Keuangan

5 Strategi Finansial untuk Memperkaya Diri yang Bisa Anda Terapkan dalam Kehidupan Sehari-Hari

Mencapai kesuksesan tidaklah semudah yang dibayangkan, namun dibutuhkan tekad yang kuat dan kerja keras untuk menaklukkannya. Selain dituntut bekerja lebih keras dari orang-orang kebanyakan, dibutuhkan juga strategi terhadap pengelolaan keuangan agar selalu tumbuh dan tidak pernah ludes secepat kilat. Akan tetapi, kesuksesan finansial tersebut tidaklah harus dilakukan dengan cara yang rumit. Nah, dalam artikel ini saya mencoba untuk menguraikan 5 strategi finansial sederhana untuk memperkaya diri yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Yuk simak ulasannya berikut ini.

  1. Jangan Terseret dalam Jebakan Besar Pasak daripada Tiang

Sukses tidaklah dilihat dari gaya hidup seseorang yang high class. Hal yang mencerminkan kesuksesan bukan dilihat dari merk tas atau gadget terbaru, bukan juga dilihat dari seberapa sering Anda makan di restoran atau nongkrong di tempat-tempat berkelas. Apalagi, jika ternyata pemasukan Anda dalam sebulan seringkali kekurangan untuk membiayai gaya hidup Anda tersebut. Sebaliknya, orang sukses justru tahu betapa pentingnya menghemat uang. Mereka tidak mudah gatal untuk membeli barang-barang yang tidak begitu dibutuhkan. Bagi mereka, hal yang lebih penting dari bergelimang harta agar telihat wah adalah modal untuk menjalankan usaha dan rekening yang selalu cukup untuk membiayai keperluan hidup mereka setiap hari.

  1. Jangan Habiskan Uang Hanya untuk Memuaskan Keinginan Sesaat

Semua orang pasti ingin menjadi kaya agar segala keinginannya bisa terpenuhi. Jika Anda selalu tergiur untuk menghabiskan uang hanya untuk memuaskan keinginan sesaat, tentu saja tidak akan sempat mencicipi arti uang sesungguhnya. Oleh karena itu, agar keuangan Anda tetap stabil bahkan terus meningkat sebaiknya atur dan kelola keuangan dengan sebaik mungkin. Para ahli menyarankan untuk membagi gaji bulanan Anda, yaitu 50% untuk membiayai hal-hal esensial seperti makanan atau merawat kamar kost, 20% untuk membayar tagihan bulanan dan menabung, serta 30% untuk bersenang-senang dan mengembangkan diri.

  1. Jangan Pernah Tergiur untuk Berutang

Jika pemasukan Anda memang lebih kecil daripada pengeluaran dan banyak sekali kebutuhan yang harus dilengkapi, maka jangan pernah sekalipun Anda cepat mengambil keputusan untuk berutang kepada orang lain apalagi bank. Ingat, selalu ada lebih dari satu cara untuk membereskan masalah keuangan. Namun jika memang tidak ada solusi lagi, berutang bisa menjadi opsi terakhir yang bisa Anda pilih saat Anda dalam keadaan kepepet. Sebisa mungkin jangan mudah berutang, karena mudah berutang bisa menjadi suatu kebiasaan yang buruk bagi kehidupan Anda nantinya. Oleh sebab itu, bebaskan diri Anda dari yang namanya utang. Lagipula, utang tidak akan pernah mengantarkan Anda menjadi orang kaya kok.

  1. Menabunglah Sejak Dini

Banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat memutuskan untuk menabung di usia muda. Apalagi, menabung merupakan salah satu investasi termudah yang bisa Anda lakukan setiap hari. Bahkan menabung dikategorikan sebagai kewajiban yang harus dilakukan, karena tabungan menjadi harta yang bisa menjamin kehidupan Anda di masa depan. Kenapa harus dilakukan sejak masa muda? Sebab, waktu muda adalah masa-masa yang terbilang memiliki banyak tenaga dan itulah masa yang paling tepat untuk memupuk uang. Sementara jika dilakukan pada masa tua, Anda tidak akan punya cukup tenaga untuk produktif menghasilkan uang lagi. Jadi, jangan sampai menyesal di masa tua nanti yah.

  1. Miliki Dua Jenis Pekerjaan yang Berbeda

Terakhir, cara untuk memperkaya diri yang bisa Anda terapkan adalah memiliki dua jenis pekerjaan yang berbeda. Jangan pernah merasa cukup dan yakin untuk menggantungkan penghasilan ke satu pekerjaan saja. Cari pekerjaan lain atau sampingan yang berbeda dan lebih ringan serta bisa dilakukan di sela-sela pekerjaan utama Anda. Bedakanlah jenis pekerjaan utama dengan sampingan Anda, agar tidak terlalu jenuh dan tidak tercampur aduk. Nah, selain untuk menambah pundi-pundi uang di dompet. Anda juga bisa menyibukan diri dengan dua pekerjaan yang membuat Anda tidak mempunyai waktu untuk menghambur-hamburkan uang. Yang pasti keuangan Anda jadi doubel dan Anda pun melakukan penghematan.

Cara untuk menempuh kesuksesan dan memperkaya diri itu mungkin dirasa rumit, tidak ada yang mudah dan instan. Namun jika dibekali dengan niat dan usaha yang ekstra untuk mewujudkannya, Anda pasti bisa mendapatkannya. Semoga berhasil!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top