Tips

5 Tips Ubah Diri Menjadi Pribadi yang lebih baik dalam Waktu 1 Tahun

ubah-diri-jadi-pribadi-lebih-baik

Menjadi pribadi yang lebih baik memang merupakan harapan semua orang. Dengan menjadi pribadi yang lebih baik maka akan banyak hal positif yang berpeluang untuk didapatkan. Dari pencapaian yang lebih besar, nama baik yang selalu terjaga serta impian yang akhirnya terwujud adalah hal-hal yang bisa diraih ketika menjadi pribadi yang lebih baik. Namun menjadi pribadi yang lebih baik ini tidak bisa dilakukan dengan mudah, terutama bagi orang-orang yang mengalami trauma masa lalu yang mencoreng dirinya. Dengan stempel dari masyarakat yang sudah buruk, mereka yang mendapati hal ini perlu berjuang lebih keras untuk membuktikan bahwa dirinya mampu menjadi pribadi yang lebih baik. Nah berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk bisa menjadi pribadi yang lebih baik dalam kurun waktu 1 tahun.

  1. Singkirkan Orang-orang Negatif

Cara pertama untuk mengubah diri menjadi lebih baik dalam waktu 1 tahun adalah dengan menyingkirkan orang-orang negatif. Orang-orang negatif ini memang sesuatu yang bisa menghambat niat baik Anda untuk berubah. Jika Anda masih bergaul dengan orang-orang negatif, maka Anda akan selalu terpengaruh dengan karakter-karakter buruknya. Bahkan lebih mencengangkan lagi orang-orang negatif ini tak jarang tidak ingin melihat Anda menjadi lebih baik. Orang-orang negatif ini memang tidak suka melihat kemajuan yang ada di sekitarnya, termasuk pada orang-orang terdekatnya. Dari sini bila Anda masih mempertahankan orang-orang negatif di sekitar Anda, maka harapan menjadi pribadi lebih baik tidak akan pernah terwujud. Jadi langkah awal yang tepat untuk menjadi pribadi lebih baik ini adalah menyingkirkan orang-orang negatif di sekitar Anda.

  1. Komitmen Pada Tujuan

Anda yang memiliki tujuan, seperti menjadi pribadi lebih baik dalam waktu 1 tahun, haruslah berkomitmen dengan tujuan tersebut. Jangan hanya sekedar ucapan di mulut saja. Tapi lebih dari itu Anda harus komitmen pada tujuan Anda tersebut untuk menjadi pribadi lebih baik. Orang yang berkomitmen dan tidak, memang akan mendapatkan hasil yang berbeda. Sebab untuk tujuan menjadi pribadi yang lebih baik tidak dibutuhkan waktu yang tidak sebentar. Jadi Anda yang tidak berkomitmen dengan hanya menjalankannya dalam waktu singkat, tidak akan mendapat hasil yang diharapkan.

  1. Belajar Dari Kesalahan

Berikutnya, cara mengubah diri jadi pribadi lebih baik dalam waktu 1 tahun adalah dengan belajar dari kesalahan. Apapun kesalahan yang telah Anda perbuat hingga menjadikan pribadi yang buruk, haruslah dijadikan pelajaran berharga. Jangan sampai Anda mengulangi kesalahan yang telah diperbuat tersebut. Alih-alih mengulangi kesalahan, Anda yang ingin menjadi pribadi yang lebih baik harus belajar dari kesalahan tersebut. Dengan belajar dari kesalahan Anda memang akan mendapatkan banyak nilai. Dari sinilah maka Anda akan mengerti pentingnya pribadi yang lebih baik hingga terdorong untuk menjalankannya.

  1. Kembangkan Skill yang Dimiliki

Setiap orang pastinya memiliki skill atau kemampuan tersendiri sebagai bentuk kelebihannya. Nah dari sinilah Anda yang ingin menjadi pribadi lebih baik dalam waktu 1 tahun harus memaksimalkan kemampuan Anda tersebut. Dengan mengoptimalkan skill yang dimiliki, maka Anda akan lebih percaya diri bahwa ada potensi dalam diri Anda untuk menjadi pribadi lebih baik. Bila Anda belum menemukan skill dan kemampuan terbaik dalam diri, cobalah untuk terus menggalinya hingga Anda menemukannya. Setelah menemukan skill tersebut, cobalah untuk terus mengasahnya hingga Anda merasa percaya diri untuk berbuat yang lebih baik lagi.

  1. Jadilah Rendah Hati

Terakhir, cara mengubah diri menjadi pribadi yang lebih baik dalam waktu 1 tahun adalah dengan rendah hati. Tak jarang pribadi seseorang yang buruk ini muncul karena sifat tinggi hati yang dimiliki. Walau dia memiliki kekuasaan dan kekayaan yang besar, tetap saja sifat tinggi hati ini adalah sikap yang buruk. Meski Anda juga menjalankan sifat tinggi hati ini dengan kepercayaan diri yang tinggi, Anda akan tetap saja dipandang orang lain sebagai orang yang berkarakter buruk. Maka dari itu Anda yang selama ini memiliki sikap tinggi hati cobalah untuk mengubahnya menjadi rendah hati. Dengan karakter rendah hati yang Anda kedepankan, maka Anda akan bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan membuat banyak orang lain menyukai Anda.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top