StartUp dan UKM

5 Tips Membuka Toko Offline dengan Modal Kecil, Terapkan Yuk!

 

toko_offline

Berbisnis memang dan pastinya membutuhkan modal. Dari modal inilah bisnis bisa dijalankan dan digerakkan. Sayangnya modal seringkali menjadi kendala seorang pebisnis ketika menjalankan usaha. Keterbatasan modal yang dimiliki membuat rencana usaha yang dijalankan jadi macet. Dan umumnya kendala modal ini biasanya didapati oleh pebisnis yang akan membuka toko offline dan membutuhkan modal besar. Nah bagi Anda yang memang berencana akan membuka bisnis offline, ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk membuka toko offline meski dengan modal yang kecil. Berikut ulasannya.

  1. Tawarkan Sistem Bagi Hasil

Pertama, cara yang bisa Anda lakukan untuk membuka toko offline dengan modal kecil adalah dengan menawarkan sistem bagi hasil kepada pemilik tempat. Jadi tawarkan kerjasama sistem bagi hasil yang menarik kepada orang yang memiliki tempat usaha. Dengan sistem bagi hasil dan keuntungan yang saling menyenangkan, maka Anda akan bisa mendapatkan tempat tanpa terbebani dengan modal yang besar. Tapi untuk bisa sukses mendapatkan tempat dengan cara ini, Anda harus punya kemampuan meyakinkan sang pemilik tempat.

  1. Berbagi Tempat Usaha

Jika Anda kekurangan modal untuk menyewa atau membeli tempat usaha, maka berbagi tempat bisa menjadi solusi lain yang bisa dijalankan. Jadi pastikan saja Anda mendapatkan pebisnis lain yang juga sedang mencari tempat usaha. Namun usahakan pebisnis lain ini memiliki usaha yang berbeda dengan Anda, karena nantinya usaha Anda akan berada dalam satu lokasi yang sama dengan pebisnis lain. Bisa dikatakan tips ini adalah seperti patungan mendapatkan tempat usaha. Tapi meski harus berbagi tempat, cara ini juga bisa mencapai keberhasilan bila Anda menjalankannya dengan penuh kesungguhan.

  1. Buka di Pasar Modern

Jika modal Anda tidak mampu untuk membuka toko di pusat perbelanjaan seperti mall, maka jangan dulu putus asa. Cobalah untuk mengalihkan perhatian dan pilihan Anda pada pasar modern. Dengan modal yang tak terlalu besar, Anda sudah bisa mendapatkan tempat di pasar modern. Di pasar modern sendiri peluang Anda untuk mendapatkan pembeli juga tak kalah besarnya dengan mall. Bahkan bagi Anda yang memiliki target pasar yang lebih luas maka pasar modern justru mampu menghadirkan peluang yang lebih besar untuk mendapatkan pembeli. Pasalnya di sini ada konsumen dari kelas bawah, kelas menengah dan kelas atas yang berkunjung serta bisa menjadi pembeli Anda.

  1. Cari Mal yang Sepi

Dengan semakin maraknya bisnis online, beberapa mall yang ada memang banyak yang mengalami penurunan omset karena sepinya pembeli. Di Jakarta, fenomena ini sudah banyak kita jumpai pada beberapa mall yang ditinggalkan pembeli dan bahkan penjualnya. Nah, Anda yang memang memiliki keterbatasan dana untuk memiliki toko offline, maka pilihan membuka toko di mall yang sepi akan menjadi sebuah opsi. Dengan membuka toko di mall yang sepi bisa jadi Anda akan mendapatkan harga sewa yang lebih murah. Untuk masalah sepi, Anda yang sudah memiliki pelanggan yang banyak, akan membuat mereka yang sudah ketergantungan dengan produk Anda akan datang ke tempat Anda.

  1. Cari Tempat Usaha yang Lokasinya Tidak Strategis

Terakhir, tips dan cara untuk bisa membuka toko offline meski dengan modal kecil adalah dengan mencari tempat yang lokasinya tidak terlalu strategis. Lokasi strategis memang mengharuskan pebisnis harus mengeluarkan dana besar untuk bisa berjualan di sana. Nah karena budget Anda terbatas maka mau tak mau Anda harus memilih lokasi lain yang harganya lebih murah. Nah tempat yang harganya lebih murah untuk bisa Anda jadikan tempat jualan adalah lokasi yang tidak terlalu strategis. Untuk mensiasati hal yang membuat tempat tidak strategis ini sepi pembeli maka Anda harus lebih berusaha dalam hal promosi dan marketing. Bisnis Anda yang telah memiliki pelanggan akan membantu Anda untuk mempromosikan usaha Anda di tempat yang tak strategis.

Itulah beberapa cara atau tips untuk membuka toko offline atau toko konvensional dengan modal kecil. Jadi tidak ada yang tidak mungkin selama kita mau berusaha untuk mencari solusi atau jalan keluarnya. Jadi jangan dulu berputus asa dan menyerah karena akan selalu ada jalan bagi Anda yang mau berusaha.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top