Lainnya

5 Syarat dan Kriteria untuk Menjadi CEO Perusahaan, Anda Sudah Punya?

syarat-jadi-CEO

Dalam dunia karir, kita ketahui ada sebuah posisi teratas dalam sebuah perusahaan bernama CEO atau Chief Executive Officer. CEO yang bekerja menggerakkan perusahaan ini memang sangat menarik untuk diincar posisinya. Ini karena dengan jabatan CEO, seseorang bisa memiliki kekuasaan dan juga saham perusahaan yang besar. Tapi untuk bisa menduduki posisi CEO ini memang tidak mudah. Pasalnya, banyak kompetensi dan skill yang harus dimiliki seorang yang ingin menjadi CEO. Dengan semangat dan kerja keras serta prestasi yang terus Anda ukir, bukan tidak mungkin Anda akan dilirik oleh manajemen atau founder perusahaan untuk kemudian ditunjuk menjadi CEO. Nah bagi Anda yang memang ingin menjadi CEO, maka ada beberapa syarat dan kriteria yang harus Anda miliki. Berikut beberapa syarat untuk menjadi CEO tersebut selain harus mempunyai jiwa leadership yang baik.

  1. Anda Harus Berpengetahuan Luas

Syarat  dan kriteria pertama untuk bisa menjadi CEO sebuah perusahaan adalah berpengetahuan luas. Untuk memimpin sebuah perusahaan memang dibutuhkan sebuah wawasan dan pengetahuan yang luas. Tidak hanya memiliki wawasan soal bagaimana manajemen, finansial dan juga marketing. Tapi seorang CEO juga harus mempunyai pengetahuan tentang bagaimana proses membuat produk yang dilakukan oleh karyawan. Dengan semua wawasan inilah maka seorang CEO akan bisa memipin perusahaan dengan baik. Untuk memiliki beberapa wawasan tersebut, Anda harus memiliki sifat dan karakter tidak pernah lelah untuk belajar dan menggali ilmu. Jadi jika Anda saat ini masih menjadi staff atau karyawan, maka jika ingin suatu saat menjadi CEO, Anda harus terus mau belajar dan tak pernah berhenti belajar agar bisa memiliki pengetahuan yang banyak.

  1. Mampu Mengenali dan Sadar Diri

Pengenalan terhadap diri memang sangat penting untuk dilakukan setiap orang, terutama yang ingin menjadi CEO. Mengenali diri ini adalah bagaimana Anda memahami apa-apa kelebihan dan kekurangan Anda. Ketika Anda bisa mengenali diri Anda sendiri maka Anda akan bisa sadar tentang apa yang harus Anda kejar untuk memaksimalkan bakat dan potensi diri. Nah dari sinilah maka orang-orang, termasuk calon CEO yang mau mengenal dan sadar diri akan mampu meraih kesuksesan dan apapun yang diimpikan. Maka dari itu Anda yang ingin menjadi CEO perlu berlatih dari sekarang untuk mampu mengenali diri sendiri.

  1. Memiliki Kecerdasan Emosi yang Baik

Berikutnya, syarat dan kriteria menjadi seorang CEO perusahaan adalah memiliki kecerdasan emosi yang baik. Selain kecerdasan intelektual, seorang CEO memang dituntut untuk memiliki kecerdasan emosi yang tinggi. Kecerdasan emosi ini sendiri diperlukan karena saat mengelola perusahaan, seorang CEO akan berhadapan dengan beberapa orang dan juga termasuk bawahannya. Nah dengan kecerdasan emosi yang dimiliki maka seorang CEO akan mampu memimpin bawahannya dengan baik. Jadi dari sini Anda yang ingin menjadi CEO mulailah melatih emosi terhadap orang lain.

  1. Melek Teknologi

Teknologi yang terus berkembang dan bertumbuh membuat siapa pun yang tak mau mengikutinya akan terlindas oleh zaman. Nah Anda yang ingin menjadi CEO perusahaan pastinya akan dituntut untuk terus mengikuti perkembangan teknologi. Meski Anda bukanlah lulusan dari pendidikan informatika, Anda tetap harus meng-upadate diri untuk memahami dan melek teknologi. Sebab, jika seorang CEO telah melek teknologi serta mampu menerapkan era teknologi perusahannnya, maka hal ini membuat bisnisnya cepat bergerak ke arah yang lebih baik lagi. Nah, jadi Anda yang ingin menjadi CEO, sejak sekarang harus mulai belajar beberapa teknologi yang belum dipahami dan dikuasai.

  1. Punya Intuisi dan Insting yang Baik

Terakhir, syarat dan kriteria yang harus dimiliki untuk Anda yang ingin menjadi CEO adalah memiliki intuisi dan insting yang baik. Dalam dunia bisnis yang tak bisa ditebak bagaimana pastinya, maka memang kemudian dibutuhkan sebuah insting dan intuisi yang baik. Dengan intuisi dan insting yang baik, maka seorang CEO akan bisa memutuskan sebuah kebijakan yang baik dan paling tepat untuk dijalankan perusahaan. Jadi mulai sekarang, Anda yang ingin menjadi CEO, harus mulai melatih intuisi dan insting Anda dalam melihat sebuah kejadian atau fenomena.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top