Peluang Usaha

5 Usaha Sampingan yang Cocok Dijalankan Oleh Ibu Rumah Tangga, Lumayan Kan Buat Tambah-Tambah Uang Saku?

Di jaman yang serba modern ini, banyak sekali peluang yang bisa dimanfaatkan oleh para ibu rumah tangga untuk menambah pundi-pundi rupiah. Peluang tersebut dapat dijalankan oleh mereka sebagai salah satu bentuk usaha, salah satunya adalah usaha sampingan. Terlebih lagi, jika Anda merupakan seorang ibu rumah tangga yang juga bekerja di kantor. Tidak usah takut waktu Anda jadi terbatas, karena usaha sampingan ini bertujuan untuk menambah kegiatan ibu rumah tangga tanpa harus mengorbankan pekerjaan utama dan kepentingan keluarga. Meskipun Anda bukan seorang ibu rumah tangga yang bekerja di kantor, usaha sampingan ini juga bisa dilakukan sebagai pekerjaan utama Anda di sela-sela mengurus rumah dan anak. Apa saja yah usaha sampingan tersebut? Berikut ulasan tentang 5 usaha sampingan yang bisa Anda simak dan praktekkan.

  1. Menjalankan Usaha Catering Makanan

Catering merupakan usaha di bidang makanan yang berpotensi menghasilkan keuntungan besar. Hal ini dikarenakan, jenis usahanya akan selalu dibutuhkan oleh manusia terutama untuk acara hajatan. Selain itu, usaha sampingan catering makanan juga mudah dilakukan. Anda hanya perlu memasak, lalu menghidangkan menu makanan yang lezat untuk dipasarkan kepada konsumen. Untuk mulai memasarkannya Anda bisa menawarkan kepada yang terdekat dulu seperti tetangga, keluarga, teman-teman, hingga memasarkan ke media sosial agar semakin banyak orang memesan catering makanan Anda.

  1. Berjualan di Online Shop

Selain catering makanan, Anda juga bisa menjual barang-barang lain untuk dipasarkan melalui media sosial. Apalagi online shop saat ini semakin marak dimana-mana, hal ini juga di dukung oleh masyarakat yang banyak menggunakan online shop sebagai toko pribadinya. Mulai dari membeli perlengkapan baju, sepatu, tas, kosmetik, makanan dan lain-lain. Nah, sebagai ibu rumah tangga yang ingin berpenghasilan maka Anda bisa memanfaatkan momen ini dengan berjualan di online shop. Agar semakin mudah, gunakan saja sistem dropshipping yang menjualkan barang orang lain (supplier) melalui Anda sebagai reseller kepada konsumen. Tidak usah repot memproduksi barang dan memikirkan stok barang, karena supplierlah yang akan memproduksi barang atau produk tersebut. Di sini, Anda hanya mempromosikan barang atau produk kepada konsumen dengan harga yang sudah ditentukan. Jika ada yang memesan, mintalah supplier untuk mengirimkan barangnya ke lokasi tujuan pembeli. Tanpa repot-repot, pekerjaan ini juga tidak akan menyita banyak waktu Anda dan pekerjaan utama Anda sebagai ibu rumah tangga.

  1. Membuka Jasa Kursus Kecantikan

Para ibu rumah tangga, biasanya menyukai hal-hal yang berkaitan dengan kosmetik. Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang paham dengan kecantikan. Daripada bakat Anda hanya dilakukan untuk diri sendiri, lebih baik kembangkan dan salurkan bakat tersebut dengan membuka jasa kursus kecantikan untuk mengajari orang-orang yang ingin belajar mengaplikasikan kosmetik. Selain membantu orang lain dan mengembangkan bakat sendiri, tentu Anda juga akan mendapatkan penghasilan tambahan bukan? Lumayan untuk tambah-tambah uang saku.

  1. Menjual Kerajinan Tangan yang Unik dan Lucu

Jika Anda merupakan ibu rumah tangga yang pandai dalam hal berkreasi, maka membuat kerajinan tangan yang unik dan lucu bisa menjadi salah satu usaha sampingan yang cocok ditekuni. Jenis usaha ini juga tidak akan membuat Anda kehabisan banyak waktu kok, karena Anda hanya duduk sambil menuangkan ide kreatif dengan menggabungkan bahan-bahan yang mudah ditemukan di sekitar lingkungan sekitar rumah Anda. Selanjutnya buatkan bentuk kerajinan tangan yang unik seperti rangkaian bunga dari kertas, aksessoris anak, hingga pernak-pernik hiasan rumah. Jangan salah, meski usaha ini mudah dilakukan dan minim modal tapi keuntungan yang bisa diraih lumayan lho.

  1. Menjadi Guru Les Privat

Apabila Anda seorang ibu rumah tangga yang pandai dalam menguasai beberapa mata pelajaran, sebaiknya buka saja usaha bimbingan belajar atau les privat di rumah. Anda bisa mengajak pelajar SD, SMP atau bahkan SMA. Daripada ilmu Anda sama sekali tidak dimanfaatkan, lebih baik gunakan saja untuk membantu mengajar beberapa murid. Tidak usah takut waktu Anda terganggu, Anda bisa kok mengatur dan menyesuaikan jadwalnya sendiri tergantung situasi atau keadaan di rumah. Misalnya rumah sering dirapikan di pagi hari, maka Anda bisa memulai bimbingan belajarnya di sore hari.

Nah, itulah dia usaha sampingan yang cocok dijalankan oleh ibu rumah tangga. Selamat mencoba!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top