Tips

6 Cara Jitu Atasi Prokratinasi Agar Anda Tidak Menjadi Si Penunda Pekerjaan

Tahukah Anda bahwa prokratinasi membuat pekerjaan yang dijalankan selalu menjadi tertunda dan tidak kunjung selesai. Di dalam kegiatan sehari-hari, seringkali Anda menemukan godaan yang satu ini bukan? Selalu ada saja yang membuat Anda ingin menunda pekerjaan tersebut mulai dari ajakan teman, gadget atau bahkan suasana lingkungan kerja. Hal ini tentu akan mengganggu konsentrasi Anda, hingga akhirnya fikiran buyar dan pekerjaan tertunda begitu saja. Nah, jika Anda ingin terbebas dari kebiasaan tersebut. Yuk, simak cara jitu atasi prokratinasi agar Anda tidak menjadi si penunda pekerjaan berikut ini.

  1. Jauhkan Gadget dari Jangkauan Anda

Cara jitu pertama untuk mengatasi prokratinasi atau menunda-nunda pekerjaan adalah menjauhkan gadget atau handphone dari jangkauan Anda. Hal ini dikarenakan, gadget menjadi sesuatu yang sangat berpengaruh terhadap konsentrasi fikiran. Mulai dari notifikasi jejaring sosial, hingga suara musik yang bisa membuyarkan konsentrasi. Oleh karena itu, jauhkan gadget selagi tidak dalam keadaan penting. Singkirkan sebentar saja dan jangan menelepon, sms-an, mengecek lini masa jejaring sosial dan lain sebagainya. Kemudian, camkan di fikiran bahwa Anda harus segera menyelesaikan pekerjaan.

  1. Berjalan-Jalan Sejenak Sebelum Melakukan Pekerjaan

Selanjutnya, cara untuk mengatasi prokratinasi yang sebaiknya Anda lakukan yaitu berjalan-jalan sejenak sebelum melakukan pekerjaan. Di sini, Anda bisa mengambil waktu di pagi hari untuk berjalan-jalan menikmati udara pagi dan merasakan sejuknya hembusan angin. Jangan lupa, pandangi juga pepohonan yang hijau disekitar Anda agar mata dan fikiran Anda terasa lebih segar serta tubuh terasa lebih rileks dan siap menghadapi pekerjaan yang akan datang.

  1. Temukan Satu Waktu yang Pas untuk Bisa Lebih Fokus

Temukan satu waktu yang pas, dimana Anda bisa merasa sangat fokus. Dalam satu hari, Anda tentu mempunyai satu momen dimana bisa lebih fokus dan lebih konsentrasi bukan? Bagi sebagian orang, hal ini seringkali disepelekan. Padahal, jika momen tersebut dimanfaatkan dengan baik dapat membantu meningkatkan produktivitas lho. Contohnya Anda sering lebih fokus bekerja pada jam 9 pagi-jam 12 siang, jam 3 siang-5 sore atau bahkan jam larut malam. Agar tidak mengganggu waktu istirahat, maka sebaiknya pelajari siklus tubuh Anda terlebih dahulu. Dengan menemukan satu waktu yang pas untuk bisa lebih fokus bekerja, dijamin Anda bisa menyelesaikan pekerjaan tanpa terganggu oleh apapun.

  1. Membuat Done List

Jika Anda terbiasa membuat to-do-list, selanjutnya Anda juga harus terbiasa membuat done list. Di sini, Anda bisa menuliskan segala kegiatan yang sudah dikerjakan. Agar Anda selalu melihat done list tersebut, maka pasanglah daftarnya di tempat yang sering dilihat oleh pandangan mata Anda. Bukan hanya tulisan semata, namun done list ini bisa membantu Anda untuk mengetahui mana pekerjaan yang sudah dilakukan dan mana pekerjaan yang akan dilakukan. Setiap daftar pekerjaan yang sudah selesai dilakukan, hal ini berarti menunjukan bahwa Anda telah berusaha keras untuk merampungkan berbagai kewajiban. Dari sini, maka akan timbul rasa puas dan bangga setiap Anda melihat banyaknya tugas yang masuk ke dalam daftar pekerjaan Anda.

  1. Pastikan Anda Beristirahat dengan Cukup

Bekerja terus menerus, tentu akan membuat badan Anda jadi capek bukan? Karena selain bekerja, tentu Anda juga harus memperhatikan kesehatan tubuh. Jangan sampai Anda berlarut-larut dalam pekerjaan, sementara badan Anda rapuh dan akhirnya menderita. Oleh karena itu, pastikan bahwa Anda beristirahat dengan cukup. Jika mempunyai siklus istirahat yang cukup dan teratur, maka hal ini akan membuat kinerja Anda akan semakin baik dan sukar terganggu oleh hal lain yang tidak penting. Tidak hanya itu, badan pun akan terasa lebih segar dan siap menghadapi segala tantangan yang mungkin akan terjadi dalam setiap aktivitas Anda.

  1. Tantang Diri Anda dengan Tugas-Tugas yang Menguji Kemampuan

Terakhir, cara jitu mengatasi prokratinasi atau menunda-nunda pekerjaan yang harus Anda lakukan adalah menantang diri sendiri dengan cara mengerjakan tugas-tugas yang menguji kemampuan. Apabila Anda mempunyai kemampuan di bidang desain grafis dan kebetulan mendapatkan tugas membuat konsep iklan untuk perusahaan, saatnya ambil tantangan tersebut. Cobalah dan buktikan kepada atasan bahwa Anda bisa melampaui batas kemampuan Anda sendiri. Dengan menantang kemampuan diri sendiri, maka dijamin Anda akan semakin termotivasi untuk menyelesaikan pekerjaan yang ada.

Nah, itu dia ulasan tentang 6 cara jitu mengatasi prokratinasi agar Anda tidak menjadi si penunda pekerjaan. Bagaimana, Anda masih ingin menjadi si penunda pekerjaan sampai akhir hayat? Jika tidak, yuk mulai lakukan tips-tips di atas sekarang juga!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top