StartUp dan UKM

5 Software Akuntansi Ini Dibagikan Gratis, Anda Sudah Coba ?

5 Software Akuntansi Ini Dibagikan Gratis, Anda Sudah Coba ? – Perkembangan teknologi sekarang ini sudah semakin canggih. Banyak hal diciptakan dengan tujuan untuk mempermudah kehidupan. Mulai dari adanya komputer yang bisa dimiliki secara personal dengan berbagai jenis softwarenya, jaringan internet dengan berbagai jenis situs beserta layanannya, hingga smartphone dengan berbagai aplikasinya untuk memudahkan pekerjaan manusia, menyediakan informasi,  hingga menyediakan hiburan.

Ada banyak program komputer yang membantu berbagai pekerjaan manusia, salah satunya dalam bidang akuntansi. Berbagai macam software akuntansi, mulai dari yang sederhana hingga yang memiliki fungsi perhitungan akuntansi yang komplek tersedia, untuk  digunakan dalam membantu perhitungan keuangan. Sayangnya software akuntansi ini tidak semuanya gratis. Ada beberapa software yang harganya bahkan sangat mahal. Nah bagi anda yang memiliki modal pas-passan tentu hal ini sangat menyusahakan. Namun tahukah anda Jika ada beberapa software yang disediakan secara gratis atau mungkin anda sudah pernah mencobanya?. Jika anda sedang mencari software akuntansi yang tepat untuk membantu melakukan perhitungan keuangan anda, berikut akan dijelaskan beberapa macam software akuntansi yang bisa anda gunakan secara gratis seperti:

  1. Microsoft Office Accounting Express (MOAE)

Software akuntansi gratis yang pertama adalah Microsoft Office Accounting Express atau MOAE. MOAE sebenarnya merupakan program promosi dari MOAP (Microsoft Office Accounting Professional), sehingga anda bisa mendapatkannnya secara gratis. Namun meskipun hanya sebuah program promosi gratis, MOAE cukup dapat diandalkan. Tampilan antarmuka MOAE cukup detail dan sederhana, yang membuatnya mudah digunakan. Untuk membuat laporan keuangan anda bisa langsung menginput data transaksi dari nota, faktur, dkk tanpa perlu terlebih dahulu membuat jurnalnya. Sangat mudah, bahkan jika anda tidak mengerti akuntansi, dengan bantuan MOAE anda bisa membuat laporan keuangan dengan sangat baik.

Selain laporan keuangan, MOAE juga secara otomatis aan menampilkan laporan lain yang akan anda perlukan untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan. Kekurangan MOAE ada pada fitur perpajakannya yang tidak memfasilitasi peraturan perpajakan di Indonesia. Overall, MOAE sangat recommended untuk anda yang membutuhkan software akuntansi namun tidak memiliki budget, karena software ini bisa anda gunakan secara Cuma-Cuma

  1. Apache Ofbiz

Open for business(OFBiz) adalah aplikasi perusahaan yang dibangun dengan mengunakan data, logika dan komponen proses yang pada umumnya digunakan. Software ini sangat flexible, apalagi ditambah dengan aplikasi yang dapat disesuaikan, sehingga membuat setiap komponennya mudah dipahami. Apace OFBiz menawarkan sejumlah besar fungsional termasuk akuntansi (perjanjian,Invoice, vendor management,general Ledger), pemeliharaan asset, catalog dan managemen produk, fasilitas dan management gudang, manufaktur, order processing, inventory management, saham dll pengisian ulang otomatis. Bahkan tersedia juga sistem management konten (CMS), sumber daya manusia (SDM), managemen proyek, sales force automation, kerja management usaha, electronic point of sale (EPOS), Electronic commerce (eCommerce). Dengan semua fasilitas yang disediakan software ini tentu akan sangat membantu anda dalam melakukan pembukuan, ditambah lagi anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mendapatkan software ini.

  1. Gnucash

Gnucash adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk keuangan pribadi dan software akuntansi keuangan untuk usaha berskala kecil. Software ini gratis dengan lisensi dibawah GNU GPL, Solaris, Mac OS X dan Microsoft windows. Gnucash dirancang untuk memudahkan saat digunakan, namun tetap  kuat dan fleksibel. Gnucash memungkinkan anda untuk melacak rekening bank, saham, pendapatan dan beban. Software ini cepat dan intuitif apalagi untuk digunakan seperti Checkbook register. Didasarkan pada prisip-prinsip akuntansi profesional untuk memastikan neraca seimbang dan membuat laporan yang akurat.

  1. NCH Express Invoice

Software akuntansi yang satu ini bisa anda dapatkan secara gratis bahkan, setelah instalasi anda dapat membuat kutipan atau faktur segera. Cukup dengan memasukan nama pelanggan, rincian produk dan sebagainya menciptakan catatan-catatan untuk anda, dan anda data mencetak, email atau fax hasil dari dalam faktur express. Ini mudah untuk menjadwalkan faktur berulang. Anda dapat melacak pembayaran saat itu tiba dan laporan tetap up to date dengan faktur yang beredar, penjualan barang dan banyak lagi. Jika anda hanya perlu faktur kemudian memeriksa faktur express pertama

  1. Xtuple postbooks

Postbook adalah alat lain open source dengan semua fitur akuntansi yang biasa seperti buku besar, hutang piutang, faktur, rekonsiliasi bank dan banyak lagi. Semuanya dapat dikases melalui antarmuka dengan penyajian yang cukup baik. Softare akuntansi ini juga mencakup modul sama-sama mampu seperti produk, persediaan, pembelian, CRM industri dan penjualan. Misalnya sementara penulis Open RPT terintegrasi laporan membantu anda membuat laporan yang anda butuhkan.

 

 

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: