Lainnya

5 Tips Sukses Jalankan Bisnis dengan Keluarga, Coba Aja!

bisnis-dengan-keluarga

Menjalankan bisnis bisa menjadi pilihan seseorang untuk kehidupan dan masa depannya. Untuk menjalankan bisnis tersebut seseorang bisa menjalankannya sendirian atau dengan partner. Partner dalam menjalankan bisnis ini sendiri bisa berasal dari teman, pasangan atau juga termasuk dari pihak keluarga. Bila Anda merencanakan bisnis dengan keluarga maka ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Sebab berbisnis dengan keluarga yang notabene ada hubungan kekerabatan yang erat, seringkali ada hal yang mengganjal seperi rasa tidak enak dalam menjalankan beberapa urusan. Maka dari itu agar bisnis ini tetap dijalankan dengan profesional demi kesuksesan dan kejayaan, Anda perlu menerapkan beberapa tips berikut.

  1. Persiapkan Bisnis Bersama-sama

Tips pertama yang harus Anda terapkan untuk menjalankan bisnis dengan keluarga agar profesional dan sukses yaitu mempersiapkannya bersama-sama. Meski ide bisnis lahir dari Anda, tentu bila ada keluarga yang ingin berpartisipasi menjadi owner, mereka juga harus ikut memulai bisnisnya. Jadi pastikan anggota keluarga yang ingin menjalakan bisnis tersebut ikut terlibat dalam segala persiapan. Dengan bersama-sama mempersiapkan bisnis maka Anda dan anggota keluarga yang ikut berpartisipasi akan bisa merasakan bersama-sama capeknya. Dari sini pun maka akan terjadi kesetaraan pekerjaan yang fair atau adil. Tapi bila bisnis dengan keluarga ini tidak dipersiapkan bersama-sama dan hanya dikerjakan oleh salah satu pihak, maka peluang di masa depan terjadi perselisihan akan semakin besar.

  1. Bagi Tugas dengan Jelas

Setelah mempersiapkan bisnis bersama-sama, langkah berikutnya yang perlu Anda lakukan untuk membuat bisnis dengan keluarga sukses adalah dengan membagi tugas secara jelas. Meski Anda dan anggota keluarga yang berpartisipasi tersebut sama-sama menjadi owner, pembagian tugas ini tetap perlu dilakukan. Kenapa? Sebab dengan adanya pembagian tugas yang jelas maka Anda akan bisa menghindari tanggung jawab tumpang tindih yang dapat menyebabkan perselisihan. Selain menghindari perselisihan, dengan tugas dan tanggung jawab yang jelas ini Anda juga bisa membuat bisnis berjalan lebih lancar. Ketika bisnis bisa berjalan lancar dan tanpa ada perselisihan,tentu pertumbuhan usaha dan kesuksesan pun akan semakin berpeluang untuk dicapai.

  1. Buat Perjanjian Hukum yang Mengikat

Berikutnya, tips sukses menjalankan bisnis dengan keluarga adalah dengan membuat perjanjian hukum. Meskipun Anda menjalankan bisnis ini dengan anggota keluarga yang notabene sangat dekat kekerabatannya, bukan berarti peraturan yang mengikat ini lantas diabaikan begitu saja. Sebab bila bisnis dijalankan tanpa ada peraturan yang mengikat seperti hukum, maka bila dikemudian hari terjadi perselisihan, dikhawatirkan sulit ditemukan solusinya. Maka dari itu untuk menghidari perselisihan yang tanpa solusi bila terjadi di masa depan, peraturan dan perjanjian hukum ini sangatlah dibutuhkan. Selain menghindari perselisihan tanpa solusi, perjanjian dan peraturan hukum juga bisa membuat Anda dan anggota keluarga bersikap profesional dalam berbisnis.

  1. Jaga Komunikasi dengan Baik

Dalam berpartner, termasuk dengan keluarga, komunikasi akan menjadi kunci bagaimana bisnis bisa berjalan lancar. Karena Anda menjalankan bisnis ini dengan anggota keluarga yang notabene sangat dekat kekerabatannya, seharusnya komunikasi ini tidak menjadi masalah. Tapi sayangnya kenyataan di lapangan yang terjadi justru sebaliknya. Hubungan kekerabatan dalam keluarga, ternyata tidak menjamin komunikasi dalam bisnis berjalan lancar. Hal ini biasanya dikarenakan adanya motif dan kepentingan tertentu dari masing-masing pelaku bisnis yang membuat komunikasi lantas berlangsung kaku dan kurang intens. Maka dari itu karena komunikasi dalam bisnis dengan keluarga ini begitu penting, maka saat Anda menjalankannya, pastikan komunikasi dengan partner selalu berlangsung dengan baik.

  1. Jangan Campur Masalah Bisnis dan Keluarga

Terakhir, tips sukses menjalankan bisnis dengan keluarga adalah dengan tidak mencampur aduk masalah bisnis dengan keluarga. Urusan bisnis dan keluarga memang harus dibedakan, terutama saat berada di kantor atau perusahaan. Saat bekerja mengelola bisnis, Anda memang tak boleh membawa urusan keluarga ke kantor atau perusahaan. Kenapa demikian? Sebab bila Anda membawa-bawa urusan keluarga ke kantor maka hal ini bisa memicu perselisihan yang hebat dengan partner. Selain itu membawa-bawa urusan keluarga ke dalam perusahaan yang tidak profesional tersebut juga bisa membuat bisnis sulit mencapai sukses.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top