Tips

6 Cara dan Solusi untuk Atasi Kinerja dan Pekerjaan yang Tidak Produktif

produktivitas-kerja

Bekerja menjadi kegiatan setiap orang untuk memenuhi kebutuhan, keinginan dan segala impiannya. Untuk bisa mencapai atau meraih harapan dan impian tersebut, tentu seseorang harus bekerja dengan giat dan produktif. Namun dalam kenyataannya di lapangan tidak semua orang bisa bekerja dengan kinerja yang apik dan produktif. Ketika seseorang sudah tidak produktif dalam bekerja maka hal ini bisa membuat mereka akan kehilangan banyak hal yang positif untuk hidupnya. Tentu bila Anda mengalami hal ini, Anda harus segera mengubah keadaan. Tapi bagaimana caranya? Berikut solusi dan cara yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi kinerja dan pekerjaan yang tidak produktif.

  1. Bangun Lebih Awal

Pertama, solusi dan cara yang bisa Anda jalankan untuk mengatasi kinerja dan kerja yang tidak produktif yaitu dengan bangun lebih awal. Biasanya pekerjaan yang tidak produktif memang dikarenakan pekerja yang bangun kesiangan. Ketika seseorang bangun kesiangan memang membuat Anda kehilangan banyak waktu untuk menyelesaikan pekerjaan. Nah ketika Anda kehilangan banyak waktu untuk menyelesaikan pekerjaan ini maka kinerja pun akan menurun dan tidak produktif. Maka dari itu Anda yang ingin bisa selalu bekerja dengan hasil yang optimal dan produktif maka mau tak mau Anda harus bisa bangun lebih awal di pagi hari. Semakin awal Anda bangun di pagi hari akan semakin membuat Anda bisa bekerja dengan tingkat produktivitas yang baik.

  1. Membuat Daftar Prioritas

Saat bekerja bisa jadi Anda akan memiliki banyak agenda yang harus diselesaikan. Ketika Anda mendapati banyak pekerjaan yang harus diselesaikan dengan produktivitas yang baik maka Anda bisa membuat daftar prioritas. Daftar prioritas ini dilakukan untuk dibuat untuk membuat Anda bisa mengerjakan yang penting atau urgent terlebih dahulu. Dengan menyelesaikan pekerjaan yang penting terlebih dulu maka produktivitas akan Anda capai. Ini karena semua pekerjaan akan mampu Anda selesaikan dengan baik dan tepat waktu.

  1. Efektifkan Waktu

Dengan waktu yang singkat, berapa banyak pekerajaan yang bisa Anda selesaikan? Jawaban pertanyaan ini adalah sesuatu yang bisa mengarahkan Anda pada pencapaian produktivitas kerja atau tidak. Bila Anda mampu mengefektifkan waktu dengan bekerja dalam waktu singkat maka Anda akan bisa mencapai produktivitas. Tapi sebaliknya bila Anda kesulitan untuk menyelesaikan pekerjaan dalam waktu singkat dan membutuhkan waktu yang lama dalam menyelesaikan pekerjaan maka produktivitas tidak akan tercapai. Maka dari itu Anda yang ingin bekerja dengan produktif maka efektivitas waktu harus Anda penuhi.

  1. Singkirkan Segala Gangguan yang Bisa Mengganggu Fokus Bekerja

Berikutnya, cara dan solusi untuk mengatasi kinerja dan pekerjaan yang tidak produktif adalah dengan menyingkirkan segala gangguan yang dapat mengganggu fokus bekerja. Saat bekerja Anda memang membutuhkan fokus dan konsentrasi yang tinggi. Sebab dengan fokus dan konsentrasi yang tinggi inilah maka Anda bisa bekerja dengan cepat dan produktif. Nah untuk bisa fokus dan konsentrasi dalam bekerja maka Anda harus bisa menyingkirkan segala gangguan yang ada. Beberapa gangguan yang biasanya muncul dalam pekerjaan antara lain internet, smartphone dan mungkin juga rekan kerja. Dengan menyingkirkan segala gangguan dalam bekerja maka produktivitas pun akan bisa Anda raih.

  1. Jangan Lupa Istirahat

Untuk bisa bekerja dengan baik dan produktif maka dibutuhkan keadaaan badan yang sehat dan tubuh yang prima. Sebab dengan tubuh sehat dan fisik yang prima maka Anda akan memiliki tenaga untuk mengerjakan berbagai pekerjaan. Dan akhirnya dengan tubuh sehat serta fisik prima ini juga Anda bisa bekerja dengan produktif. Tapi untuk bisa mencapai tubuh sehat dan fisik yang prima ini Anda membutuhkan istirahat cukup. Kegiatan istirahat memang menjadi aktivitas yang bisa membuat tubuh refresh kembali dan juga siap bekerja dengan penuh semangat.

  1. Evaluasi Kinerja Tiap Minggu

Terakhir, cara dan solusi mengatasi pekerjaan yang tidak produktif yaitu mengevaluasi kinerja tiap minggu. Evaluasi memang dibutuhkan untuk mengukur seberapa besar tingkat produktivitas Anda dalam bekerja. Dan evaluasi mengenai peroduktivitas kerja sendiri sangat perlu Anda lakukan, minimal satu minggu sekali. Anda bisa melakukan kegiatan ini sendiri atau bersama karyawan. Bila dalam evaluasi Anda mendapati bahwa minggu ini tidak ada hasil optimal, maka Anda harus mengganti strategi. Dengan memperbaiki kesalahan dari teknik evaluasi ini maka Anda pun bisa mencapai produktivitas kerja yang baik.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top