perjalanan jauh ke kampung halaman dalam rangka mudik ini terbilang banyak dan besar.

  1. Pengeluaran untuk Uang THR di Kampung

Terakhir, pengeluaran untuk mudik ke kampung halaman yang perlu Anda siapkan adalah pengeluaran untuk THR (Tunjangan Hari Raya). Di kampung halaman, Anda memang sudah ditunggu oleh keluarga dan sanak saudara. Terutama bagi anak-anak kecil yang merupakan saudara Anda pastinya berharap Anda akan memberikan uang THR. Nah dari sinilah maka uang THR menjadi kebutuhan dan pengeluaran tersendiri yang harus dipikirkan. Sebab bila sanak saudara yang akan Anda bagi THR ini jumlahnya banyak tentu Anda juga perlu menyiapkan alokasi pengeluaran ini dengan baik.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top