Tips

5 Tips Perkuat Koneksi Bisnis Anda dengan Relasi

Untuk menjadi pengusaha sukses, tentu saja ada proses yang harus dilewati. Cepat lambatnya proses menuju sukses tersebut bergantung bagaimana usaha yang dilakukan. Selain itu, untuk mencapai kesuksesan, seorang pengusaha memang tidak bisa meraihnya dengan instan. Hal ini dikarenakan, ada beberapa faktor yang mempengaruhi jalannya kesuksesan. Salah satu faktor tersebut adalah koneksi bisnis. Di dalam bisnis apapun, koneksi atau network memang bisa dikatakan sangat penting keberadaannya. Hal ini dikarenakan, koneksi bisnis bisa membuat bisnis lebih lancar dan akhirnya bisa mengantarkan seorang pebisnis untuk suskes. Misalnya ketika bisnis sedang berada dalam kesulitan, maka koneksi bisa membantu melancarkan bisnisnya tersebut. Untuk Anda yang ingin memiliki koneksi bisnis yang kuat, disini Anda bisa membuat suatu jaringan bisnis yang lebih luas dengan cara membangun pertemanan. Bagaimana caranya? Berikut ulasannya.

  1. Menjalin Relasi Seluas-luasnya

Pertama, Anda harus menjalin relasi seluas-luasnya baik itu di lingkungan perusahaan atau di lingkungan luar perusahaan. Beberapa relasi di luar perusahaan yang bisa Anda jalin yaitu koneksi bisnis dengan pelanggan, rekan kerja, supplier, investor dan lain-lain. Dari sini akan muncul sebuah peluang yang lebih besar untuk membuat bisnis Anda semakin sukses. Selain itu, Anda juga harus menjaga hubungan baik dengan koneksi-koneksi tersebut. Hal ini maksudkan agar hubungan Anda bersama para relasi bisa lebih kuat lagi sehingga bisnis pun akan semakin cepat tumbuh dan sukses.

  1. Jangan Segan untuk Memberi

Tips kedua untuk memperkuat koneksi bisnis adalah dengan cara memberi. Meskipun ini bisnis, bukan berarti Anda harus selalu memikirkan tentang keuntungan diri Anda sendiri. Namun, di dalam berbisnis Anda juga harus memikirkan keuntungan orang lain (relasi) agar sama-sama saling menguntungkan. Maka dari sini, akan terwujud suatu relasi yang semakin kuat antara bisnis Anda dengan para relasi. Dalam hal ini, memang ada beberapa orang yang salah berasumsi tentang prinsip umum keuntungan berbisnis yaitu ‘’apa yang bisa diberikan oleh koneksi kepada bisnis saya?’’ Justru, pola fikir yang seperti ini tidak akan membantu Anda untuk mendapatkan koneksi yang kuat. Oleh karena itu, cobalah rubah pola fikir Anda tersebut menjadi ‘’daripada berpikir apa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari koneksi, lebih baik memikirkan apa yang bisa Anda berikan kepada para koneksi ?’’. Karena apabila Anda membantu seseorang (relasi) terlebih dahulu, maka suatu saat jika Anda membutuhkan pertolongan orang lain (relasi) Anda  akan lebih mudah mendapatkan bantuan mereka kembali. Namun, arti kata memberi di sini bukan berarti untuk memberi secara pamrih tetapi pastinya memberi dengan secara ikhlas.

  1. Menjadi Seorang Konektor yang Berbagi Koneksi Kepada Orang Lain

Jika koneksi Anda ingin dikenalkan kepada orang lain, maka Anda jangan segan untuk memperkenalkannya langsung kepada mereka. Hal ini dikarenakan, dengan membagi koneksi kepada orang lain justru akan membuat Anda dianggap sebagai konektor yang sangat bersahabat untuk diajak bekerjasama. Dengan kesempatan seperti ini, maka jalinan koneksi bisnis Anda akan semakin kuat dan lebih luas.

  1. Menjadi Orang yang Suka Memberi Suatu Pencerahan atau Ilmu

Selain menjadi seorang konektor, tips untuk memperkuat koneksi bisnis selanjutnya adalah menjadi orang yang suka memberi pencerahan atau ilmu kepada orang lain. Ilmu disini tentunya bersifat relevan, misalnya tentang ilmu bisnis, jaringan bisnis dan lain sebagainya. Dari sini, maka Anda akan dianggap sebagai orang yang expert atau ahli. Dari sini juga, kesempatan pun akan semakin terbuka lebar untuk bisa menjalin koneksi bisnis yang lebih kuat dan luas lagi.

  1. Terus Jalin Persahabatan yang Kuat

Tips memperkuat koneksi bisnis selanjutnya adalah menjalin sebuah persahabatan. Meskipun konsep awalnya adalah sebuah relasi bisnis, namun dengan cara menjalin kerjasama yang lebih intens ini maka secara tidak langsung jalinan koneksi bisnis Anda akan menjadi lebih kuat lagi. Di sini, Anda tidak cukup hanya membuat jalinan persahabatan dengan koneksi di dalam pekerjaan saja. Tetapi, Anda bisa menjalin persahabatan di luar pekerjaan atau bisnis. Nah, dengan menjalin persahabatan yang lebih kuat ini maka Anda akan selalu bisa menjalin relasi dengannya, kapan saja dan dimana saja. Anda juga bisa melakukan sharing atau saling bertukar informasi dengannya meskipun sudah tidak bekerja dalam satu perusahaan lagi.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: