Keuangan

6 Cara Jitu Membeli Rumah Sebelum Menikah, Buktikan Yuk!

Kenapa harus membeli rumah dari sekarang? Jawabannya, karena harga tanah dan rumah setiap tahunnya akan mengalami peningkatan. Bagi Anda yang saat ini memiliki dana, sebaiknya segera rencanakan untuk membeli tanah dan rumah sebelum harganya meningkat dari sebelumnya. Namun, bagaimana dengan mereka yang belum memiliki cukup uang untuk membeli tanah dan rumah? Jika Anda merupakan seorang single, maka beruntunglah karena masih memiliki kesempatan untuk mengumpulkan dananya. Tentu saja masa-masa sebelum memiliki pasangan resmi atau berumah tangga dapat memberikan banyak waktu luang, bahkan jumlah tanggungan yang dimiliki masih sangat sedikit. Bukankah orang-orang yang belum menikah biasanya tinggal di rumah orang tua, sehingga mereka bisa menabung lebih banyak? Oleh karena itu, kesempatan emas ini harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin agar Anda bisa membeli rumah sebelum menikah. Ada 6 cara yang bisa ditempuh dalam mewujudkan impian untuk memiliki rumah sesuai dengan keinginan, diantaranya sebagai berikut.

  1. Miliki Tabungan Khusus untuk Dana Alokasi Rumah

Saat pertama mendapat gaji atau penghasilan, usahakan Anda menabungkan sebagian uangnya untuk keperluan membeli rumah yang diidamkan. Hal ini sangat penting dilakukan, sebagai upaya agar Anda lebih terbiasa menabung lebih awal. Dari sini, dana pun lebih cepat terkumpul dan Anda dapat segera memiliki rumah impian. Ingat dan fokuslah, jangan biarkan sisa gaji Anda digunakan hanya untuk bersenang-senang saja. Sebab, Anda perlu memikirkan banyak hal lainnya yang lebih penting untuk kebutuhan di masa depan.

  1. Konsisten Terhadap Target Tabungan dan Investasi

Ketika Anda mulai menabung, selanjutnya Anda harus menetapkan rencana dan menetapkan besaran tabungan yang diinginkan untuk masa depan. Dengan menetapkan jumlah tabungan yang harus diperoleh, maka hal ini akan menjadi pemicu Anda dalam bekerja. Pertama, hitunglah berapa jumlah uang yang harus disisihkan setiap bulannya agar dapat mencapai jumlah yang telah ditetapkan. Selain itu, durasi menabung juga harus diperhitungkan agar Anda bisa mendapatkan jumlah uang yang cukup.

  1. Atur Porsi Gaji Bulanan Anda atau Gunakan Deposito Berjangka

Ingat, Anda perlu mengalokasikan sebagian gaji untuk tabungan rumah. Untuk apa tabungan tersebut? Dengan tabungan rumah, Anda bisa menggunakannya nanti sebagai uang muka. Jika sudah terkumpul untuk membayar uang muka, maka cicilan yang diberikan oleh bank adalah sebesar 30% dari gaji Anda. Semakin cepat menabung, maka Anda juga akan semakin cepat memperoleh rumah impian. Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk melakukan tabungan rumah, salah satunya yaitu menggunakan deposito.

  1. Pantau Harga Properti Melalui Survei di Lapangan Secara Rutin

Kenapa Anda harus memantau harga properti dan melakukan survei? Hal ini dikarenakan, perkembangan properti terhitung sangat cepat sehingga menyebabkan Anda harus selalu melakukan pemantauan. Dalam hal ini, Anda bisa melakukannya melalui internet maupun terjun langsung ke lapangan. Pasalnya, seseorang yang hendak membeli rumah juga perlu memantau secara langsung bagaimana keadaan rumahnya tersebut. Dengan demikian, Anda akan lebih merasa puas dan bisa menentukan pilihan sesuai keinginan.

  1. Membeli Rumah Secara Kredit Melalui KPR

Di era sekarang ini ada banyak cara yang tersedia untuk membeli rumah, baik itu secara kredit maupun tunai. Jika Anda ingin membeli rumah dengan cepat, maka Anda bisa memanfaatkan KPR. Biasanya, pembelian dengan cara KPR akan lebih mudah untuk mewujudkan keinginan seseorang dalam membeli rumah impian. Namun jangan sampai salah memilih KPR, karena angsuran, uang muka, hingga bunga antara satu dengan yang lainnya pasti berbeda-beda. Maka dari itu, Anda perlu memilih atau mencari KPR yang paling sesuai dengan kondisi keuangan. Sehingga, Anda dapat memperoleh rumah imipian yang terbaik.

  1. Menabung Emas dan Asuransi untuk Uang Muka

Cara terakhir yang bisa dilakukan oleh para single untuk mengumpulkan uang muka pembelian rumah adalah dengan menabung emas dan asuransi. Tabungan emas dan asuransi ini merupakan salah satu solusi terbaik, sebab keduanya lebih mudah untuk memperoleh uang dalam jumlah yang banyak serta tidak mudah terkena inflasi.

Nah, itu dia 6 cara jitu membeli rumah sebelum menikah. Jadi meskipun Anda belum menikah, tidak menutup kemungkinan Anda juga bisa kok memaksimalkan perencanaan keuangan sehingga keinginan untuk memiliki rumah impian dapat terwujudkan.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top