Tips

5 Tips untuk Menciptakan Happy Deal dengan Mitra dan Klien, Coba Yuk!

happy-deal

Bagi pengusaha, mencapai closing atau deal bisnis dengan mitra atau klien adalah sesuatu yang sangat ingin dicapai. Namun untuk bisa mencapai deal bisnis ini bukanlah perkara yang mudah. Pasalnya, untuk bisa mencapai deal, seorang pengusaha harus melakukan negosiasi dan lobi-lobi dengan sungguh-sungguh. Sebenarnya seorang pebisnis tidaklah harus mengejar deal yang hanya sesuai harapan diri sendiri. Lebih dari itu seorang pebisnis haruslah mengejar happy deal yang lebih bernilai. Pasalnya, ketika mencapai happy deal dengan mitra atau klien maka Anda akan bisa menghadirkan peluang hubungan bisnis yang lebih langgeng dan jangka lama. Ketika Anda bisa mendapatkan hubungan bisnis yang langgeng, maka hal ini pastinya akan sangat menguntungkan bagi perusahaan. Nah untuk bisa mencapai happy deal dengan mitra atau klien, ada beberapa tips yang harus Anda terapkan.

  1. Mulai dari Menggali Keinginan Klien

Tips pertama untuk menciptakan happy deal dengan klien adalah Anda harus terlebih dulu mengetahui keinginan klien. Seperti konsumen yang perlu banyak didengarkan, Anda juga perlu banyak mendengarkan harapan dan keinginan klien. Dengan mengetahui harapan dan keinginan klien, maka Anda akan bisa lebih tergambar untuk menerapkan strategi apa yang harus dilancarkan saat negosiasi. Mengetahui keinginan klien ini tidak harus dilakukan saat bertemu. Tapi sebelum bertemu via telepon atau chatting WhatsApp, Anda juga bisa mulai menggali keinginan klien. Setelah mendapatkan apa yang diiinginkan klien maka Anda harus mencari strategi bagaimana caranya bisa mencapai happy deal.

  1. Tawarkan produk dan Layanan yang Pas dengan Baik

Setelah mendapati apa keinginan mitra dan klien, maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan ketika bertemu adalah menawarkan produk dan layanan yang tepat dengan baik. Demi tercapainya happy deal, memang Anda sebagai pengusaha wajib menyesuaikan dengan keinginan klien. Nah dari sini hadirkan penawaran produk atau layanan Anda yang sesuai dengan harapan klien tersebut dengan baik. Berikan penjelasan bahwa dengan produk atau layanan Anda tersebut akan membuat apa yang diharapkan klien akan bisa terlaksana sesuai yang diinginkan. Pastikan juga bahwa mereka para mitra dan klien tidak akan mendapatkan apa yang Anda tawarkan di tempat lain. Hal ini akan semakin membuat mereka berpikir untuk tidak mencapai kesepakatan dengan Anda.

  1. Berkomunikasilah dengan Hangat dan Berikan Senyuman yang Tulus

Agar tercipta happy deal, maka Anda juga tidak boleh sembarangan ketika berkomunikasi dengan klien. Pastikan saat bertemu dan berkomukasi dengan klien, Anda menghadirkan kehangatan. Caranya berikan senyuman yang tulus dan juga berkomunikasilah dengan baik. Tawarkan layanan dan produk Anda dengan nada yang jelas dan sedang. Saat menyampaikan sesuatu, bicaralah dengan klien dengan nada yang tidak terlalu kencang dan tidak juga terlalu rendah. Jangan memotong pembicaraan klien saat mereka sedang menyampaikan penyataaan. Tunggu sampai benar-benar mereka selesai bicara. Setelah mereka selesai bicara, barulah Anda bisa bicara.  Ketika Anda bisa berkomunikasi dengan baik dan hangat, maka saat klien setuju, Anda akan bisa mendapatkan happy deal.

  1. Beri Kesempatan Klien untuk Merespon

Selanjutnya, tips untuk menciptakan happy deal dengan mitra dan klien adalah dengan memberikan kesempatan klien untuk merespon. Ketika Anda sudah menyampaikan penawaran terbaik, maka pastikan Anda memberikan kesempatan pada mitra atau klien untuk merespon. Karena Anda ingin mencapai happy deal yang menguntungkan, memang Anda harus memastikan bahwa tidak ada sesuatu yang membuat klien merasa keberatan. Maka dari itu pastikan Anda memberikan kesempatan pada klien untuk merespon setelah Anda memberikan penawaran.

  1. Berikan Opsi lain Bila Melihat Klien Mulai Tak Cocok

Terakhir, tips untuk mencapai happy deal dengan mitra atau klien adalah dengan memberikan opsi penawaran lain saat melihat klien merasa tidak cocok. Memang bisa jadi apa yang Anda tawarkan di awal, kurang membuat klien happy. Ini tak mengapa, namanya juga usaha. Tapi sebagai pengusaha, Anda harus memiliki plan B dan Plan C sebagai antisipasi bila Plan A dipastikan tidak akan berhasil. Karena bisa jadi dari penawaran Plan B dan Plan C yang dihadirkan, klien kemudian cocok dengan Anda dan kemudian mencapai happy deal.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top